Cara Pesan Tiket Kereta di Loket Stasiun Kereta Api


Cara Pesan Tiket Kereta – Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan armada kereta api baik untuk wisata atau perjalanan pasti akan merasakan kebingungan saat ingin memesan tiket perjalanan.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memesan tiket kereta api salah satunya yang paling banyak digunakan dan sedang tren adalah dengan cara online.

Dengan cara ini maka kita bisa menghemat waktu, kita tidak perlu datang mengantri pembelian toket di loket stasiun, selain itu dengan cara online anda b isa memesan tiket dimana saja dan kapan saja.

Namun bagi anda yang ingin membeli dengan cara manual tenang karena KAI tetap menyediakan layanan secara manual, nah bagi anda yang ingin memesan tiket secara manual berikut Cara Pesan Tiket Kereta di Loket Stasiun Kereta Api.

Cara Pesan Tiket Kereta
Cara Pesan Tiket Kereta

Siapkan KTP

Untuk anda yang berumur 17 tahun ke atas anda harus memiliki KTP untuk bisa memesan tiket kereta api, jika ktp tidak bisa dibawa anda bisa menggantinya dengan fotokopi KTP.

Sedangkan untuk anak dibawah 3 tahun akan di bebaskan dari pembelian tiket namun tidak akan mendapatkan tempat duduk.

Datang Ke Bagian Informasi

Buat anda yang belum tahu kereta apa yang tersedia dan juga kereta apa yang anda gunakan, pihak KAI akan menyediakan bagian informasi yang dapat membantu anda dalam pemilihan kereta.

Ada banyak informasi berupa tempelan yang terpasang di dinding yang bisa anda jadikan acuan namun bagi anda yang tidak paham akan lebih baik jika anda menanyakan langsung pada petugas informasi.

Nama kereta yang anda pesan sangatlah penting, karena saat pembelian tiket di loket petugas akan menanyakan jenis kereta dan nama kereta apa yang akan digunakan dan jika anda tidak tahu maka petugas akan mengarahhkan ke bagian informasi.

Ambil Nomor Antrian

Setelah mengetahui jenis kereta yang akan anda gunakan, selanjutnya silahkan mengambil nomor antrian yang tersedia di tempat pengambilan nomor antrian.

Akan ada 2 pilihan jenis nomor antrian yaitu nomor antrian untuk tiket jarak jauh dan nomor antrian tiket jarak dekat, tenang anda tidak perlu bingung karena semua yang ada di sana sudah diberi keterangan.

Ambil dan Isi Formulir

Formulir biasanya langsung tersedia di bagian informasi an anda bisa mengambil sesuka hati, setelah mendapatkan formulir silahkan isi formulir dengan lengkap, nama pemesan harus sesuai dengan nama dan NIK KTP.

Jika di kemudian hari terdapat perbedaan identitas pada tiket penumpang dengan KTP saat diperjalanan, maka pihak KAI akan menurunkan penumpang di stasiun terdekat.

Antri di Loket

Ada banyak loket yang tersedia di sana namun tenang, pihak loket akan memanggil sesuai dengan nomor urut antrian.

Dan di loket anda harus menyiapkan formulir yang telah anda isi, nomor antrian dan biaya atau harga tiket.

Setelah mendapatkan tiket, jangan lupa cek dahulu mulai identitas tanggal keberangkatan, stasiun keberangkatan dan juga kedatangan.

Nah mudah bukan itu tadi Cara Pesan Tiket Kereta di Loket Stasiun Kereta Api, cara manual seperti ini memang ribet dan juga harus mengantri lama namun dengan datang langsung ke tempat pembelian tiket anda akan mendapatkan banyak informasi penting tentang perkereta apian.

Meskipun melayani pemesanan tiket secara manual, namun di beberapa stasiun besar juga menyediakan mesin pemesanan tiket secara online, Bahkan sekarang ada banyak situs travel, situs KAI resmi dan juga situs jual beli yang menyediakan fasilitas booking tiket.

Note

Tiket perjalanan jauh bisa dipesan mulai H – 9o keberangkatan sedangkan tiket perjalanan dekat atau lokal bisa di pesan H- 7 keberangkatan.

Pembatalan tiket paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan atau tiket akan hangus, untuk pembatalan sendiri akan di kenakan biaya sebesar 25% dan sisa uang pengembalian bisa di ambil sesuai dengan ketentuan.

Untuk pembatalan karena tidak tersedianya armada maka akan mendapatkan kembali penuh uang pembelian tiket sedangakan untuk masalah, saran, keluhan atau pertanyaan yang anda hadapi anda bisa menghubungi call center di 021 -121.

Jangan lupa juga membawa kartu identitas saat keberangkatan karena akan dilakukan pengecekan tiket oleh pihak berwenang sebelum berangkat.

 

 


Saran lainnya