Tips Menabung Bagi Pelajar Agar Cepat Kaya


Tips menabung bagi pelajar – Bukan hanya untuk orang berpenghasilan saja menabung bisa dilakukan siapa saja termasuk pelajar. Buat kalian yang ingin kebebasan finanasial tentunya harus melakukan action sedini mungkin mulai dari pelajar. Agar saat sudah lulus sekolah kalian punya modal sendiri untuk bertahan hidup dan mandiri.

Saat masih berstatus pelajar, kita akan mendapatkan uang jatah saku dan jajan setiap hari meskipun kita tidak bekerja. Namun karena belum memikirkan masa depan banyak dari kita yang menghabiskan uang jajan untuk memenuhi lifestyle. Dan rasanya akan sia – sia jika kita menghabiskan uang yang diberikan orang tua begitu saja.

Karena meskipun jumlahnya sedikit jika dikumpulkan akan menjadi banyak dan bisa digunakan untuk hal – hal lainnya. Namun karena ada banyak godaan selama di sekolah banyak kita yang kesulitan menyimpan uang. Nah berikut tips menabung bagi pelajar agar cepat kaya yang bisa kita lakukan.

Tips Menabung Bagi Pelajar

Tips Menabung Bagi Pelajar
Tips Menabung Bagi Pelajar

Siapkan Tempat Menabung

Jika ingin menabung hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan tempat menabung, ada banyak tempat yang bisa kalian pilih. Misalnya tabungan celengan biasa yang terbuat dari plastik, tanah liat atau DIY.

Selain manual kalian juga bisa memilih tempat tabungan di bank – bank yang ada di Indonesia atau tabungan saham yang sedang trend sekarang ini. Jika nominal yang ditabung masih kecil kalian bisa memilih tabungan biasa dan jika sudah terkumpul banyak kalian bisa memindahkannnya ke rekening tabungan atau menabung saham.

Konsisten

Konsisten ini sangatlah perlu karena banyak dari kita yang hanya semangat menabung di depan dan lama – kelamaan malas menabung karena berbagai alasan. Jadi penting sekali menerapkan konsisten ini dlaam menabung.

Jika kesulitan konsisten anda bisa menabung uang jajan kalian sebelum sekolah di dalam tabungan setiap hari. Cara ini efektif untuk kalian yang doyan jajan, dengan begini kamu bisa memangaement keuangan. Bisa mengatur uang jajan dan uang untuk tabungan.

Tentukan Nominal

Konsisten sudah, kini kita harus menentukan nominal yang kan kita tabung setiap harinya. Setelah menentukan kalian bisa langsung menerapkannnya. Jangan pernah mengurangi jumlah nominal yang disepakati sebelumnya.

Namun jika memiliki jumlah lebih kalian bisa memasukan ke dalam tabungan tersebut sebagai tambahan.

Alihkan Tabungan Ke Rekening

Seperti yang kita singgung di atas, jika tabungan yang kita miliki sudah bnayak alihkan tabungan manual menjadi tabungan rekening. Alasannya sederhana, saat tabungan bnayak akan banyak resiko yang kalian hadapi seperti resiko kehilangan dan resiko tabungan tidak muat lagi.

Jika ingin memindahkan tabungan biasa ke tabungan rekening, pilihlah jenis tabungan yang tidak dikenai pajak. Tabungan yang tidak dikenai pajak biasanya juga tidak akan dikenai bunga jadi uang kalian  tetap utuh.

Contoh tabungan pajak 0% yaitu BRI pelajar, BCA pelajar, BPR dan masih banyak tabungan lainnya.

Alihkan Tabungan Ke Investasi

Investasi sedini mungkin tidak ada salahnya ya sahabat fispol, hal ini malah akan mengajari anak berinvestasi sedini mungkin. Sehingga anak siap mental berbisnis dan berinvestasi di usia muda yang akan berpengaruh positif kedepannnya.

Jika uang tabungan sudah banyak dan kalian ingin mengembangkannnya bisa memilih menginvestasikannnya daripada menabung ke rekening. Menbaung direkening bank pelajar tidak akan menambah uang namun berinvetasi akan menambah uang yang kalian miliki.

Namun perlu diingat investasi juga memiliki resiko jadi pentig sekali bisa memilih investasi yang tepat. Seperti investasi emas batangan, investasi saham online, investasi emas online, investasi P2P lending.

Nah itu tadi tips menabung bagi pelajar yang bisa anda lakukan, jangan boros ya karena tabungan yang kalian kumpulkan bisa jadi modal anda ketika lulus sekolah. Dan membantu anda dalam masa sulit karena bisa dijadikan dana darurat. Selamat menabung.


Saran lainnya