Buat Kamu Yang Kurus, Berikut Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa


Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa – Buat anda yang memiliki tubuh gemuk atau berisi, hadirnya bulan puasa menjadi rahmat tersendiri ya karena kita bisa beribadah sekaligus berdiet.

Namun buat orang yang memiliki tubuh kurus, kekurangan makan membuat sebagian orang khawatir jika tubuhnya tambah kurus dan merusak penampilan. Berkurangnya berat badan ketika puasa sangatlah wajar mengingat pola makan, jadwal makan kita berubah selama puasa.

Jika biasanya kita makan 3X sehari saat puasa kita hanya bisa makan 2X sehari, namun dengan aktivitas yang sama. Karena hal tersebut saat puasa tubuh yang kehilangan energi akan mengambil energi yang berasal dari lemak tubuh dan membuat tubuh kekurangan berat badan.

Nah buat anda yang sedang khawatir berat badan akan turun berikut fispol telah merangkum Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa yang bisa kalian lakukan.

Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa

Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa
Source : serumpi

Mengatur Porsi Makan Yang Tepat

Meskipun sedang berpuasa namun kebutuhan kalori harian setiap orang tetaplah sama. Tapi sayangnya saat puasa kalori yang kita makan berkurang namun aktivitasnya sama. Nah untuk mengakalinya anda harus mengkonsumsi kalori yang sama.

Namun jika anda kesulitan mengkonsumsinya karena hanya bisa makan 2X sehari anda bisa membagi jatah makan anda dalam sehari menjadi 3 bagian. Yaitu saat sahur, saat berbuka dan saat malam setelah shalat tarawih.

Jangan Tinggalkan Sahur

Makan 2x sehari saja sudah membuat berat badan anda berkurang bagaimana jadinya kalau anda melewatkan makan sahur. Banyak dari kita yang lebih memilih tidur dibandingkan sahur. Padahal hal ini membuat berat badan anda berkurang drastis karena kekurangan asupan energi.

Olahraga Rutin

Meskipun sedang berpuasa wajib hukumnya ya untuk tetap berolahraga. Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membuan toksin yang ada di dalam tubuh dan lain – lain.

Namun berolahraga saat puasa tidak sama dengan olahraga di hari biasa. Ada banyak hal yang wajib anda perhatikan mulai dari waktu yang tepat, asupan makanan dan jenis olahraga. Saat puasa tubuh akan lebih lemah jadi anda akan kesulitan berolahraga berat. Jadi ada baiknya anda membaca tips olahraga selama puasa yang telah kita ulas sebelumnya.

Pilih Makanan Yang Tepat

Waktu yang anda miliki untuk makan saat puasa sangatlah sedikit yaitu saat berbuka, malam hari setelah tarawih dan saat sahur. Jadi penting sekali memilih jenis makanan yang tepat, pilihlah makanan yang mencukupi kebutuhan tubuh mulai dari karbo, vitamin, protein.

Namun untuk anda yang memiliki tubuh kurus anda harus menambah jenis makanan yaitu makanan padat berkalori tinggi. Kalori tinggi membuat anda mudah mencerna makanan dan kebutuhan klari dalam tubuh terpenuhi. Anda pun bisa kenyang lebih lama.

Cukup Tidur

Saat puasa kita akan mengalami pola tidur yang berubah, dan seperti yang kita tahu kekurangan tidur bisa menyebabkan berkurangnya berat badan. Tidurlah tepat waktu, hindari begadang karena seperti kita tahu begadang dapat menyebabkan tidak lancarnya metabolisme tubuh dan menyebabkan banyak bahaya saat begadang.

Hindari Stress

Stress memang tidak bisa dilepaskan dari tubuh manusia ya, namun seperti yang kita tahu stress bisa menimbulkan banyak efek samping. Penting sekali tetap menjaga jiwa kita untuk selalu sehat, salah satu caranya yaitu tetap mengingat tuhan dan meluangakan waktu untuk istirahat jika perlu ambil cuti berlibur.

Nah itu tadi Cara Mencegah Badan Terlalu Kurus Selama Puasa yang bisa anda lakukan. Berkurangnya berat badan saat puasa adalah salah satu hal yang biasa, dan biasanya saat idul fitri anda akan mengalami penambahan berat badan karena makan yang tidak terkontrol.

Jadi anda tidak perlu khawatir berkurangnya berat badan jika masih dalam keadaan wajar dan batas normal indeks tubuh. Nah selain tips di atas, baca juga tips menjaga badan tetap ideal yang telah kami ulas sebelumnya.


Saran lainnya