Lebih Aware Lagi tentang HIV dan AIDS Yuk…


1 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari AIDS Sedunia, yang digalakkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran akan penyakit AIDS yang di sebabkan oleh virus HIV.

Meski peringatan tersebut di lakukan setiap tahunnya namun banyak masyarakat khususnya kaum muda terlebih lagi kids jaman now yang belum menetahui tentang HIV dan AIDS.

Nah untuk memperingati hari AIDS sedunia berikut fispol.com merangkum tentang segala fakta HIV dan AIDS.

HIV DAN AIDS
HIV DAN AIDS

Mengenal HIV ( Human Immunodeficiency Virus )

HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS, dimana virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh mudah terinfeksi dengan segala penyakit yang datang.

AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome )

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV, sehingga orang yang terserang penyakit ini akan mengalami lemah terhadap serangan penyakit karena antibodi atau sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Cara Penularan HIV atau AIDS

HIV DAN AIDS
Penularan HIV dan cara pencegahan

Sebagian orang banyak yang sudah mengetahui cara penularan virus ini, jika virus – virus yang kita kenal seperti virus influenza tau hepatitis dapat menular melalui udara atau tempat makan dan makanan maka virus HIV memiliki cara penularan yang berbeda seperti berikut ini.

Sexs Bebas

Sexs Bebas memiliki banyak resiko untuk terjangkit penyakit yang satu ini terlebih lagi jika tidak menggunakan pengaman ( kondom ).

Sehingga pemerintah banyak yang mulai mensosialisasikan penggunaan kondom bagi orang yag suka jajan di luar atau sexs bebas.

Atau cara mudah agar tidak tertular virus ini adalah dengan setia dengan pasangan.

Jarum Suntik

Jarum suntik yang telah digunakan orang lain haram hukumnya digunakan kembali karena penyakit yang ditularkan melalui darah bisa tertular bagi yang menggunakannya kembali.

Jadi ada baiknya kita lebih waspada dan menanyakan apakah jarum yang digunakan pada kita steril atau tidak.

Namun selain dari penggunaan jarum saat di tempat kesehatan, penggunaan jarum suntik bergilir bagi pengguna narkoba juga beresiko tinggi untuk dapat terjangkit dengan virus HIV. Jadi ada baiknya anda menghindari narkoba dan juga penggunaan jarum suntik bergilir.

Tertular Dari Ibu Yang Positif AIDS ( ODA )

Jika sang ibu memiliki HIV positif maka bisa dipastikan bayi yang dikandungnya juga HIV positif kecuali bagi mereka ODA yang telah mengkonsultasikan kehamilannya lebih dahilu pada dokter specialis.

Selain dari darah sang ibu, air susu yang diberikan sanga ibu juga akan membawa virus HIV ke tubuh si bayi, sehingga untuk anda ODA positif jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan anda di dokter specialis HIV.

Mitos HIV Dan AIDS

Karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai HIV dan AIDS membuat banyak mitos – mitos khayal yang berkembang di masyarakat seperti berikut ini.

HIV Menular Melalui Nyamuk

Banyk warganet dan masyarakat yang takut dengan gigitan nyamuk karena khawatir virus HIV bisa menular melalui gigitan nyamuk tersebut namun faktanya tenyata nyamuk tidak bisa menularkan virus tersebut meskipun nyamuk telah menghisap darah penderita AIDS karena virus HIV tidak bisa hidup dan berkembang di perut nyamuk.

Ciuman Bisa menularkan AIDS

Banyak orang yang takut berciuman karena takut tertular virus ini, namun berciuman tidak akan membuat virus HIV tertular.

Tapi apakah air liur tidak bisa menularkan virus HIV ?

bisa, air liur dari virus HIV bisa menularkan HIV namun menurut peneltian membutuhkan banyak air liur yang setara dengan 8 galon besar air liur untuk bisa menularkan virus tersebut dan mustahil rasanya 1 orang bisa memperoduksi air liur dalam jumlah tersebut sekali waktu.

Jadi meskipun positif AIDS anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa bahkan berbagi makanan dan minuman bersama tanpa ada rasa takut.

Berjabat Tangan Bisa Tertular

Diawal kemunculan virus ini, banyak masyarakat yang menjauhi ODA atau positif AIDS karena takut tertular bahkan banyak yang mengucilkan atau enggan menjabat tangan orang tersebut karena takut.

Namun seiring waktu banyak masyarakat yang sadar jika hal tersebut salah.

AIDS Berarti Berakhir

Banyak orang yang menganggap terkena penyakit ini adalah akhir dari segalanya karena tidak bisa hidup dalam jangka waktu yang lama, namun faktanya pengidap penyakit AIDS bisa bertahan lama dan menginspirasi orang lain bahkan membanggakan negara.

AIDS adalah penyakit kekebalan tubuh sehingga dengan menjaga pola hidup sehat, pola makan teratur dan seimabang, istirahat dan olahraga yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah itu tadi segala fakta HIV dan AIDS, yang perlu sahabat fispol.com ketahui, ayo lebih aware lagi dengan HIV dan AIDS dan support orang di sekitar kita yang positif ODA.

 


Saran lainnya