Arti Kode di Bawah Botol Plastik Yang Jarang Kita Ketahui


Arti kode – Penggunaan plastik memang semakin meningkat setiap tahunnya sehingga membuat sampah menumpuk, ada beberapa plastik yang bisa didaur ulang namun ada juga plastik yang tidak bisa di daur ulang sehingga menimbulkan masalah baru di lingkungan.

Plastik yang di daur ulang biasanya akan dilebur kemudian dijadikan wadah lain yang bisa digunakan kembali seperti botol air mineral, setiap harinya pemulung akan mengmbil sampah botol kemudian di jual ke pengepul dan pengepul akan menjual ke pabrik dan pabrik akan mendaur ulang menjadi barang yang bisa digunakan lagi.

Namun tahukah anda jika ada di botol plastik atau tempat wadah plasttik terdapat kode yang menunjukan berapa kali barang tersebut boleh digunakan yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Nah ayo mulai sadari jenis – jenis dan arti kode botol ini agar kita tidak salah penggunaanya.

arti kode
arti kode

Jenis – jenis Dan Arti Kode di Bawah Botol Plastik

 

Kode 1 PET

Kode dengan simbol recycle di dalamnya ada nomor 1 berarti barang tersebut merupakan barang daur ulang dimana hanya boleh digunakan 1 kali dan setelah digunakan harus dibuang, tidak boleh digunakan berkali – kali karena zat kimia yang ada di dalamnya bisa mengkontaminasi makanan.

Kode ini biasanya digunakan di botol – botol air mineral sekali minum yang beredar di masyarakat dan untuk menghindari penggunaanya kembali bahkan beberapa produsen plastik membuat botol yang mudah diremas atau dihancurkan untuk memeberikan kesadaran pada masyarakat.

Kode 2 HDPE

Kode yang satu ini banyak digunakan pada botol – botol plastik produk seperti botol shampoo, botol sabun, hand body lotion, botol minyak goreng dan lain – lain.

Botol – botol berjenis ini aman digunakan untuk makanan karena berbahan HDPE atau High Density Polyethylene, namun ada baiknya anda tidak menggunakan botol yang bukan untuk makanan sebelumnya, atau lebih amannya anda bisa menggunakan plastik dengan kode 5.

Kode 3 PVC

Kode 3 PVC biasanya berada di barang plastik seperti paralon karena PVC sendiri berarti polyvinyl chloride yaitu bahan pembuatan pipa.

Bahan PVC tidak dianjurkan digunakan untuk bahan pembuatan wadah makanan atau minuman karena dapat mengganggu sistem pencernaan apabila termakan atau tertelan.

Sehinggan PVC hnay digunakan untuk bahan baku peralatan bangunan seperti paralon, pipa, ubin dan lain – lain.

Kode 4 LDPE

LDPE singkatan dari Low Density Polyethylene, dan kode 4 LDPE biasanya tercantum di plastik – plastik makanan atau minuman, jenis plastik yang me iliki kode seperti ini sangat baik untuk makanan dan aman,.

Namun ada baiknya kita tidak menggunakan plastik ini terlalu banyak karena meskipun sehat, plastik tersebut mencemari lingkungan karena tidak mudah hancur dengan tanah dan sulit di daur ulang.

Kode 5 PP

Arti kode 5 PP ini berarti jenis plastik ke 5 yang terbuat dari polypropylene, polypropylene sendiri adalah bahan plastik yang aman untuk dijadikan wadah makan atau minuman.

Karena plastik dengan kode ini aman dan tahan dengan suhu panans yang dihasilkan makanan dan tidka mengkontaminasinya.

Kode ini banyak berada di gelas plastik, tupperware, korak makan, botol saos dan lain – lain.

Jadi pastikan anda membeli wadah makanan dari bahan plastik dengan kode 5 PP.

Kode 6 PS

Kode 6 PS diberikan pada jenis plastik nomer 6 yang terbuat dari PS atau polystyrene atau yang lebih dikenal dengan styrofoam.

Penggunaan styrofoam memang sedang marak akhir – akhir ini, meskipun dari segi kesehatan tidak terjain namun karena kepraktisannya banyak perusahaan makanan yang menggunakannya.

Selain sebagai kotak makanan, kode yang satu ini bisa di temukan di pembungkus daging, sayur, kopi yang ada di supermarket kebutuhan sehari – hari.

Namun ada baiknya kita menguragi penggunaan plastik jenis ini karena dapat mencemari lingkungan.

Kode 7 Other

Sedangkan kode 7 other diberikan untuk barang – barang yang tidak tersebut di atas, seperti botol air mineral olahraga, botol susu bayi, ipod case, peralatan rumah tangga dan lain – lain yang menggunakan bahan polycarbonate dalam pembuatannya.

Nah itu tadi jenis – jenis dan arti kode di bawah botol plastik yang harus anda ketahui, gunakanlah wadah yang safety agar makanan tidak terkontaminasi dengan zat – zat berbahaya dari plastik.


Saran lainnya