Traveloka.com: Cara Pesan (Booking) Tiket Pesawat / Kereta Api Online


Cara pesan tiket di traveloka, fispol.com – Sekarang ini untuk berpergian jauh tidak perlu repot-repot untuk mencari tiket pesawat atupun tiket kereta api, dimana pada masa masa sebelumnya bila hendak naik pesawat maka kita harus disibukkan dengan mencari agen penjualan tiket (fisik). Berkat teknologi yang canggih masa kini membuat semuanya menjadi sangat mudah, setiap orang dapat mem-booking atau memesan tiket perjalanan secara online dan dalam waktu yang singkat tiket akan tercetak secara elektronik. Misalnya, Traveloka (situs web: www.traveloka.com) yang merupakan salah satu situs penjual tiket secara online terbaik saat ini.

Situs Traveloka.com
Halaman Situs Traveloka.com

Mengapa memesan tiket di Traveloka.com?

Dari sekian banyaknya situs web yang menyediakan fasilitas booking tiket (pesawat maupun kereta api) secara online, maka tidak salah jika traveloka adalah salah satu pilihan terbaik dan dipercaya masyarakat indonesia saat ini dalam hal pemesanan tiket pesawat yang terpercaya.

Traveloka menawarkan beberapa keuntungan dan fasilitas kemudahan bagi pengguna yang akan memesan tiket pesawat maupun kereta api. Saat ini beberapa keunggulan dari traveloka ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Traveloka bekerjasama dengan berbagai perusahaan penerbangan baik yang domestik maupun internasional seperti: lion air, wings air, garuda indonesia, jetstar, Aeroflot Air, Astana Air, Astana new Air, China Air, China Air, France Air, France Airline, New Zealand Airline, New Zealand Air, Niugini Air, Niugini All Nippon Airways, All Nippon Airways, American Airlines,  dan masih banyak lagi.
  • Traveloka mendukung pembayaran tiket yang aman karna telah bekerjasama dengan berbagai bank terpercaya baik nasional maupun internasional , seperti: Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Visa Master Card, CIMB Clicks, ATM Bersama, Alto Prima, Mandiri Clickpay, BCA KlikPay, Indomaret, dan Visa Master Card. Dengan kerja sama tersebut, cara bayar setiap pemesanan tiket ditraveloka menjadi lebih mudah karna tersedia metode pembayaran beragam, terutama aman bagi pelanggan mereka.
  • Menawarkan tiket pesawat dan kereta api yang lebih murah: Mengapa tiket bisa lebih murah dari agen pemesanan tiket online lainnya? Nah, seperti dijelaskan pada situs traveloka.com bahwa mereka memiliki sebuah teknologi yang efesien,  sehingga biaya operasional di traveloka menjadi lebih rendah karena sistem online aman dan mutakhir. Bahkan dijelaskan bahwa Harga di awal pemesanan tiket di traveloka adalah biaya final, yang gratis akan biaya transaksi dan tak perlu takut akan adanya biaya tersembunyi. Apalagi karna telah bekerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan, traveloka akan selalu mengadakan promo tiket pesawat maupun kereta api dengan harga murah. Jika anda ragu, ada loh Klaim garansinya !!! bila Anda menemukan harga tiket lebih murah selain traveloka.com.
  • Traveloka.com menawarkan fasilitas pencarian tiket pesawat dan tiket kereta api yang lengkap: Fitur pencarian dan perbandingan harga juga promo tiket pesawat dan kereta api di traveloka sudah tersedia untuyk membantu anda menemukan tiket pesawat diberbagai penerbangan seperti: Air asia, Lion, Garuda Indonesia, Batavia Air, Jetstar dan lain-lain. Dengan teknologi yang disebut sebagai “algoritma cerdas” traveloka mencari tiket pesawat terbaik yang disesuaikan harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain sebainya.

 


Cara Pesan E-Tiket Pesawat Di Traveloka

Nah berikut adalah cara untuk melakukan pemesanan (booking) e-tiket pesawat di traveloka.com. Ada 2 opsi pemesanan yang biasa dilakukan untuk melakukan pemesanan, yakni via situs web menggunakan browser web atau dengan aplikasi traveloka yang tersedia pada berbagai platform smartphone.


Booking tiket pesawat traveloka via browser web

  1. Pertama, Pencarian tiket pesawat: Buka browser anda, dan kunjungi alamat http://www.traveloka.com Akan tampil situs traveloka, kurang lebih terlihat seperti pada gambar cuplikan halaman depan traveloka diatas. Kemudian perhatikan pada tab pemesanan yang berisi formulir untuk menyesuaikan pesanan tiket “pesawat” anda seperti pada gambar dibawah ini (lingkaran 1).Booking tiket pesawat Traveloka.com
    • Selanjutnya (lingkaran 2) adalah tempat memasukkan kota asal penerbangan Anda saat ini. Misalnya Anda sekarang sedang berada dikota Jakarta dan hendak mencari tiket pesawat kedaerah lain maka pilihlah kota asal Anda sebagai: Jakarta. Sedangkan bila anda berada didaerah berbeda, anda bisa memilih daerah lainnya dengan mengklik pada lingkaran 2 seperti gambar diatas.
    • lalu bagian ke 3 pada gambar menunjukkan nama dari kota tujuan penerbangan anda. Misalnya saat ini Anda hendak berpergian ke bali dan mencari tiket murah ke kota tersebut, maka pilihan kota tujuan anda adalah Bali/Denpasar atau contoh lainnya bila anda sedang berada dijakarta dan mencari tiket pesawat menuju Kota Medan, maka pilihlah “Medan” sebagai kota tujuan penerbangan anda (perhatikan pada lingkaran no.3 pada gambar).
    • Setelah menentukan penerbangan asal beserta tujuannya, maka pada lingkaran ke 4 selanjutnya adalah menentukan waktu penerbangan anda. Masukkan informasi tentang tanggal anda hendak berangkat untuk menemukan tiket pesawat yang disesuaikan pada jadwal keberangkatan anda. Untuk mengubah sesuaikan tanggal, cukup dengan mengklik pada “waktu penerbangan” lalu memilih tanggalnya.
    • Selanjutnya seperti pada lingkaran 5 di gambar diatas, Anda harus menentukan berapa jumlah penumpang yang akan di pesan tiket pesawatnya ditraveloka.com. Tersedia opsi: Jumlah orang dewasa, Anak-anak dan juga jumlah bayi.
    • Terakhir adalah oposional, yang membiarkan Anda memilih kelas penerbangan. Secara default opsi ini adalah kelas ekonomi sebagai tiket pesawat yang lebih murah ditraveloka. Bila anda menginginkan fasilitas berkelas lainnya, silahkan memilih opsi berbeda dan tentu saja dengan harga tiket pesawat yang juga berbeda.
    • Setelah selesai dengan formulir pencarian tiket yang disediakan, mulailah pencari tiket pesawat anda ditraveloka.com dengan cara mengklik pada tombol “Cari Tiket” seperti pada Gambar (7). Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga hasil pencari tiket ditampilkan sepenuhnya.

      Hasil Pencarian Tiket Pesawat Traveloka
      Hasil Pencarian Tiket Pesawat Traveloka
  2. Booking tiket pesawat: Setelah menemukan tiket pesawat yang sesuai dengan perjalanan anda serta biaya, kelas dan waktu penerbangan maka selanjutnya adalah melakukan pemesanan tiket ditraveloka.com. Jangan lupa tekan tombol “pilih” pada salah satu hasil pencarian tiket pesawat seperti diatas.
    • Anda akan disuguhkan formulir untuk mengisi data kontak pemesan beserta data penumpang pada tiket pesawat yang akan dipesan ditraveloka.com. Harap untuk teliti saat mengisi data pada langkah ini, karena berisikan informasi penting mengenai pemesan tiket yang kemudian akan dihubungi oleh traveloka ( termasuk menerbitkan e-tiket pesawat anda). beserta data penumpang yang akan berangkat menggunakan tiket yang telah dipesan. Selain mengisi data, penumpang di berikan pilihan untuk menambahkan asuransi perjalanan, tapi ini adalah oposional.

      Formulir Pemesanan Tiket Pesawat Traveloka
      Formulir Pemesanan Tiket Pesawat Traveloka
    • Review kembali, pastikan pesanan tiket pesawat anda sesuai dengan yang direncanakan, baik itu tentang kota asal – tujuan, tanggal dan jam keberangkatan pesawat Anda, Jumlah penumpang, serta harga tiket pesawat tersebut. Jika sudah benar, maka lanjutkan pemesanan dengan mengklik “lanjutkan ke Pembayaran“.

      Review pesanan tiket pesawat traveloka.com
      Review pesanan tiket pesawat traveloka.com
  3. Untuk menyelesaikan pemesanan tiket pesawat Anda ditraveloka, segera lakukan pembayaran dengan metode pembayaran tersedia. Adapun metode pembayaran yang tersedia ditraveloka saat ini adalah:
    • Kartu Kredit: Berlogo Visa Atau Mastercard
    • Transfer Bank: Dengan jam operasional tertentu
    • ATM: Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui mesin ATM
    • CIMB Clicks: Hanya berlaku untuk akun CIMB Clicks dan Transaksi akan dilakukan langsung di situs CIMB Clicks
    • Mandiri Clickpay: Hanya berlaku untuk akun Mandiri ClickPay
    • BCA Klikpay: Hanya berlaku untuk akun BCA KlikPay dan Transaksi akan dilakukan langsung di situs BCA KlikPay
    • Mandiri Debit: Pastikan kartu Anda sudah terdaftar untuk transaksi online
    • Pembayaran via indomaret: Opsi pembayaran untuk booking tiket via indomaret hanya tersedia jika dipesan sebelum 24 jam
    • Pembayaran via Alfamart: Opsi pembayaran untuk booking tiket via alfamart hanya tersedia jika dipesan sebelum 24 jam
  4. Menerima e-tiket penerbangan Anda: Setelah melakukan pembayaran sesuai dengan intruksi yang disediakan pada traveloka.com maka setelah pembayaran sukses diterima oleh pihak traveloka, e-tiket resmi Traveloka akan dikirimkan ke alamat email atau berpa sms ke nomor handphone terdaftar Anda. Ini akan memerlukan waktu beberapa saat dan bila anda merasa ragu, silahkan lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengupload bukti transfer pembayaran Anda ke traveloka.com (pembayaran selain kartu kredit). Sebagai contoh, berikut adalah contoh e-tiket yang dikirimkan traveloka melalui email yang berisi dengan kode booking serta informasi penumpang pesawat.

    Contoh e-tiket pesawat traveloka
    Contoh e-tiket pesawat traveloka

Nah, perhatikan pada gambar contoh e-ticket traveloka diatas, kode booking “BKLZWE” lah yang akan perlu anda berikan pada petugas maskapai pernerbangan dibandara untuk kemudian memberikan anda tiket fisik lalu melakukan penerbangan sesuai dengan jadwal dan catat bahwa anda tidak perlu membayar biaya apapun lagi saat mencetak tiket tersebut dibandara.


Booking tiket Pesawat Via Aplikasi Smartphone Traveloka

Aplikasi tiket pesawat traveloka
Sumber Gambar: Taveloka Blog – Aplikasi tiket pesawat traveloka

Bagaimana dengan pemesanan tiket pesawat di aplikasi smartphone traveloka? sebenarnya cara pemesanannya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah cara booking tiket online dengan browser seperti dijelaskan diatas. Perbedaannya adalah kita akan menggunakan handphone pintar untuk melakukan pencarian serta pemesanan tiket secara online di traveloka app.

Download Aplikasi Traveloka untuk Android dan Iphone

Nah untuk bisa menggunakan fasilitas pemesanan tiket online yang disediakan oleh traveloka ini, Anda harus memiliki aplikasi traveloka yang terinstal di hp android ataupun iphone. Jika belum, silahkan download dan instal Traveloka untuk android dan Traveloka untuk iphone agar bisa melakukan pemesanan tiket melalui smartphone Anda.

Terkait dengan Smartphone, baca juga Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di HP (SmartPhone).

Setelah aplikasi diinstal pada perangkat smartphone, buka aplikasi traveloka. Adapun cara untuk mencari tiket pesawatnya tidak jauh berbeda seperti langkah-langkah diatas. Anda hanya perlu memasukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, lalu memasukkan jumlah penumpang dan kelas penerbangan Anda. Kemudian anda akan melihat hasil pencarian tiket pesawat yang sesuai permintaan anda tersebut, lalu pilih salah satu kemudian mengisi formulir tentang detail kontak pemesan serta penumpang.

Pada prakteknya, aplikasi booking tiket pesawat dari traveloka menawarkan kemudahan-kemudahan termasuk pada navigasi diujung jari anda. Sehingga pemesanan tiket pesawat melalui aplikasi akan lebih mudah serta cepat dibandingkan jika harus memesan melalui browser desktop atau komputer.


Cara Booking Tiket Kereta Api di Traveloka.com

Ini adalah keunggulan mengapa traveloka menjadi pilihan terbaik bagi sebagian pemburu tiket pesawat maupun tiket kereta api online. Cara yang mudah dan tidak bertele-tele, sama halnya dengan proses pemesanan tiket pesawat diatas, booking tiket kereta api juga tidak berbeda jauh.

Untuk mencari tiket kereta api serta melakukan pemesanan, seperti biasanya kunjungi situs www.traveloka.com. Perhatikan pada gambar dibawah ini:

Pesan Tiket Kereta Api Di Traveloka.com
Pesan Tiket Kereta Api Di Traveloka.com

Anda hanya perlu berpindah dari tab “tiket pesawat” dan beralih ke tab “Kereta Api” (perhatikan lingkaran merah pada gambar. Baik melalui aplikasi traveloka di smartphone maupun browser kesayangan Anda pemesanan tiket di traveloka benar-benar sangat mudah. Masukkan informasi mengenai Asal perjalanan (titik awal kereta api) anda diikuti dengan tujuan perjalanan ( terminal kereta api tujuan anda).

Misalnya anda hendak berangkat dari Kota Surabaya menuju ke Bandung dengan Kereta api, maka tuliskan Surabaya sebagai asal dan Bandung sebagai tujuan perjalanan anda.

Isi semua formulir pencarian e-tiket kereta api, termasuk tanggal yang disesuaikan dengan jadwal anda serta jumlah penumpang yang akan berangkat lalu klik pada tombol “Cari Tiket”. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menampilkan hasil pencarian tiket kereta api sesuai keinginan anda ditraveloka.com, lalu setelah menemukan, lakukan proses booking tiket kereta api seperti pada langkah pemesanan saat memesan tiket pesawat terurai diatas.

Mohon maaf disini saya tidak akan mengulangi lagi langkah-langkah mendetail mengenai bagaimana proses memasukkan data penumpang kereta api hingga proses pembayarannya, karena langkahnya sama dengan tutorial dijelaskan diatas.

Berbeda dengan pesawat dan kereta api, coba baca yang ini: Takut Macet? Mudik lebaran Bisa Naik helikopter, tarif cuma 2 jutaan


Update terbaru tentang tiket online: Cara memesan tiket pesawat dan kereta api melalui tiket.com

Demikianlah sedikit informasi mengenai traveloka.com sebagai agen penjualan tiket online yang disertai dengan cara-cara pemesanan tiket pesawat maupun kereta api pada situs ini. Sebenarnya traveloka.com adalah salah satu dari yang terbaik, artinya masih ada lagi situs lain yang memiliki fasilitas pencarian dan booking tiket online yang juga terpercaya dalam urusan booking tiket. Oleh sebab itu pada artikel berikutnya, kami akan mencoba memberikan meriview penyedia layanan booking e-tiket online seperti: tiket.com dan sebainya… semoga bermanfaat !!!


Saran lainnya