Cara Memotivasi Diri Disaat Merasa Tertekan Serta Cara Mengatasi Depresi


Cara Memotivasi Diri – Kebanyakan cara yang didapatkan oleh orang yang sedang mengalami depresi untuk memotivasi diri – melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih baik ujung-ujungnya pasti akan terasa “mudah dikatakan daripada dilakukan”. Seseorang yang ingin mengatasi depresi mungkin mendapatkan apa yang seharusnya dilakukannya dari siapa saja di dekatnya, hingga mendengarkan tips-tips dari motivator terkenal dan lain sebagainya. Tapi pertanyaannya adalah bagaimana ia melakukan cara itu, karena bagaimanapun, depresi membunuh motivasi diri, energi, minat, dan fokus dalam dirinya.

Seandainya ada cara instan untuk meningkatkan motivasi dalam diri tentu semuanya akan terasa mudah. Tapi sebelum kita menemukannya, bagaimana bisa membuat pergerakan yang cepat untuk mengatasi depresi dan memotivasi diri?

Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Bekerja

Cara memotivasi diri sendiri saat tertekan
Cara Memotivasi Diri – Tetapkan tugas yang mudah 

Saat mengalami depresi, sebagian besar kinerja kamu hanya akan berjalan sesuai fungsinya pada 70% sampai 90%. Sebaliknya, MENETAPKAN GARIS YANG RENDAH mendekati 20% dari beban yang biasanya kamu kerjakan mampu membuat kamu merasa lebih nyaman. Apa bila di saat kamu sedang tertekan dan memaksakan diri menetapkan harapan yang sama pada diri sendiri seperti pada waktu tidak tertekan, tentu kamu akan merasa kewalahan dan merasa cemas. Dan mungkin kamu tidak akan mampu melakukan tugas yang kamu harapkan, dengan demikian kamu akan merasa kalah dan malu, semakin tertekan. Hal ini sangat berlawanan dengan target memotivasi diri yang kamu harapkan.

Tetapkan TUJUAN KECIL DAN KHUSUS. Serius. Carilah kegiatan kecil seperti menyelesaikan cucian di mesin cuci, mencoba resep jus baru. Tugas selesai dan masih gatal untuk lebih? Apa bila kamu mau kamu selalu bisa menaikkan GARIS TUGAS jika merasa sangat termotivasi. Perhatikan bahwa jika kamu telah merasa sangat terbebani saat menangani tugas itu, dengan kemungkinan gagalnya yang terlalu tinggi, ada baiknya kamu perlu menurunkan target kamu menjadi lebih realistis atau spesifik. Karena apabila target itu tidak tercapai, perasaan malu dan cemas akan kembali dan merusak usaha untuk memotivasi diri kamu.

Motivasi Diri Dengan Belajar Untuk Menerima Diri

Kritikan adalah sahabat terbaik bagi depresi atau perasaan tekanan. Menyalahkan diri karena tidak bisa berbuat lebih, “tidak produktif” atau “malas” hanya akan merugikan diri kamu sendiri dan membuatmu terlihat seperti seorang konyol yang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri. Memanjakan diri dengan kata-kata yang positif dan menggembirakan sebenarnya sangat penting untuk meningkatkan motivasi dalam diri seseorang. Kamu bisa menggunakan kata-kata penyemangat yang biasa kamu katakan kepada teman yang pernah kamu angkat dari perasaan tertekan. Atau cari tahu apa saja hal-hal yang mungkin bisa membantu kamu dan memotivasi diri kamu

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Perasaan Kangen Dikala LDR

Ingat! Berhentilah berpikir negatif terhadap diri sendiri apabila kamu masih berniat untuk memotivasi diri dan mengatasi depresi yang sedang kamu alami, belajarlah menerima keadaan dan gunakan sisi positifnya. Karena semua usaha yang kamu lakukan untuk memotivasi diri akan terasa sulit apabila pikiran kamu masih dihambat oleh pola pikir yang negatif. Alihkan semua hal itu ke sesuatu yang bermanfaat, terlebih sesuatu yang bisa menunjang dan memotivasi diri kamu. Kamu bisa mencoba mengalihkan pemikiran negatif kamu ke betapa pentingnya pekerjaan yang harus kamu lakukan saat ini, buatlah itu jadi cambuk untuk memotivasi dirimu.

Pentingnya pengakuan terhadap diri sendiri sangat berpengaruh pada keberhasilan kamu memotivasi diri kamu sendiri. Bangunlah rasa percaya diri dalam hatimu. Berpikir bahwa kamu tidak mampu melakukan sesuatu akan benar-benar mengacaukan upaya kamu untuk memotivasi diri sendiri. Cara paling mudah adalah memikirkan kembali hal-hal yang merupakan keberhasilan kamu selama ini. Apa saja hal-hal hebat yang telah kamu lakukan sebelumnya? Potensi apa yang kamu miliki? Gunakan semua itu untuk memotivasi diri kamu kembali.

Memotivasi Diri Untuk Terus Maju

Hal yang mungkin terbilang simple yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi diri mencapai sukses adalah menjadi “orang lapar”. Motivator senior Less Brown mengatakan bahwa dengan memiliki keinginan terhadap sesuatu dan melihatnya sebagai hal yang harus kamu miliki atau lakukan dan tidak bisa hidup tanpanya adalah cara terbaik untuk memotivasi diri memperoleh kemajuan.

Satu hal yang pasti dalam hidup, kendala bahkan kegagalan akan terus menemui kamu. Memberikan tuntutan pada diri sendiri sebagai seorang perfeksionis akan memperparah kemungkinan kamu diserang perasaan depresi serta kewalahan. Sadarilah bahwa kegagalan yang kamu hadapi saat ini tidak ada hubungannya karena kebetulan kamu mendapatkan nasib yang buruk. Kegagalan adalah hal yang lumrah dan bisa terjadi pada siapapun, dan percayalah kamu bisa bangkit dari itu. Terkadang hal itu bisa terjadi mungkin karena kekeliruan mengambil keputusan, atau mungkin karena lingkunagan yang tidak terkendali.

Berfokus pada tujuan akhir akan sangat membantu untuk memperlancar upaya memotivasi diri sediri. Sebagai manusia, terkadang sangat mudah mengetahui hal-hal yang kita inginkan serta hal-hal yang kita takutkan. Untuk meotivasi diri, langkah awal yang sebaiknya kamu lakukan adalah memikirkan tujuan akhir yang kamu inginkan, bukan ketakutan yang akan menghantuimu.


Saran lainnya