Stop Nikah Muda, Berikut Bahaya Pernikahan Usia Dini


Bahaya Pernikahan Usia Dini – Pernikahan dini memang sedang gencar terjadi ya di masyarakat kita, lama tidak terdengar namun kabar viral akhir – akhir ini membuat kita sadar jika praktik pernikahan dini masih banyak terjadi di masyarakat.

Meskipun dari pemerintah sendiri pernikahan dini sudah dilarang namun masih saja banyak anak – anak yang menikah. Bahkan terkadang banyak dari mereka yang terpaksa menikah , bukan karena keinginannya sendiri.

bahaya pernikahan dini
Source : klikkalsesl.com

Faktor Pemicu Pernikahan Dini

Ada bnayak faktor pemicu yang memaksa anak melakukan pernikahan dini, seperti :

  • Tradisi

Jika kalian melihat film India dan ada cerita dimana anak – anak dinikahkan meskipun mereka masih kecil itu adalah benar. Ada beberapa bagian di negara India yang masih menerapkan tradisi ini meskipun dari pemerintah sudah melarang dan menganggap pernikahan ini sebagai pernikahan Ilegal.

Dan sayangnya masih ada banyak orang yang tidak sadar dan melakukan tradisi yang satu ini. Meskipun tidak semua pernikahan anak – anak berakhir tidak baik namun tidak sedikit juga pernikahan anak – anak yang menghasilkan derita di anak – anak karena haknya sebagai anak – anak diambil.

  • Ekonomi

Banyak orang yang menikah pada usia muda karena faktor ekonomi, himpitan ekonomi yang sulit terkadang memaksa orang tua cepat – cepat menikahkan anknya agar tidak menjadi tanggungan keluarga. Tapi bukan dari orang tua saja, ada juga anak – anak yang benar – benar menginginkan pernikahan ini karena faktor tersebut.

  • Kurangnya Pendidikan

Kurangnya pendidikan membuat sebagai orang tidak bisa berpikir jauh, mereka hanya melihat apa yang terjadi sekarang tidak yang terjadi di masa depan. Banyak korban pernikahan dini yang tidak memiliki pengalama dan bayangan jauh ke depan .

Mereka pikir pernikahan akan memudahkan segalanya, mereka tidak tahu resiko apa yang mereka dapatkan kedepannnya setelah pernikahan.

  • Perjododohan

Bnayak juga yang menikah dini karena perjododohan, perjodohan memang masih banyak terjadi di Indonesia. Meskipun banyak wanita yang menolak namuan tidak sedikit pula yang menerima perjodohan tersebut.

  • Ikuti Trend

Meskipun jarang namuan pernikahan bisa mejadi trend di masyarakat, banyak orang yang menikah karena hanya ingin ikut – ikutan untuk dibailang hitz. Padahal cara untuk hitz bukan semudah itu, dengan prestasi dan kesuksesan tanpa di beritakan anda akan hitz sendiri.

Bahaya Pernikahan Usia Dini

Setelah kita mengetahui faktor – faktornya pastinya kita harus tahu bahayanya bagi sang anak. Jangan sampai kita sebagai orang tua mengorbankan kebahagiaan, kesehatan dan psikologis sang anak hanya untuk kepentingan kita sendiri.

Rentan KDRT ( Kekerasan Dalam Rumah Tangga )

Dikutip dari kompas.com pelaku pernikahan dini cenderung mengalami KDRT, yaitu 44% dalam KDRT tingkat tinggi dan sisanya 56% mengalami KDRT tingkat rendah. Hal ini karena belum sipnya kedua pasangan untuk hidup berumah tangga.

Resiko Meninggal Pada Perempuan

Resiko meninggal ini disebabkan karena organ reproduksi sang wanita belum siap untuk dibuahi,hamil dan melahirkan sehingga meningkatkan resiko bayi lahir prematur hingga meninggalnya sang ibu bayi.

Menurut riset anak umur 10 – 14 tahun yang menikah akan 5X lebih besar beresiko meninggal dibandingkan perempuan yang hamil di usia 20 – 25. Sedangkan untuk pernikahan usia 14 – 19 tahun beresiko 2X lipat dibandingkan yang hamil di usia 20 -25. Bagaimana masih berminat menikahkan anak di usia dini ?

Terputusnya Akses Pendidikan

Sebagian lembaga pendidikan memperbolehkan siswanya melanjutkan pendidikan meskipun sudah menikah. Namun banyak juga lembaga pendidikan yang tidak memperbolehkan siswanya melanjutkan pendidikan.

Meskipun ada yang memperbolehkan, namun sebagian besar korban pernikahan dini tidak akan melanjutkan pendidikannnya. Ada banyak hal yang mendasari seperti di larang orang tua, dilarang mertua, dilarang suami, harus mengurusi anak atau karena malu di sekolah.

Hal inilah yang membuat korban pernikahan dini enggan melanjutkan sekolah. Kejadian ini perlu penangan khusus dan dukungan dari keluarga. Jangan sampai anak – anak kita kehilangan masa bermain, masa belajar hanya untuk melakukan hal yang berseiko besar pada dirinya.

Nah itu tadi Bahaya Pernikahan Usia Dini yang wajib kita waspadai bukan hanya dari segi fisik tapi pernikahan dini juga berdampak serius pada psikologis sang anak yang terganggu, baca juga tips menjaga psikologis tetap sehat.


Saran lainnya