8 Makanan Khas Surabaya Yang Akan Memanjakan Lidah


Makanan Khas Surabaya – Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta dan dikenal sebagai Kota Pahlawan. Tidak begitu banyak tempat wisata yang menarik di Surabaya, tetapi makanan khas Surabaya sangat beragam yang dapat kita temukan di sepanjang jalan atau tempat-tempat kuliner Surabaya lainnya. Meskipun Surabaya tidak memiliki banyak wisata alam, tetapi Surabaya memiliki tempat wisata keren di daerah Kenjeran loh.

Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Surabaya juga memiliki makanan khas yang akan memanjakan lidah sahabat fispol. Selain di jual di pinggir jalan, makanan khas Surabaya juga bisa kamu temukan di mal-mal. Misalnya sahabat fispol habis main bowling di Kaza Mal Surabaya, nah sahabat fispol bisa menikmati berbagai makanan khas Surabaya yang tersdia di foodcourt sebelah tempat bowling tersebut.

Baca Juga : Makanan Khas Daerah Sumatra

Berikut beberapa makanan khas Surabaya yang sudah sangat terkenal dan dijamin akan memanjakan lidah sahabat fispol ;

1. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang banyak kita temukan di Surabaya. Rawon berupa sup daging yang memiliki kuah berwarna kehitaman karena menggunakan bumbu khas yaitu kluwek. Sebagai isi dari rawon menggunakan daging sapi yang telah dimasak terlebih dahulu dan kemudian dipotong kecil-kecil. Biasanya rawon disajikan dengan perpaduan tauge kecil, dan sangat nikmat disantap bersama nasi putih.

2. Rujak Cingur

Salah satu makanan khas Surabaya yang sangat disukai masyarakat yaitu rujak cingur. Tidak seperti rujak pada umumnya yang hanya menggunakan timun dan buah lainnya, rujak cingur ini dicampur dengan tahu, tempe, sayur-sayuran dan juga lontong. Penambahan bumbu petis menjadikan rujak cingur ini sangat gurih dan wajib untuk dicoba.

3. Nasi Bebek

Nah ini dia nih makanan kesukaan saya, makanan khas Surabaya nasi bebek,hehehehe. Nasi bebek tidak hanya ditemukan di Surabaya loh, diberbagai daerah lain seperti Jakarta juga banyak kita temukan. Makanan khas yang satu ini sangat menggugah selera, apalagi dengan sambelnya yang pedas gurih. Ada berbagai macam jenis sambel nasi bebek, jadi tiap warung nasi bebek berbeda-beda tingkat kepedasan sambelnya, tetapi semuanya sangat enak.

Baca Juga : Makanan Khas Indonesia Yang Sangat Populer

4. Sop Kikil

Makanan khas Surabaya yang satu ini tidak jauh berbeda dengan sop yang lain, hanya saja sop kikil ini khusus menggunakan kikil saja. Sop kikil ini sangat nikmat sekali dipadukan dengan nasi putih, apalagi jika masih panas, wah pokoknya rekomend banget deh.

5. Kupang Lontong

Kupang lontong juga merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang sangat terkenal, bahkan di kota lain seperti Jakarta juga dapat kita temukan. Kupang lontong ini berbahan dasar kupang (kerang laut berbentuk kecil) dan lontong, dengan menggunakan kuah petis. Makanan khas Surabaya yang satu ini pokoknya wajib dicoba deh jika berkunjung ke Surabaya. Kupang lontong akan lebih sempurna lagi jika sahabat fispol menyantapnya dengan perpaduan sate kerang.

6. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah lontong balap, selain dengan namanya yang unik, lontong balap memiliki citarasa yang khas. Lontong balap sangat gurih dan lezat dengan rasa tauconya, dan sambel petisnya juga menambah kelezatan makanan khas yang satu ini. Makanan khas Surabaya ini wajib dicoba ya sahabat fispol jika mampir di Surabaya, dijamin gak nyesal dengan kelezatannya.

7. Tahu Tek-Tek

Tek-tek-tek… begitulah bunyi penggorengan yang selalu dipukul-pukul oleh penjual tahu tek-tek. Dari situlah awal mula nama makanan khas yang satu ini. Mengiris tahu dan lontong menggunakan gunting menjadi ciri khas makanan khas ini. Tahu tek-tek ini sangat nikmat dan gurih loh sahabat fispol, makanya jangan lupa dicoba ya jika main ke Surabaya.

8. Nasi Goreng Jancuk

Makanan khas Surabaya terakhir yang wajib kamu coba adalah nasi goreng jancuk. Nasi goreng ini memiliki porsi yang besar dan ciri khas rasanya yang pedas. Makanan khas Surabaya ini sangat cocok buat sahabat fispol yang ingin makan rame-rame sama teman-teman, karena satu porsinya saja bisa untuk 4 orang loh, atau bahkan buat berlima.

Nah, itulah delapan makanan khas Surabaya yang akan memanjakan lidah sahabat fispol. Semoga bisa menjadi referensi kuliner saat berkunjung ke kota pahlawan, Surabaya.


Saran lainnya