10 Orang Pengusaha Terkaya Di Indonesia Dengan Berbagai Sumber Kekayaannya


Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bisa dikatakan Indonesia memiliki potensi yang membanggakan hampir di segala bidang, baik dari hasil alamnya hingga potensi lainnya seperti spot-spot wisata eksotis yang mampu memikat pendatang dari luar. Hal inilah yang membuat para pengusaha memiliki keinginan untuk mengembangkan usahanya di wilayah negara yang masih berkembang ini.

Banyak pengusaha sukses yang memiliki harta melimpah dengan menjalankan roda bisnisnya di Indonesia. Hingga kini pengusaha rokok masih menduduki posisi puncak di daftar orang terkaya di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa keadaan bisnis di Indonesia masih sangat belum mencapai titik tertinggi. Tidak seperti di negara maju yang menempatkan pengusaha bidang lain seperti pertambangan atau properti di posisi teratas. berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes yang dirilis pada tahun 2016.

10. Mochtar Riady

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Mochtar Riady adalah pendiri perusahaan Lippo Group yang memiliki kekayaan bersih 1,9 millyar USD. Saat ini perusahaan yang ia dirikan, Lippo Group dikelola oleh kedua anaknya, James dan Stephen Riady. Mochtar Riady terkenal sebagai pengusaha bertangan dingin. Hal ini dibuktikan oleh keberhasilannya memimpin beberapa perusahaan ternama mencapai puncak tertinggi pada masanya. Saat ini perusahaan yang didirikan oleh Mochtar Riady bergerak di bidang aneka industri.

9. Murdaya Poo

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Pengusaha yang berada di balik Central Cipta Murdaya Group, perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor ini memiliki kekayaan senilai 2,1 millyar USD. Pengusaha yang memulai karir dengan menjadi penjual koran, kini dikenal sebagai pemilik PT Jakarta International Expo. Selain itu bisnis yang kini sedang ditekuni oleh keluarga Poo mencakup kelistrikan, perdagangan, engineering, infrastruktur, teknologi informasi, manufaktur, agribisnis, kehutanan dan properti.

8. Tahir

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Majalah Forber memasukan nama Tahir sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah kekayaan 3,1 millyar USD. Meski terlahir dari keluarga yang sederhana, menantu Mochtar Riady ini kini menggeluti beragam bidang bisnis yang meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS). Bank Mayapada adalah salah satu usaha yang dirintisnya sejak awal dan saat ini tergolong salah satu bisnis yang berhasil di tangan pengusaha ulet ini.

7. Boenjamin Setiawan

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Bersama keenam saudaranya Boenjamin Setiawan mendirikan perusahaan farmasi PT Kalbe Farma dan berkembang menjadi Kalbe Group. Forbes mencatat jumlah kekayaan pengusaha farmasi ini sebanyak 3,3 millyar USD. Seiring perkembangannya Kalbe Group  kini melebarkan sayapnya ke berbagi lini bisnis meliputi bisnis makanan kesehatan, bisnis pengepakan, distribusi, pergudangan, sarana riset modern, pendidikan (Kalbis Institute) dan rumah sakit.

6. Chairul Tanjung

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Pengusaha kaya ini merupakan salah satu alumni Universitas Indonesia, dan telah mulai merintis bisnis sejak duduk di bangku perkuliahan. Berkat kerja kerasnya kini Chairul Tanjung menjadi orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 4,9 millyar USD. Bersama perusahaan yang ia beri nama CT Corp, Chairul membawahi beberapa bisnis seperti perbankan, perusahaan media, serta bisnis retail.

5. Sri Prakash Lohia

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Sebagai pendiri Indorama Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang tekstil serta poliester, Sri Prakash Lohia kini memiliki jumlah kekayaan sebesar 5 millyar USD. Kekayaan yang dimilki Indorama Corporation semakin bertambah ketika perusahaan holding utama milik Lohia yang berkantor pusat di Singapura ini berhasil mengakuisisi pabrik olefin yang terintegrasi di Nigeria dan saat itu merupakan perusahaan petrokimia terbesar kedua di benua Afrika.

4. Eka Tjipta Widjaya

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Menurut majalah Forbes, Eka Tjipta Widjaya termasuk pengusaha terkaya dari Indonesia. Harta kekayaan yang berhasil dimilikinya melalui perusahaan yang bergerak di bidang produksi pulp dan kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan mencapai 5,6 millyar USD. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, bos Sinar Mas Group ini kini telah menjadi salah satu pengusaha yang kaya dan inspiratif bagi pelaku bisnis yang sedang merintis kesuksesan.

3. Anthoni Salim

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Pendiri sekaligus pendiri konglomerasi Salim Group, Anthoni Salim tetap mempertahankan kedudukannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Indofood adalah salah satu perusahaan yang dinaungi oleh Salim Group dan kini telah menjadi perusahaan yang merajai industri makanan di Indonesia. Tak hanya dalam dunia bisnis makanan, Salim Group juga mengembangkan bisnisnya dengan membeli sebuah perusahaan tambang batu bara Mount Pleasant di New South Wales, Australia milik Rio Tinto Group, senilai USD 224 juta. Saat ini jumlah kekayaan Anthoni Salim mencapai 5,7 millyar USD.

2. Susilo Wonowidjojo

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Bos perusahaan rokok PT Gudang Garam ini menduduki posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia setelah para pemilik PT Djarum. Sebagai perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT Gudang Garam berhasil mendatangkan kekayaan senilai 7,1 millyar USD bagi Susilo Wowidjojo. PT Gudang Garam yang dahulu adalah perusahaan rokok rintisan ayahnya, semakin berkembang dibawah kepemimpinan pengusaha andal ini.

1. R. Budi & Michael, Hartono Bersaudara

10 orang pengusaha terkaya di Indonesia

Hartono bersaudara adalah satu-satunya pengusaha di Indonesia yang mampu mempertahankan posisi sebagai orang terkaya nomor 1 di Indonesia selama 8 tahun berturut-turut. Sumber kekayaan utama kedua bersaudara ini berasal dari bisnis perbankan dan perusahaan rokok yang terkenal di Indonesia. Bersama PT Bank Central Asia, Hartono bersaudara memiliki harta kekayaan sinilai 17,1 millyar USD. Kaluarga Hartono juga dikaberkan memiliki hak kepemilikan di Grand Indonesia seluas 250.000 meter persegi. Seperti pengusa kaya lainnya, Hartono bersaudara juga melebarkan sayap bisnisnya ke lini bisnis lain seperti real estate dan perbankan, agrobisnis, elektronik hingga e-commerce.


Saran lainnya