Bisnis Waralaba, Kelebihan Dan Juga Alasan Mengapa Bisnis Waralaba Yang Anda Miliki Tidak Berkembang


bisnis waralaba – Membangun bisnis memang tidak mudah, kita harus pandai – pandai dalam membangunnya salah perhitungan dan cara promosi bisa menyebabkan kegagalan dalam berbisnis sehingga banyak para pebisnis muda yang menggunakan cara instant yaitu dengan berbisnis waralaba atau frinchisee.

Sehingga tidak heran jika banyak bertebaran franchisee dimana – mana, baik franchisee makanan, minuman maupun jasa seperti loundry.

bisnis waralaba
bisnis waralaba

Definisi Waralaba

Waralaba adalah hak – hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan, atau perikatan suatu pihak pemilik hak ( nama, brand, resep dan lain –lain ) dengan pihak lain dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kelebihan Memilih Bisnis Waralaba / Frinchisee

Bukan tanpa alasan banyak orang yang memilih bisnis waralaba atau frinchisee, karena da banyak kelebihan yang kita dapatkan dengan memilih jenis usaha ini terlebih lagi bagi pebisnis pemula.

  • Bisnis Waralaba sudah memiliki nama yang cukup terkenal sehingga anda memberi kemudahan anda dalam mempromosikan produk.
  • Untuk waralaba makanan dan minuman dipastikan tidak akan mengalami kegagalan saat membuatkan produk untuk konsumen karena produk waralaba sudah diuji oleh pemilik waralaba.
  • Saat anda join bisnis waralaba anda sudah mendapatkan berbagai peralatan dan resep usaha sehingga lebih hemat dan anda tidak perlu repot – repot membeli satu persatu alat usaha.

Alasan Mengapa Bisnis Waralaba Tidak Berkembang

Dengan mengandalkan bisnis waralaba banyak para wirausahawan muda atau pemula yang bermimpi untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak – banyaknya. Memang ada sebagian orang yang mendapatkan banyak keuntungan dari usaha waralaba namun tidak sedikit pula yang kehabisan modal dan gulung tikar.

Dengan resep yang sudah tersedia dan juga brand yang telah banyak dikenal masyarakat seharusnya bisa memudahkan para pebisnis dalam menjalankan usahanya namun ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Berikut alasan mengapa bisnis waralaba yang anda jalankan tidak berkembang atau bangkrut :

Lokasi Tidak Strategis

Lokasi adalah hal utama dan paling penting yang seharusnya anda pertimbangkan dalam memulai bisnis atau usaha baik usaha rumahan maupun usaha sampingan. Sehebat apapun dan sebaik apapun produk yang anda miliki namun lokasi yang tidak mendukung tidak akan membuat bisnis anda berkembang.

Pilihlah lokasi strategis dimana mudah diakses oleh masyarakat dan juga memiliki prospek yang bagus.

Tidak Mengandalkan Nama franchisee

Banyak dari para franchiser yang mengandalkan nama besar waralabanya sehingga tidak melakukan promosi padahal nama besar tersebut tidak memiliki banyak peranan.

Sehingga peran promosi sangatlah penting agar produk yang anda kenalkan dikenal dan diterima masyarakat. Bukan hanya promosi, pengembangan bisnis juga perlu dengan melakukan inovasi yang lebih baik untuk bisnis anda.

Memilih Jenis Waralaba Yang Tepat

Pemilihan waralaba juga penting, untuk anda pebisnis pemula ada baiknya memilih jenis waralaba yang tidak membutuhkan banyak modal, terpercaya dan memiliki prospek yang bagus sesuai dengan kemampuan dan lokasi usaha.

Karena tidak semua bisnis bisa diterima oleh masyarakat sekitar, jadi kita harus pintar – pintar memilih jenis usaha.

Management Keuangan

Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh setia wairausahawan adalah management keuangan, selaris dan sukses apapun usaha anda tanpa diimbangi dengan mangement keuangan yang baik bisa membuat bisnis anda bangkrut.

Sebagai pemilik anda harus bisa menentukan berapa gaji karyawan anda, berapa gaji yang anda dapatkan sebagai pemilik bisnis dan berapa uang yang harus anda sisihkan setiap bulannya untuk belanja kebutuhan bisnis.

Dan hal penting yang tidak banyak dilakukan pebisnis adalah menyisihkan sedikit keuntungannya untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki sehingga bisnis yang mereka miliki stagnan tidak berkembang.

Nah itu tadi bisnis waralaba, kelebihan dan juga alasan mengapa bisnis waralaba yang anda miliki tidak berkembang. Anda tertarik berwaralaba ? mengapa tidak , ayo berbisnis dan berwaralaba sekarang. Meskipun tidak mudah, tidak ada yang tidak mungkin jika kita maua berjuang karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha.


Saran lainnya