Oleh – Oleh Khas Pontianank Yang Wajib Anda Bawa Pulang


Oleh – Oleh Khas Pontianak – Puas menikmati berbagai wisata dan juga kuliner Pontianak yang menggoda kini saatnya kita pulang kembali beraktivitas dan berkumpul bersama keluarga. Eits… tunggu dulu kali ini kita tidak akan pulang tanpa membeli oleh – oleh khas Pontianak untuk snaak keluarga di rumah.

Sama seperti makanan khas Pontianak dan juga berbagai wisata kuliner baik yang halal maupun non halal yang unik, lezat, oleh – oleh khas Pontianak berikut tidak akan kita temui di daerah lain. Dan sayang sekali rasanya jika kita puang tanpa membawa oleh – oleh berikut ini :

Oleh – Oleh Khas Pontianak

Oleh - oleh khas Pontianak
Oleh – oleh khas Pontianak

Kue Bingke

Bagi anda warga Pontianak pasti sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini, kue bingke adalah salah satu oleh – oleh khas Pontianak dan sering di jadikan menu berbuka puasa bagi warga sekitar saat Ramadhan.

Ada 2 jeni kue bingke yaitu kue bingke biasa dan kue bingke berendam, pada dasarnya kedua jenis kue ini terbuat dari bahan yang sama dan namaun yang membedakannya adalah kue bingke biasa dibuat dengan cara di panggang sedangkan kue bingke berendam dibuat dengan cara di kukus.

Untuk menikmati kue ini anda hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 – 20.000 untuk kemasan tertentu.

Juhi Bakar

Juhi bakar adalah makanan yang terbuat dari sotong yang dihaluskan kemudian dibumbui dengan berbagai rempah dan di bakar. Karena rasanya yang lezat banyak wisatawan yang menjadikannya oleh oleh meskipun Juhi memiliki teksture yang basah.

Tapi walaupun basah juhi bakar bisa tahan samai 14 har terlebih lagi jika di simpan di dalam kulkas. Tapi buat anda yang tidak suka teksture basahnya lebih baik anda membawa sotong pangkong sebagai oleh – oleh.

Keripik Pisang Segodong

Bukan hanya Jawa Timur yang memiliki olahan keripik pisang, namun Pontianak juga memiliki keripik pisangnya sendiri yang terkenal yaitu di daerah Segodong, Pontianak. Nmaun anda tidak pelu jauh – jauh menuju daerah Segodong untuk membeli karena biasanya di toko oleh – oleh sudah tersedia Keripik pisang ini.

Teh Lidah  Buaya

Bukan hanya makanan, Pontianak juga memiliki minuman khas yang bisa anda bawa pulang loh yaitu teh lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan sehingga tidak heran jika teh lidah buaya banyak di buru masyarakat.

Untuk pembuatannya sendiri sangat mudah lidah buaya di cuci bersih, dikupas dan dipotng kecil – kecil kemudian di jemur. Dan lidah buaya jemur inilah yang anda bawa pulang sebagai oleh – oleh.

Kerupuk Lidah Buaya

Nah buat anda yang ingin ngemil sehat, kalian bisa mencoba kerupuk lidah buaya oleh – oleh khas dari Pontianak. Jika biasanya kerupuk hanya terbuat dari tepung tapioka yang di campur dengan udang atau bawang sebagi perasa Pontianak punya kerupuk yang terbuat dari lidah buaya.

Bukan hanya lezat, kerupuk lidah buaya juga unik dan juga sehat saat di konsumsi.

Dodol Lidah Buaya

Satu lagi olahan lidah buaya dari Pontianak yang tidak boleh di lewatkan adalah dodol lidah buaya. Jika biasanya dodol terbuat dar ketan, santan, gula merah yang dimasak lama kali ini terbuat dari lidah buaya.

Dodol lidah buaya manis sama seperti dodol pada umumnya namun sehat bagi tubuh dan juga tahan lama. Untuk satyu bungkus dodol biasanya di jual dengan harga Rp 25.000.

Lempok durian

Nah loh pecinta durian merapat… jika jalan – jalan ke Pontianak jangan lupa membeli oleh – oleh lempok durian ya. Lempok durian sekilas mirip dengan dodol karena bentuk dan cara pembuatannya yang mirip dodol. Namun Lempok durian memiliki cita rasa durian yang lebih.

Lempok durian di buat karena produksi durian di Pontianak melimpah, jadi selain lempok durian kalian juga bisa mencicipi lezatnya durian Pontianak jika sedang berada di Pontianak.

Nah itu tadi oleh – oleh khas Pontianak yang wajib anda anda bawa pulang setelah berlibur ke Pontianak.


Saran lainnya