8 Makanan Khas Maluku Super Enak Dan Terkenal


Makanan Khas Maluku, Fispol.com – Indonesia memiliki ribuan pulau, dan setiap pulau di Indonesia memiliki daya tarik atau ciri khas tersendiri, baik itu dari sisi destinasi wisata maupun dari ciri khas budayanya. Maluku adalah salah satu pulau yang sangat kaya akan tempat wisata, khususnya wisata alam. Makanan khas Maluku juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan, selain karena rasanya yang super enak, makanan khas Maluku juga susah ditemukan di daerah lain.

Makanan khas Maluku juga tidak kalah menarik dengan makanan khas daerah lain. Makanan khas Maluku memiliki citarasa tersendiri dan tentunya super enak. Ok, langsung saja ya sahabat fispol, ini dia 8 makanan khas Maluku yang super enak ;

1. Gohu Ikan

Gohu ikan adalah makanan khas dari Maluku Utara (Ternate) yang hampir sama bentuknya dengan makanan Jepang yang disebut sashimi. Itu sebabnya gohu ikan dikenal orang sebagai Sashimi Ternate. Gohu ikan disajikan dengan potongan daging tuna segar dengan ditambahkan perasan lemon, kemangi, dan juga garam. Wah, pokoknya jika kita menyantap makanan khas Maluku yang satu ini, kita berasa seperti di Jepang, hehehehehe.

2. Nasi Lapola

Mungkin sahabat fispol baru dengar atau belum pernah mencoba makanan khas Maluku yang satu ini, karena hanya ada di Maluku. Nasi lapola ini sangat lezat dan merupakan makanan favorit di Maluku. Makanan khas Maluku ini berbahan dasar beras biasa dan kacang tolo, penambahan garam dan kelapa parut semakin menambah rasa pulen dan lezat nasi lapola.

Baca juga artikel terkait lainnya tentang kuliner khas daerah ;

3. Papeda

Tidak hanya Papua saja yang memiliki makanan khas bernama papeda, Maluku juga punya papeda yang hampir sama dengan papeda yang di Papua. Papeda ini merupakan makanan khas Maluku yang sangat rendah kolesterol, karena papeda ini terbuat dari tepung sagu.

Makanan khas Maluku yang satu ini memiliki tekstur yang lengket seperti lem serta warna yang putih bening. Rasa papeda sendiri memang tawar, tetapi biasanya dinikmati dengan perpaduan ikan tongkol yang telah diberi bumbu kunyit, sehingga papeda terasa sangat lezat dan tentu sangat sehat,hehehehe.

4. Sagu Woku Komo-Komo

Makanan khas Maluku berikutnya adalah sagu woku komo-komo. Sagu woku komo-komo ini berbahan dasar sagu, jeroan ikan dan juga bumbu lain seperti bawang putih. Makanan khas Maluku ini merupakan lauk yang sangat enak dan lezat. Sagu woku komo-komo ini dipanggang diatas bara menggunakan daun woka.

5. Sambel Colo-Colo

Sumber foto : dapur.website

Setiap daerah memiliki cita rasa sambel yang berbeda, dan Maluku juga memiliki ciri khas sambel yang rasanya pedas gurih. Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba makanan khas Maluku yang satu ini saat berada di Maluku. Sambel colo-colo ini tidak diulek, bahan dasarnya hanya diiris saja seperti tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit. Penambahan garam, perasan jeruk nipis dan daun kemangi menambah nikmatnya sambel colo-colo ini.

6. Ikan Komu Asar

Sumber foto : masirul.com

Makanan khas Maluku lainnya yang sangat terkenal adalah ikan komu asar. Ikan komu asar ini merupakan ikan yang diasap dan ditusuk menggunakan bambu. Biasanya masyarakat disana menggunakan ikan cakalang sebagai bahan dasar, tetapi jika tidak ada, ikan tongkol atau tuna juga bisa digunakan. Makanan khas Maluku yang satu ini sangat cocok disantap bersama nasi yang masih hangat, apalagi dipadukan dengan sambel colo-colo.

7. Gatang Kenari

Sumber Foto : beritahati.com

Kuliner khas Maluku yang satu ini sudah cukup terkenal dan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Ketam kenari merupakan nama lain dari gatang kenari yang dikenal oleh masyarakat Maluku Utara. Makanan khas Maluku ini menggunakan bahan dasar kepiting kenari. dan diolah senikmat mungkin menggunakan bumbu-bumbu rempah yang khas. Ohya, kepiting kenari itu berbeda loh dengan kepiting lainnya. Kepiting kenari suka mengupas buah kelapa untuk dimakan, makanya rasa kepiting ini sangat gurih.

8. Nasi Jaha

Sama seperti di berbagai daerah seperti di Manado misalnya, nasi jaha khas maluku juga memiliki citarasa tersendiri. Bahan dasar nasi jaha ini adalah beras biasa,beras ketan yang dimasak menggunakan santan. Sangat unik untuk memasak makanan khas Maluku yang satu ini, karena dimasukkan ke dalam bambu yang telah dilapisi dengan daun pisang.

Untuk membuat makanan khas Maluku ini memerlukan waktu yang agak lama, karena berasnya harus direndam terlebih dahulu selama satu malam. Proses memasak nasi jaha yaitu dengan cara bambunya dibakar diatas bara, tapi harus terus dikontrol loh agar matangnya merata dan tidak gosong.

Nah, itu dia 8 makanan khas maluku yang super enak dan wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Maluku. Semoga informasi mengenai kuliner daerah khas Maluku ini dapat bermanfaat buat sahabat fispol.


Saran lainnya