8 Makanan Khas Daerah Sumatra Yang Sangat Terkenal


Makanan Khas Sumatra – Sumatra sangat kaya akan pemandangan alam yang begitu indah dan bahkan beberapa tempat wisata di Sumatra sudah mendunia. Salah satu wisata alam Indonesia yang mendunia yang terdapat di Sumatra adalah Danau Toba, Tidak hanya wisata alam saja, makanan khas Sumatra juga salah satu daya tarik wisatawan. Makanan khas daerah Sumatra sangat terkenal karena memang benar-benar khas dan jarang ditemukan di daerah lain.

Buat sahabat fispol yang suka kuliner pastinya sudah tidak asing dengan berbagai makanan khas Indonesia yang terdapat di Sumatra ini. Beberapa wisatawan bahkan datang ke Sumatra hanya untuk menikmati makanan khas Sumatra. Ok, langsung saja ya sahabat fispol, ini dia 8 makanan khas Sumatra yang sangat terkenal ;

1. Pempek

Makanan khas Sumatra yang pertama yaitu pempek yang berasal dari Palembang, Sumatra Selatan. Sahabat fispol mungkin sering melihat makanan khas Sumatra yang satu ini, karena tidak hanya ditemukan di Palembang saja, di semua daerah di Indonesia juga ada. Pempek ini berbahan dasar daging ikan yang telah digiling halus dan dipadukan dengan tepung kanji.

2. Rendang Daging

Rendang adalah makanan khas Sumatra yang sangat terkenal dan berasal dari Padang, Sumatra Barat. Hampir semua rumah makan Padang menyajikan menu khas yang satu ini. Rendang sudah sangat terkenal di Indonesia dan bahkan sudah mendunia loh sahabat fispol. Perpaduan daging, santan, dan bumbu rempah-rempah Indonesia membuat rendang begitu enak dan nikmat. Untuk memasak rendang dibutuhkan waktu yang agak lama karena harus dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan kelapa.

Baca Juga : Resep Masakan Kari Ayam Kentang

3. Bika Ambon

Mungkin sahabat fispol berfikir kalau kue yang satu ini berasal dari Ambon karena namanya bika Ambon,hehehehe. Padahal bika Ambon adalah makanan khas Sumatra Utara, dan bahkan merupakan oleh-oleh yang wajib kamu beli jika berlibur ke kota Medan. Bika Ambon ini sangat lezat dengan teksturnya yang sangat lembut yang mampu memanjakan lidah.

4. Mie Aceh

Dari namanya saja sudah jelas kalau makanan khas Sumatra yang satu ini berasal dari Aceh. Di Sumatra dan bahkan di berbagai daerah di Indonesia, mie Aceh sudah dikenal oleh masyarakat. Sahabat fispol yang suka dengan pedas, wajib mencoba mie Aceh ini. Mie Aceh menggunakan mie kuning dengan kuahnya yang agak kental dan rasa pedasnya yang bikin ketagihan.

5. Mie Bangka

Kalau Aceh memiliki makanan khas seperti mie aceh, Bangka juga punya loh sahabat fispol, namanya mie bangka. Mie Bangka ini sekilas hampir sama dengan mie ayam biasa, tetapi mie Bangka memiliki ciri tersendiri dalam hal rasa.

6. Otak – Otak

Namanya otak-otak tapi bukan berarti bahan dasar pembuatannya dari otak ya sahabat fispol. Otak-otak ini terbuat dari daging ikan yang telah dihaluskan dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Karena penyajiannya dibakar dengan daun pisang, maka makanan khas dari Riau ini mengeluarkan aroma yang sangat sedap dan dapat menggugah selera.

Baca Juga : Makanan Korea Yang Super Enak

7. Gulai Belacan

Gulai belacan ini merupakan makanan khas dari Riau yang memiliki citarasa yang begitu lezat. Gulai belacan ini biasanya menggunakan udang atau ikan laut sebagai bahan dasar. Semakin terasa khas karena menggunakan bumbu terasi dan terkadang dicampur dengan petai.

8. Pendap

Pendap merupakan salah satu makanan khas Sumatra, yakni dari provinsi Bengkulu. Pendap ini biasanya menggunakan ikan kembung yang dibungkus dengan daun talas sehingga memiliki aroma yang khas yang dapat menggugah selera. Jika dilihat secara sekilas, pendap hampir sama dengan pepes ikan, tetapi pendap menngunakan daun talas.

Itulah beberapa makanan khas daerah Sumatra yang sangat terkenal, semoga dapat menjadi referensi buat sahabat fispol jika berlibur ke Sumatra.


Saran lainnya