Ini Dia 9 Makanan Khas Indonesia Yang Sangat Populer


9 Makanan Khas Indonesia – Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya, masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas, baik itu budaya, adat, hingga bahasa daerahnya. Tidak hanya itu saja, setiap daerah juga memiliki makanan yang khas, dan bahkan beberapa makanan daerah khas Indonesia sudah mendunia. Makanya tidak heran jika ada wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati kuliner khas Indonesia.

Karena begitu suburnya tanah Nusantara sehingga menumbuhkan berbagai bumbu rempah-rempah, dan perpaduan bumbu tersebut yang memberi ciri khas suatu makanan tiap daerah. Makanan khas tiap daerah di Indonesia memiliki aroma dan citarasa tersendiri, yang pastinya tidak kalah dengan makanan luar negri.

Baca Juga : Resep Masakan Kari Ayam Kentang

Berikut akan saya ulas beberapa makanan khas Indonesia yang sangat populer. Mungkin nama-nama makanan berikut sudah tidak asing di telinga sahabat fispol, karena memang sudah sangat populer. Kamu akan ketagihan jika mencoba 9 makanan khas berikut karena rasanya yang begitu enak serta aromanya yang khas.

1. Ayam Betutu – Bali

Ayam betutu merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Bali. Proses pembuatan ayam betutu cukup unik yakni dengan menggunakan satu ekor ayam yang utuh dan di dalamnya di isi dengan bumbu. Ayam betutu ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, sehinggga menjadikan daging ayam begitu lembut dengan bumbu yang meresap. Ayam betutu merupakan salah satu makanan favorit wisatawan asing yang berada di Bali.

2. Rendang – Padang

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan berasal dari Padang. Hampir semua rumah makan Padang menyajikan menu khas yang satu ini. Rendang sudah sangat terkenal di Indonesia dan bahkan sudah mendunia loh sahabat fispol. Perpaduan daging, santan, dan bumbu rempah-rempah Indonesia membuat rendang begitu enak dan nikmat. Untuk memasak rendang dibutuhkan waktu yang agak lama karena harus dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa.

3. Papeda – Irian Jaya

Nah, ini dia makanan khas Indonesia yang sangat rendah kolesterol, karena papeda ini terbuat dari tepung sagu. Papeda ini merupakan makanan khas Papua dan Maluku yang memiliki tekstur yang lengket seperti lem serta warna yang putih bening. Rasa papeda sendiri memang tawar, tetapi biasanya dinikmati dengan perpaduan ikan tongkol yang telah diberi bumbu kunyit, sehingga papeda terasa sangat lezat dan tentu sangat sehat,hehehehe.

Baca juga : Makanan Korea Yang Super Enak

4. Mie Kocok – Bandung

Salah satu makanan khas dari Bandung adalah mie kocok. Mie kocok sangat enak dengan rasa kaldu sapinya yang begitu khas. Makanan khas Indonesia yang satu ini dimasak menggunakan mie kuning dengan perpaduan kuah kaldu sapi. Dengan ditambahkan toge, kikil, serta bakso, mie kocok ini sangat lezat untuk disantap.

5. Pempek – Palembang

Makanan khas Indonesia selanjutnya yaitu pempek yang berasal dari Palembang. Sahabat fispol mungkin sering melihat makanan khas yang satu ini, karena tidak hanya ditemukan di Palembang saja, di semua daerah di Indonesia juga ada. Pempek ini berbahan dasar daging ikan yang telah digiling halus dan dipadukan dengan tepung kanji.

6. Gohu Ikan – Maluku

Gohu ikan adalah makanan khas dari Maluku Utara (Ternate) yang hampir sama bentuknya dengan makanan jepang yang disebut sashimi. Itu sebabnya gohu ikan dikenal orang sebagai Sashimi Ternate. Gohu ikan disajikan dengan potongan daging tuna segar dengan ditambahkan perasan lemon, kemangi, dan juga garam.

7. Gulai Belacan – Riau

Gulai belacan ini merupakan makanan khas dari Riau yang memiliki citarasa yang begitu lezat. Gulai belacan ini biasanya menggunakan udang atau ikan laut sebagai bahan dasar. Semakin terasa khas karena menggunakan bumbu terasi dan terkadang dicampur dengan petai.

8. Gudeg – Jogja

Makanan khas Indonesia lainnya yang berasal dari Yogyakarta adalah gudeg. Untuk membuat gudeg, menggunakan nangka muda yang dimasak menggunakan waktu yang cukup lama menggunakan santan kelapa. Gudek tidak pedas dan bahkan cenderung manis, dan akan semakin lezat jika dipadukan dengan sambel krecek dan ayam goreng.

Baca Juga : Berkarir di Bidang Seni Kuliner Sangat Menjanjikan

9. Tinutuan – Bubur Manado

Tinutuan juga disebut bubur Manado, yang merupakan makanan khas dari Manado. Menyantap bubur lain yang menggunakan bahan dasar dari beras mungkin sudah biasa, tapi tinutuan atau bubur manado memiliki ciri khas tersendiri. Bubur Manado ini dibuat dengan menggunakan ubi jalar atau singkong yang dicampur dengan berbagai sayuran.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan sudah populer. Sahabat fispol lebih suka yang dari daerah mana? Kalau saya sih suka semuanya, karena semuanya sangat enak dan lezat. Semoga tulisan saya ini dapat membantu sahabat fispol yang sedang mencari kuliner khas daerah Indonesia.


Saran lainnya