Cara Menjaga Mental Dan Psikologis Tetap Sehat


Kesehatan bukan hanya soal tubuh, tapi menyangkut mental dan psikologis seseorang, biasanya orang – orang hanya memikirkan soal kesehatan tubuh dan mengacuhkan kesehatan mental dimana hal tersebut sama pentingnya dengan kesehatan tubuh.

Sebenarnya kesehatan mental seseorang bisa dengan jelas diketahui oleh pemilik tubuh itu sendiri namun banyak dari mereka yang mengacuhkannya.

Padahal mental juga perlu kita kelola agar terhindar dari penyakit – penyakit mental yang nantinya bisa menyerang kita.

Nah buat pembaca setia fispol.com berikut kami akan memberikan tips bagaimana cara menjaga mental dan psikologis tetap sehat.

Cara Menjaga Mental Dan Psikologis sehat

mental dan psikologis
mental dan psikologis

Tidak Membawa Pekerjaan Ke Rumah Dan Sebaliknya

Seringkali karena dead line atau sibuk membuat seseorang terpaksa membawa pekerjaan ke rumah yang membuat waktu yang harusnya dihabiskan bersama keluarga berkurang.

Begitu juga sebaliknya sering membawa permasalah keluarga ke pekerjaan membuat seseorang tercap tidak profesional di tempat kerja yang nantinya akan membawa efek buruk pada diri dan juga karir anda.

Meskipun tanpa kita sadari, kedua hal ini dapat meningkatkan tingkat stress pada diri anda karena entah di rumah atau di tempat kerja anda akan selalu merasa tertekan.

Jangan Bekerja di Hari Libur

Satu lagi kesalahan kita dalam berkerja adalah mengambil lembur atau mengerjakan pekerjaan kantor di saat libur.

Hari libur harusnya menjadi menjadi hari bagi kita untuk beristirahat baik mengistirahatkan tubuh dari aktivitas fisik sehari – hari, mental dan psikologis.

Dengan tetap melakukan pekerjaan di hari libur membuat waktu libur tidak berkualitas dan keesokan harinya dimana anda harusnya lebih segar menjadi loyo karena nada telah bekerja keras terlebih dahulu.

Utarakan Keluh Kesah Anda

Meskipun kita tidak di sarankan membeberkan rahasia kepada orang lain, namun ada baiknya anda membagikan masalah yang anda hadapi dengan orang – orang kepercayaan yang ada di sekitar anda.

Karena dengan memendam masalah anda sendiri akan membuat diri dan mental anda terus tertekan sehingga berangsur – angsur tubuh anda juga akan mengalami drop.

Selain itu dengan membagi masalah dengan orang lain juga dapatvmeringankan sedikit beban dan bukannya tudak mungkin saran mereka bisa menjadi solusi dari masalah anda meskipun anda juga harus memilah – milah mana saran yang benar dan salah.

Berkomunikasi Dengan Tuhan

Ada banyak cara berkomunikasi dengan Tuhan sesuai dengan agama dan keyakinan masing – masing namun pernahkan kalian melakukannya ?

Tuhan setiap manusia memberikan cara masing – masing dalam berkomunikasi, dengan berkomunikasi dengan- Nya anda bisa melepaskan segala beban dan juga mendapatkan kekuatan rohani yang akan menguatkan hidup anda.

Olahraga Cukup

Olahraga selain menyehatkan tubuh juga menyehatkan mental, dengan berolah raga anda bisa melepaskan tekanan, strees dan juga racun – racun di tubuh.

Lakukanlah olahraga dengan rutin setiap seminggu sekali dan rasakan manfaat yang anda dapatkan dalam 1 bulan, selain tubuh lebih segar mental anda juga terhidar dari stress.

Jangan Lupa Liburan, Hidup Bukan Sekedar Bekerja

Bagi anda pekerja holic, jangan lupa mengambil cuti untuk liburan anda, bekerja terus menerus memang akan memberikan nilai positif di perusahaan namun jika hal tersebut tidak diimbangi dengan liburan maka lama kelamaan tubuh dan fisik anda juga akan drop.

Liburan bukan masalah menghamburkan uang atau waktu tapi liburan juga bisa membuat anda lebih produktif lagi karena otak anda kan refresh sehingga mudah berpikir.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Surabaya Yang Wajib Dikunjungi dan Tempat hitz Malang di tahun 2017

Kelola Emosi

Gampang marah ? eitsss nanti cepat tua lohhhhhhhh…. haaaaaa

Yaps… kesehatan mental dan psikologis berpengaruh langsung dengan kesehatan tubuh, jika kesehatan mental terganggu maka kesehatan tubuh juga akan terganggu dan salah satu cara untuk menjaga ,kesehatan mental adalah dengan cara kelola emosi.

Jangan marah – marah tidak jelas, karena marah – marah juga akan membuat mental anda terganggu selain itu marah – marah juga akan membuat nilai anda berkurang di mata masyarakat, Urusilah hal – hal yang penting dalam hidup anda dan hindari kegiatan tidak bermanfaat yang akan menyita tenaga dan pikiran.

Nah itu tadi cara menjaga mental dan psikologis tetap sehat yang bisa anda terapkan dalam hidup, selamat mencoba.

 

 


Saran lainnya