Berikut Oleh – oleh Khas Jogja Yang Wajib DiBuru Saat Liburan Ke Jogja


Oleh – oleh khas Jogja – Puas jalan – jalan dan menikmati kuliner kota Pelajar Yogjakarta belum lengkap kalau nggak bawa oleh – oleh untuk sanak saudara yang ada di rumah. Jadi jalan – jalan dan oleh – oleh sepertinya satu paket wajib ya para pecinta traveling.

Ada banyak oleh – oleh yang bisa anda pilih, mulai dari kuliner, tekstil atau souvenir dengan berbagai harga dan kualitas dan jika anda hendak pulang oleh – oleh khas Jogja berikut ini bisa anda pilih.

Oleh – oleh Khas Jogja

Gudeg

gudeg terkenal di Jogja
gudeg terkenal di Jogja

Sebagaui makanan khas Jogja pastinya bukan hanya anda yang ingin merasakan lezat dan nikmatnya gudeg, pasti orang – orang yang anda tinggal juga ingin merasakan bukan ??

Nah gudeg ini bisa jadi pilihan yang pas untuk anda dan wajib dibawa pulang terlebih lagi gudeg yang dibuat oleh warung gudeg terkenal di Jogja. Anda bisa membawa gudeg matang secara langsung atau untuk anda yang perjalanan jarak jauh bisa memilih gudeg kalengan yang diproduksi berbagai warung gudeg yang bisa anda panaskan di rumah.

Bukan hanya nasi dan gudeg di warung – warung gudeg Jogja biasanya menyajikan gudeg dengan berbagai tambahan seperti aneka sate, olahan ayam dan baceman yang cocok dijadikan tambahan gudeg.

Geplak

oleh - oleh khas jogja
oleh – oleh khas jogja

Ada yang tahu geplak ?

Geplak adalah makanan atau camilan sejenis manisan yang terbuat dari campuran kelapa dan gula yang dibentuk bulat dan berwarna – warni. Gelak sangat populer di Jogja dan juga para wisatawan yang sudah pernah datang ke Jogja sehingga tidak sulit untuk menemukan camilan yang satu ini.

Untuk penjualannya sendiri dijual perkilo, anda bisa memilih berapa kilo yang ingin anda beli bahkan untuk anda yang tidak yakin dengan kelezatan geplak anda bisa mencicip terlebih dahulu rasa geplak, anda bisa minta sampel pada pedagang dan pedagang di Jogja akan memberikannya dengan sukarela, eitsss… tapi jangan lupa untuk membelinya.

Souvenir Gantungan Kunci Dan Barang Seni

Jika kalian pernah ke candi Borobududr dan Candi Prambanan, setelah keluar dari area candi and akan dihadapkan dengan puluhan lapak penjual souvenir yang pastinya sayang sekali utntuk dilewatkan.

Disini anda bisa melihat berbagai souvenir mulai dari gelang, kalung, gantungan kunci yang terbuat dari kayu dan yang paling unik adalah gantungan yang terbuat dari pahatan batu layaknya batu candi.

Bukan hanya gantungan berbentuk candi, ada juga patung berbentuk candi, dan aneka barang yang terbuat dari batu. Untuk anda pecinta barang seni seperti aneka lukisan, aneka miniatur di sini juga tersedia dengan harga yang cukup miring apalagi jika sahabat fispol pandai menawar.

Kaos Joger

Bukan hanya Bali yang memiliki aneka kaos unik, di Jogja juga ada kaos unik ala Jogja yang wajib anda jadikan koleksi atau anda pakai saat jalan – jalan ke Jogja. Anda bisa menemukan kaos – kaos khas Jogja di berbagai toko souvenir terlebih lagi di Malioboro.

Ada banyak pilihan yang tersedia di malioboro, bahkan semua turis baik wisatawan dalam negeri dan luar negeri selalu mampir ke sini untuk membeli oleh – oleh ditambah lokasinya yang dekat dengan keraton sehingga setelah ke Malioboro kalian bisa berjalan – jalan kembali ke Keraton dan lebih asik lagi jika kalian menggunakan delman yang disewakan dengan harga murah di depan Malioboro untuk mengunjunginya.

Batik Jogja

Sudah jauh – jauh ke Jogja nggak beli Batik di Galeri batik atau di Malioboro ? Rugi……

Batik Jogja memiliki berbagai motif yang bagus dan unik bahkan jika anda sudah membaca artikel kami sebelumnya motif batik indonesia yang sukses dipasarkan di luar negeri, anda pasti sudah tahu jika motif batik dari Jogja masuk ke dalam daftar tersebut.

Dan buat anda pecinta batik yang ingin mendapatkan kualitas batik yang bagus, asli Jogja dan murah anda bisa membelinya langsung di Jogja sambil jalan – jalan.

Nah itu tadi oleh – oleh khas Jogja yang wajib dibawa saat pulang dari liburan, sudah bisa memutuskan mau pilih yang mana untuk oleh – oleh ?


Saran lainnya