Berikut Tips Olahraga Saat Puasa


Olahraga saat puasa – Puasa adalah suatu kewajiban ya bagi umat islam, namun olahraga juga diperlukan untuk memastikan tubuh kita tetap bugar. Banyak orang yang menghentikan aktivitas olahraga rutinnnya saat bulan puasa dengan alasan saat bulan puasa kita tidak memiliki cukup tenaga.

Ketika puasa tubuh akan banyak kekurangan energi untuk aktivitas namun tidak bisa menggantikannya. Karena saat puasa kita dilarang makan dan minum sejak terbit fajar sampai magrib datang dimana hampir lebih dari 13 jam.

Ada yang bilang olahraga saat bulan puasa tidak perlu namun ada juga yang bilang jika olahraga saat bulan puasa tetap perlu. Nah buat anda yang memang hobi berolahraga berikut fispol.com telah merangkum fakta olahraga saat puasa.

Tips Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa
Olahraga saat puasa

Waktu Olahraga

Karena terbiasa dengan oalhraga di pagi hari banyak dari kita yang berolahraga setelah sahur atau setelah shalat subuh karena saat puasa kita bisa bangun lebih awal. Tapi ternyata dikutip dari hellosehat ternyata saat puasa bukanlah waktu terbaik untuk berolahraga.

Hal ini disebabkan karena saat puasa perut kita sedang kosong dan jika banyak energi kita terbuang maka tidak dapat tergantikan. Jadi waktu tepat untuk berolahraga yaitu setelah berbuka puasa. Setelah berbuka puasa anda memiliki banyak energi setelah makan dan minum.

Namun bagi anda yang kesulitan membagi waktu olahraga setelah berbuka bisa memilih 30 – 60 menit sebelum berbuka untuk olahraga. Atau anda bisa menggunakan waktu ngabuburit dengan berolahraga. Bukan hanya sehat namun menghabiskan waktu ngabuburit dengan berolahraga juga bisa menghemat pengeluaran selama Ramadhan.

Berolahraga sebelum berbuka juga tidak perlu khawatir karena energi akan tergantikan dengan cepat saat berbuka.

Olahraga Yang Tepat Dilakukan Saat Puasa

Buat anda yang terbiasa berolahraga pastinya ada yang kurang ya kalau bulan puasa sebulan penuh tanpa berolahraga. Jika biasanya anda berolahraga apa saja sebelum puasa namun nampaknya saat puasa harus memilah – milah olahraga yang ingin dilakukan karena tidak semua olahraga kami rekomendasikan.

Pilihlah jenis olahraga yang tidak memerlukan banyak tenaga, pilihlah olahraga yang ringan hingga sedang. Jika tidak terbiasa olahraga intensitas tinggi jangan mencobanya karena bisa mengganggu saat puasa. Jangan terlalu memaksa tubuh untuk berolahraga jika tubuh tidak kuat berolahraga.

Asupan Makanan

Cara mengganti energi tubuh setelah lelah berpuasa yaitu dengan berbuka dan buat anda yang aktif ada baiknya pilih asupan makanan yang tepat dan berimbang seperti biasanya. Jangan mengurangi jatah makan, cukupi kebutuhan karbohidrat, vitamin, protein dan  serat agar tubuh tetap sehat.

Namun sebelum makan makanan berat berbukalah dengan yang manis seperti kurma agar kekurangan gula dalam tubuh terpenuhi. Sehingga tubuh bisa melakukan tugasnya dengan energi dari gula tersebut. Nah untuk referensi anda bisa mencoba berbagai rekomendasi menu berbuka.

Banyak Konsumsi Air Putih

Meskipun sedang puasa minum air putih tetap wajib ya 8 gelas sehari. Namun karena tidak diperbolahkan makan dan minum sepanjang hari anda hanya bisa minum mulai magrib sampai waktu sahur.

Nah karena waktunya yang berbeda pola minum juga berubah, saat puasa anda bisa menggunakan pola 2 – 4 – 2. 2 gelas saat buka, 4 gelas selama malam dan 2 gelas saat sahur.

Nah itu tadi tips olahraga saat puasa yang wajib anda ketahui. Berolahraga boleh – boleh saja ya, asal masih dalam tahap wajar. Tetap sehat selama berpuasa ya…


Saran lainnya