Cara Klaim Atau Mencaikan BPJS Ketenagakerjaan, Dijamin Langsung Cair


BPJS Ketenagakerjaan – Setiap perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya menjadi anggota dari BPJS baik BPJS kesehatan yang bisa melindungi diri pekerja dari kecelakaan kerja dan juga penyakit lainnya dan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dijadikan tabungan sang karyawan jika suatu hari nanti sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Setelah perusahaan mendaftarkan karyawan sebagai anggota dari BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulunya bernama jamsostek maka karyawan tersebut harus membayar iuran bulanan sesuai dengan peraruran pemerintah yang telah ditentukan dan bagi perusahaan wajib memberikan iuran tambahan setiap bulannya sesuai dengan peratura pemerintah.

Namun karena terkendalanya informasi banyak orang terlebih para pekerja baru yang tidak tahu manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, nah buat anda yang belum tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan dan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan berikut fispol.com memberikn informasinya pada anda.

bpjs ketenagakerjaan
bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu wadah yang mengurusi masalah ketenagakerjaan khususnya jaminan hari tua ( JHT ).

Dengan mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan maka anda wajib membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku, selain anda perusahaan tempat ana bekerja juga harus menyetorkan iuran sesuai dengan peraturan.

Dan dana yang terkumpul tersebut nantinya bisa di jadikan tabungan di hari tua di saat karyawan sudah tidak bisa bekerja lagi, mengalami musibah kerja atau meninggal sehingga tidak bekerja lagi.

Dan BPJS Ketenagakerjaan sudah menjadi hal yang wajib yang harus ada di setiap perusahaan.

 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Di jaman dulu bagi anggota BPJS Ketenagakerjaan setiap periode tertentu akan mendapatkan surat dari BPJS Ketenagakerjaan yang berisi rincian saldo yang terkumpul atau anda juga bisa langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Namun di era digital seperti sekarang ini, pengecekan saldo bisa dilakukan melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa di download di Play store dan di Instal di smartphone anda.

Cara Instal Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

  • Masuk ke playstore.
  • Kemudian tulis di tombol pencarian BPJS Ketenagakerjaan, kemudian search.
  • Setelah menemukan aplikasi tersebut klik pasang dan tunggu aplikasi terdownload dan terpasang.
  • Setelah terpasang, isi menu regristrasi yang muncul dan gunakan data valid di KTP untuk regristrasi begitu jyga dengan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah regristrasi berhasil anda bisa melakukan cek saldo dengan memasukan nomor kepesertaan dan juga pin yang anda dapatkan saat regristrasi.
  • Dan saldo JHT anda akan terlihat dengan jelas dan transparan sehingga jika anda kesalahan pembayaran setiap bulannya bisa langsung anda koreksi.

 

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mencairkan BPJS ada 2 opsi yang harus anda pilih yaitu mencairkan sebagian sebesar 10% dari saldo JHT atau mencairkan seluruh saldo JHT, bagi yang sudah tidak lagi bekerja.

Saldo JHT yang dicairkan 10% saja biasanya harus memiliki masa kepesertaan minimal 10 tahun, dan sisanya bisa diambil saat anda sudah tidak bekerja lagi.

Jika anda sudah menentukan pilihan dari kedua opsi di atas, anda harus melengkapi berkas – berkas berikut ini.

Dokumen Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

  • Fotokopi KTP + KTP Asli
  • Fotokopi KK + KK Asli
  • Fotokopi Kartu BPJS + Kartu BPJS Asli
  • Fotokopi Buku Tabungan atas nama sendiri + Buku Tabungan Asli ( Pengklaiman saldo hanya akan menggunakan tabungan dari BRI )
  • Fotokopi Surat keterangan bekerja dari perusahaan + Surat Keteranagn Asli
  • Fotokopi Surat Keterangan dari Disnaker + Surat keterangan Asli

Setelah dokumen – dokumen yang diperlukan lengkap anda bisa langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Ada satpam jika anda kesulitan atau tidak tahu prosedur pengurusan, biasanya anda harus mengantri untuk bisa mengurus dokumen tersebut dan juga ada formulir yang harus anda isi saat ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan.

Jika dokumen tidak ada masalah dan diterima maka saldo BPJS Ketenagakerjaan anda bisa cair dalam waktu 3 – 7 hari.

Tenang, jika jaman dulu pencairan BPJS Ketenagakerjaan terbilang ribet namun di era teknologi seperti sekarang ini klaim saldo Ketenagakerjaan bisa juga dilakukan secara online melalui situs dan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

 


Saran lainnya