8 Makanan Khas Bandung Yang Wajib Kamu Cicipi


Makanan Khas Bandung – Kota Bandung adalah ibu kota dari provinsi Jawa Barat dan merupakan kota terbesar yang ada di Jawa Barat. Selain terkenal dengan wisata alam yang sangat indah serta kebudayaan yang unik, kota Bandung memiliki berbagai makanan khas yang wajib kamu cicipi.

Makanan khas Bandung tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain di Indonesia, dan bahkan beberapa kuliner khas Bandung sudah terkenal di berbagai daerah. Fispol.com telah merangkum 8 makanan khas Bandung yang pastinya sangat enak dan wajib kamu cicipi.

 

Baca juga artikel terkait tentang makanan khas daerah di Indonesia ;

  1. 8 Makanan khas Surabaya
  2. 8 Makanan khas Manado
  3. 8 Makanan khas Sumatra

Ok, langsung saja ya sahabat fispol, ini dia delapan makanan khas Bandung ;

1. Surabi atau Serabi

Makanan khas Bandung yang pertama merupakan kue khas Bandung. Serabi khas Bandung ini sangat mudah kita temukan jika berkunjung ke kota Bandung dan bahkan banyak dijual di pinggir jalan. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut akan memanjakan lidah sahabat fispol, apalagi jika disantap disaat masih panas atau masih hangat.

Jika kita lihat secara sekilas, makanan khas Bandung ini sangat mirip dengan pancake, tetapi pembuatan serabi unik yaitu dengan cara dibakar menggunakan tungku. Berbagai variasi atau penambahan toping juga semakin membuat serabi sangat nikmat.

2. Cimol

Cimol merupakan makanan khas Bandung yang sangat mudah kita temukan di berbagai daerah. Biasanya dijual di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak, atau banyak juga yang menjual cimol dengan menggunakan gerobak keliling.

Makanan khas bandung yang satu ini sangat lezat dan terasa kenyal-kenyal karena bahan dasarnya menggunakan tepung kanji. Bentuk cimol hampir sama dengan bakso yaitu bulat kecil-kecil, dan biasanya di jual dengan menggunakan bumbu atau saos khusus. Makanan khas Bandung yang satu ini sangat cocok untuk menunda lapar, apalagi jika dinikmati bersama secangkir teh panas akan terasa lezat dan sangat nikmat.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom ini sebenarnya asalnya dari Tasikmalaya, tetapi menjadi ciri khas Bandung karena banyak di temukan di kota Bandung. Kuliner khas yang satu ini sangat lezat, dan sesuai dengan namanya, makanan khas Bandung ini berbahan dasar nasi putih yang dicampur dengan oncom. Selain dengan harganya yang sangat terjangkau dan rasanya yang lezat, kuliner khas yang satu ini juga memiliki ciri khas tersendiri.

4. Cireng

Pasti sahabat fispol sudah tahu dong dengan cireng? karena cireng tidak hanya terdapat di Bandung saja, bahkan di beberapa mal di Indonesia dapat kita temukan makanan khas Bandung yang satu ini. Cireng dibuat dengan bahan dasar tepung kanji, jadi akan terasa kenyal jika kita gigit. Bentuk cireng juga sangat bervariasi dan sangat nikmat disantap pada saat masih panas.

5. Colenak

Sumber : sukabumiupdate.com

Colenak merupakan makanan khas bandung, tetapi sekarang sudah bisa kita temui di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan di beberapa restoran menyediakan menu colenak sebagai makanan penutup. Colenak ini berbahan dasar tape singkong yang di bakar, kemudian disiram dengan air gula kelapa. Colenak akan lebih nikmat jika disiram menggunakan karamel. Buat sahabat fispol yang suka dengan tape singkong, wajib coba makanan khas Bandung yang satu ini, dijamin gak nyesel dan bakal ketagihan deh.

6. Seblak

Nah ini dia nih makanan khas Bandung kesukaan saya, hehehehe. Dulu waktu saya tinggal di Jakarta, hampir setiap sore saya membeli seblak. Rasa pedesnya sangat luar biasa tetapi sangat gurih dan lezat makanya saya tidak pernah bosan. Seblak ini berbahan dasar kerupuk yang sudah direbus, sehingga terasa lebut seperti kwetiaw. Buat sahabat fispol yang suka makanan pedas, seblak ini adalah makanan yang tepat.

7. Nasi Timbel

Makanan khas Bandung yang satu ini sebenarnya sama dengan nasi biasa, tapi ciri khas nasi timbel ini dibungkus dengan daun pisang sehingga aroma nasi jadi lebih wangi. Nasi timbel biasanya disajikan dengan perpaduan tempe goreng, tahu goreng, dan juga ayam goreng. Akan terasa sangat lezat dengan adanya sambel ulek.

8. Batagor

Makanan khas Bandung yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia karena banyak dijual di pinggir jalan atau biasanya di tempat-tempat ramai. Sesuai dengan namanya, makanan khas yang satu ini berbahan dasat bakso dan tahu goreng. Batagor ini sangat enak sekali karena pada saosnya menggunakan bumbu kacang sehingga terasa gurih pedas.

Itulah delapan makanan khas Bandung yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke kota Bandung. Semoga informasinya bermanfaat.


Saran lainnya