8 Makanan Khas Makassar Yang Super Enak Dan Populer


Makanan Khas Makassar, Fispol.com – Makassar merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Pantai Losari adalah salah satu tempat wisata Makassar yang paling disukai para wisatawan, dan bahkan sudah terkenal di seluruh dunia. Selain Pantai Losari, Trans Studio Mall juga termasuk daya tarik wisatawan saat berkunjung ke kota Makassar.

Tidak hanya tempat wisatanya saja, kuliner khas Makassar juga memiliki citarasa yang khas dan super enak. Makanan khas Makassar tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, oleh karena itu sayang sekali jika sahabat fispol tidak mencicipi kuliner khas Makassar saat berkunjung ke kota Daeng ini.

Baca Juga : 8 makanan khas Maluku yang sangat enak

Fispol.com telah merangkum 8 makanan khas Makassar yang super enak dan sangat populer. Sebenarnya sangat banyak kuliner khas Makassar tetapi kami telah memilih delapan yang terbaik dan sebagai referensi kuliner saat kamu berkunjung ke Makassar.

1. Sop Konro

Sop konro ini merupakan kuliner khas yang paling disukai para wisatawan saat berkunjung ke Makassar. Makanan khas daerah yang satu ini berasal dari suku Bugis, dan memiliki citarasa yang khas. Sekilas sop konro ini mirip dengan makanan khas Surabaya ( rawon ), karena warna kuahnya yang agak hitam.

Makanan khas Makassar yang satu ini menggunakan konro atau iga sapi sebagai bahan dasarnya, dan tentu saja dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Sop konro ini sangat nikmat jika dipadukan dengan ketupat.

2. Barongko

Tidak hanya kuliner yang berbau lauk-pauk, Makassar juga memiliki makanan manis yang sangat khas, namanya adalah barongko. Makanan khas ini berbahan dasar pisang yang dibuat satu adonan dengan gula, telur, garam, dan kadang menggunakan susu bubuk.

Barongko ini sangat enak dan lembut, dan sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Cara memasaknya juga lumayan unik, yaitu dengan cara dikukus yang tentunya perpaduan adonan telah dibungkus dengan daun pisang.

Baca Juga : 8 makanan khas Bandung

3. Sop Saudara

Makanan khas selanjutnya lagi-lagi merupakan sop dan berbahan dasar daging sapi. Tapi sop saudara khas Sulawesi Selatan ini sangat gurih dan lezat dan sangat mudah kita temukan saat kita berkunjung ke Makassar. Selain daging sapi, isi sop saudara ini dicampur dengan bihun, jeroan sapi, telur rebus dan perkedel kentang. Sangat nikmat disantap bersama nasi putih, apalagi kalau masih panas,hhhuuuhhh sangat menggugah selera.

4. Mie Titi

Mie goreng khas Makassar ini sangat nikmat sekali dan sayang jika kamu melewatkan makanan khas yang satu ini. Memiliki citarasa yang berbeda dengan mie goreng pada umumnya, mie titi ini disiram menggunakan kuah kental yang telah dicampur dengan sayur.

5. Nasu Palekko

Sumber Foto : resepmakan.info

Masih di Sulawesi Selatan, makanan khas yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan kuliner pedas. Daging itik adalah bahan dasar untuk membuat nasu palekko ini, dan biasanya menggunakan itik yang tidak terlalu tua atau dipilih daging yang lembut.

6. Sop Ubi

Sumber Foto : makannikmat.com

Ini salah satu keunikan kuliner dari Makassar, biasanya ubi dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Kalau mencari ubi yang di sop, kamu perlu mencobanya di Makassar. Sop ubi ini dipadukan dengan berbagai bumbu yang khas dan juga tauge. Makanan khas yang satu ini menjadi favorit bagi mereka yang tidak suka dengan makanan pedas.

Baca Juga : Makanan khas Manado yang sangat terkenal

7. Palumara

Sumber Foto : kuliner123.com

Palumara juga merupakan makanan khas Makassar yang berkuah tetapi bahan dasarnya menggunaka ikan. Jadi selain daging sapi, kamu juga bisa mendapatkan kuliner khas yang menggunakan bahan dasar ikan. Ikan yang digunakan biasanya ikan kakap, tongkol, atau ikan bandeng.

8. Gogoso

Makanan khas Makassar yang terakhir ini hampir sama dengan ketupat karena bahan dasarnya menggunakan beras ketan. Tetapi proses pembuatannya berbeda, yakni dengan cara dibakar dan dibungkus menggunakan daun pisang. Gogoso ini sangat nikmat jika disantap bersama dengan telur asin.

Ok, itulah delapan makanan khas Makassar yang super enak, semoga bisa menjadi referensi kuliner sahabat fispol saat berkunjung ke kota Makassar.


Saran lainnya