Cara Menangani Kerabat atau orang terdekat Yang Berpotensi Bunuh Diri


Kasus bunuh diri memang marak terjadi di kehidupan masyarakat, tidak menuntut kemungkinan orang di sekitar anda yang mengalaminya. Bunuh diri biasanya dilakukan nsecara diam – diam dan tersembunyi bahkan banyak dari kita yang tidak tahu jika orang tersebut memiliki keingann bunuh diri.

Padahal jika kita mengetahui ciri – ciri orang yang memiliki keinginan bunuh diri kita bisa mencegahnya dan menyelamatkan nyawanya, jadi ada baiknya anda mengetahui dan lebih aware dengan orang disekitar kita.

Ada banyak pemicu yang bisa jadi penyebab orang yang ingin melakukan bunuh diri seperti masalah ekonomi, masalah sosial, bullying, dan juga masalah kejiwaan. Baca Ciri – ciri orang yang memiliki Keinginan bunuh diri untuk mengetahuinya.

Nah jika keluarga atau orang di sekitar anda memiliki ciri – ciri dan faktor pemicu di atas, ada baiknya anda berusaha mencegah aksi tersebut perlahan – lahan, berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah aksi bunuh diri kerabat atau orang terdekat anda bunuh diri.

Cara Menangani Kerabat atau orang terdekat Yang Berpotensi Bunuh Diri

bunuh diri
Menjadi sandarannya adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Potensi Bunuh diri.

Konsultasi Ke Psikiater

Hal utama yang bisa anda lakukan jika mengetahui kerabat atau orang di sekitar kita yang memiliki keinginan bunuh diri adalah membawanya ke psikiater. Jika jaman dulu psikiater identik dengan tempat untuk orang sakit jiwa namun seiring dengan perkembangan jaman orang – orang mulai sadar jika psikiater bukanlah tempat untuk orang sakit jiwa namun  tempat untuk kita berkonsultasi.

Denagn memnbawanya ke psikiater maka dokter bisa memberi tahu anda masalah yang sedang dihadapinya dan juga cara penyelesaiannya.

Mendengarkan Keluh Kesahnya

Meskipun orang yang memiliki keinginan bunuh diri suka menjauhkan diri dari lingkungan namun ada kalanya orang tersebut akan mengutarakan semua masalah dan keluh kesahnya kepada orang terdekat.

Dan pastikan anda selalu ada dan mendengarkan semua ceritanya agar dia memiliki tempat untuk bersandar, jangan mengjudge atau berkomentar buruk, yang perlu anda lakukan adalah mendengarkan, menghargai dan memberinya solusi atau semangat untuk masalahnya.

Mengajaknya Refreshing dan Menikmati Quality time Dengan Orang Terdekat

Salh satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangu beban pikiran orang yang memiliki keinginann bunuh diri adalah mengajaknya berlibur, mengajaknya berlibur dan menikmati alam secara tidak langsung akan mengurangi beban yang di rasakan.

Dan mengajaknya menikmati quality time bersama keluarga akan mengungatkannya kembali dengan kehangatan dan juga orang – orang yang menyanyanginya.

Selalu Menyapa Dan Berikan Semangat

Meskipun sepele namun nyatanya menyapa bisa memberi kedekatan tersendiri dengan seseorang, jangan lupa untuk menyapa dan menanyakan kaba pada orang di sekitar anda meskipun orang tersebut tidak terlalu memperhatikan anda.

Hanya dengan menyapa, menanyakan kabar dan memberikans emangat kecil pada orang lain anda akan berarti bagi orang lain terlebih bagi orang yang tengah depresi. Anda akan membawa angin segar dan dia akan merasa diperhatikan dengan anda melakukan hal tersebut.

Jauhkan Dari Tempat Dan Barang – Barang Berbahaya

Setelah mengetahui orang tersebut ingin melakukan bunuh diri, ada baiknya anda selalu mengawasi segala gerak geriknya dan juga menjuhkan semua bahan – bahan , alat atau obat – obatan berbahaya dari rumahnya.

Karena dalam kondisi depresi seperti ini, orang tersebut bisa saja berpikiran negatif dalam spontan dan menggunakan barang – barang seadanya untuk melakukan aksinya.

Jadilah Pendengar Dan Jangan Judge Dia

Meskipun anda orang terdekatnya bukan berarti anda adalah Tuhan baginya, anda hanyalah orang di sekitar yang ingin membantunya jadi ada baiknya anda menjadi pendengar yang baik akan semua masalah yang tengah dihadapinya.

Jangan mengjudge atau berkata hal yang akan melukai hatinya karea hal tersebut akan menambah parah kondisi kejiwaanya.

Jangan Biarkan Dia Menyendiri Terlalu lama

Orang yang memiliki keinginan bunuh diri akan menyendiri dan menyauhkan diri dari lingkungan, dan kegiatan ini akan menjadi kebiasaan dan kegemarannya jika dilakukn secara terus menerus. Jadi ada baiknya anda mulai merangsang orang tersebut untuk bergerak, bersosialisasi dan menikmati waktu bersama dengan orang – orang terdekat.

Nah itu tadi Cara Menangani Kerabat atau orang terdekat Yang Berpotensi Bunuh Diri,  meskipun kita tidak bisa mengawasi 24 jam penuh namun dengan menjadi teman berbagi, selalu ada untuknya dan melakukan hal – hal di atas kita bisa mengurangi sedikit beban mereka dan membuatnya berpikir lagi untuk melakukan aksinya.

“Bunuh diri bukanlah akhir dari segalanya namun bunuh diri adalah awal dari dari kehancuran dan derita  anda”


Saran lainnya