Daftar Kuliner Legendaris Betawi Yang Wajib Anda Cicipi Sebelum Punah


Kuliner Legendaris Betawi yang wajib dicicipi sebelum punah – Makan kini bukan hanya sekedar mengisi perut dengan makanan namun kini makan memiliki seni tersendiri. Ada banyak hal muncul dari makan seperti munculnya ide, profesi atau hobi.

Makan sekarang juga menjadi lifestyle  jadi tidak heran jika banyak orang yang hobi berwisata tapi berwisata kuliner. Mencicipu kuliner unik atau terkenal lezat memang suatu kebanggan sendiri ya bagi pecinta kuliner.

Nah jika anda memiliki rencana berkuliner kali ini baik bersama keluarga maupun sahabat tapi bingung mau makan apa ?. Mungkin daftar fispol.com yang akan kami berikan ini bisa menjadi pilihan.Berikut daftar kuliner legendaris Betawi yang wajib dicicipi sebelum punah.

Daftar Kuliner Legendaris Betawi Yang Wajib Anda Cicipi

Kuliner Legendaris Betawi yang wajib dicicipi
Bir Pletok Betawi

Bubur Ase

Menyantap bubur ayam untuk sarapan atau makan siang mungkin sudah biasa ya sahabat fispol namun bagaimana kalau bubur Ase. Mungkin terdengar asing ya, bubur ase adalah bubur layaknya bubur biasa namun uniknya da camouran semur daging khas Betawi yang lezat.

Dan untuk topping jika bubur ayam anda akan disuguhi suwiran ayam dan kerupuk namun bubur ase memiloiki topping yang lebih beragam. Ada ikan teri asin goreng, kacang tanah goreng, irisan daun kucai dan taburan bawang goreng.

Untuk rasa jangan khawatir, bubur ase tidak kalah kok dengan bubur lainnya, ada rasa pedas, gurih, asin yang cocok dilidah apalagi anda lidah Betawi.

Es Selendang Mayang

Emmm siang siang panas terik emang paling enak kalau mengkonsumsi aneka es yang dingin. Nah buat anda yang ingin mencicipi kuliner legendaris Betawi tidak ada salahnya kok mencicipi Es Selendang Mayang.

Dari namanya sangat unik ya sahabat fispol, dinamakan es selendang karena perpaduan isi dan santan yang digunakan terlihat seperti selendang. Dari hal tersebut es ini dinamakan es selendang mayang.

Es Selendang mayang terbuat dari agar – agar berwarna –  warni namun terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, dengan tambahan es serut, santan yang menyegarkan. Kalau ke Jakarta sayang sekali ya melewatkan es yang satu ini mengingat es – es dan makanan legendaris sudah tidak banyak lagi yang menjualnya.

Nasi Ulam Betawi

Nasi ulam bisa jadi rekomendasi makanan yang wajib anda santap kali ini, apalagi buat anda yang lagi kelaperan. Ada 2 jenis nasi ulam yang bisa anda pilih yaitu nasi ulam basah atau berkuah dan nasi ulam kering tanpa kuah.

Nasi ulam basah banyak  bisa kita temukan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara dan cocok disantap baik untuk sarapan maupun  makan siang. Nasi ulam biasa disajikan dengan kemangi, sambal, kacang tanah tumbuk.

Dan untuk lauk ada berbagai pilihan sesuai selera dendeng, telur dadar, perkedel, tahu, tempe, kerupuk dan lain – lain. Tinggal menyesuaikan selera dan budget.

Bir Pletok

Meski memiliki naman bir pletok tapi nyatanya bir yang satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok adalah minuman hangat khas betawi yang banyak dikonsumsi masyarakat untuk menghangatkan badan saat udara dingin.

Tapi bukan saja menghangatkan, bir pletok dipercaya mampu melancarkan peredaran darah karena terbuat dari bahan – bahan alami. Tapi sayangnya tidak banyak orang yang menjual jenis minuman ini.

Gabus Pucung

Gabus pucung sebenarnya adalah tradisi warga Betawi dimana biasnaya anak atau menantu akan mengantarkan makanan ini ke orang tua atau mertua menjelang bulan puasa dan lebaran. Dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara anak, morang tua taua keluarga.

Tapi sayangnya tradisi ini tidak banyak dilakukan lagi padahal gabus pucung ini sangat lezat dan kaya akan tradisi. Sesuai namanya gabus pucung adalah makanan yang terbuat dari ikan gabus.

Nah itu tadi daftar Kuliner Legendaris Betawi yang wajib dicicipi sebelum punah, bukan hanya berkuliner tapi dengan mengkonsumsi makanan tradisional anda sudah menyelamatkan makanan tradisional di era modern seperti ini. Jangan lupa mencicipi makanan khas dari Jogja, makanan khas dari Bandung dan makanan khas dari Surabaya.


Saran lainnya