Makanan Khas Pontianak Enak Dan Unik Yang Wajib Dicoba


Makanan Khas Pontianak – Berkunjung ke Suatu kota atau daerah belum lengkap kalau belum menikmati berbagai makanan khasnya. Makanan khas dari suatu daerah biasanya berbeda – beda dan tidak akan kita temui lagi rasanya di kota lain.

Kalaupun anda bisa menemui makanan tersebut di kota lain dengan bentuk dan penyajian yang sama namun rasa yang ditawarkan tidaklah sama. Rasa dari kota asal lebih nikmat daripada kota lainnya.

Jika sebelumnya kita sudah membahas kuliner non halal di Pontianak kali ini kita akan membahas berbagai makanan khas Pontianak yang sayang sekali dilewatkan karena saya yakin banyak dari kalian yang tidak mengetahui makanan berikut ini.

Makanan Khas Pontianak Enak Dan Unik Yang Wajib Dicoba

makanan khas pontianak
makanan khas pontianak

Bubur Pedas Pontianak

Menurut kabar dari para pecinta kuliner di Pontianak dan juga wisatawan yang sudah berkunjung ke sana, salah satu kuliner yang tidak bileh di lewatkan yaitu bubur pedas.

Bubur pedas terbuat dari bermacam – macam bahan yang unik seperti pucuk daun pakis, kangkung, daun kesum, lengkuas dan rempah – remoah lainnya yang membuat bubur yang satu ini hangat di tubuh. Dan juga ditambah dengan taburan kacang tanah dan teri sebagai topping.

Anda bisa menjumpai kuliner bubur pedas di berbagai tempat di Pontianak karena banyak pedagang yang menjual bubur ini salah satunya yaitu bubur pedas pak ngah.

Burung Punai

Burung Punai adalah salah satu jenis burung di Kalimantan berwarna hijau dengan paruh berwarna merah mirip burung merpati. Burung punai hidup di Kalimantan dan banyak orang memanfaatkannya sebagai salah satu bahan makanan dan juga kuliner di Kalimantan.

Burung punai biasanya di tangkap dengan cara di jaring baru kemudian di jual ke berbagai tempat dan yang pastinya anda tidak akan menemukan makanan ini di kota lain. Burung punai biasanya di sajikan dengan cara di goreng namun ada juga yang di bakar sesuai dengan selera.

Tidak banyak orang yang menyajikan burung punai anda bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di daerah mepawah karena burung punai banyak hidup di sana.

Sotong Pangkong

Sotong pangkong biasanya banyak hadir khususnya di bukan Rahmadhan, sotong Pangkong adalah cumi yang dikeringkan kemudian di panggang kemudian dipukul dagingnya agar empuk. Sotong Pangkong biasanya di sajikan dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis.

Buat anda yang ingin mencicipi kuliner yang satu ini anda harus datang saat bulan ramadhan di Jalan Merdeka Pontianak. Namun seiring perkembangan jaman ada juga pedagang online yang menjual sotong pangkong di bebrapa toko online.

Lek Tau Suan

Lek Tau Suan berasal dari bahasa tiongkok yang artinya mutiara kacang hijau, dinamakan mutiara kacang hijau karena kacang hijau yang ada dalam Lek Tau Suan berkilau saat terkena sinar terang.

Kacang hijau kupas ini biasa di sajikan dengan kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka, gula pasir dan pandan dengan toping cakue kering di atasnya.  Rasanya manis, Lek Tau Suan cocok di santap di pagi dan siang hari saat cuaca terik.

Es Krim Petrus

Nah loh siang siang emang enak kalau makan es krim bukan hanya ngademin panas dan gerah karena sinar matahari. Makan es krim juga bisa menenangkan hati terlebih lagi jika makannya di Es Krim Petrus.

Dinamakan Es Krim Petrus karena es krim ini berada di depan sekolah Santo Petrus dan di jamin halal. Ada berbagai varian rasa yang tersedia mulai dari coklat, vanila, durian, cempedak, nangka dan lain – lain. Begitu juga dengan wadah ada berbagai wadah dan oping yang bisa anda pilih salah satunya yang paling terkenal adalah wadah tempurung kelapa.

Chai Kue

Cahi kue adalah kue tradisional di Pontianak yang berisi sayur – sayuran sehingga dinamakan chai kue yang berasal dari chai yang berarti sayur – sayuran. Chai kue berbentuk seperti pastel yang terbuat dari tepung beras dna tepung tapioka dna diisi dengan sayuran kemudian di kukus atau di goreng.

Untuk harga juga murah untuk 1 biji chai kue biasanya di jual dengan harga Rp 1500.

Nah itu tadi makanan khas Pontianak yang enak dan unik yang wajib anda coba saat berkunjung ke Kota Katulistiwa Pontianak.


Saran lainnya