Ciri – Ciri Orang Yang Ingin Melakukan Bunuh Diri


Kasus bunuh diri sedang menjadi perbincangan hangat para netizen setelah terjadi kembali kasus bunuh diri yang dilakukan member personil Shinee dari Korea Selatan yaitu Jonghyun Shinee.

Di Korea Selatan kasus bunuh diri bukanlah hal yang baru karena sebelumnya sudah ada banyak artis atau member boyband yang melakukan hal ini, depresi dan kerasnya persaingan menjadi pemicu utama yang mendasari bunuh diri.

Bunuh diri adalah tindakan yang tidak dibenarkan dalam agama apapun, namun karena tekanan yang berlebihan banyak orang yang melakukannya. Tapi kasus bunuh diri bukan hanya kesalahan dari korban namun juga kesalahan kita sebagai orang sekitar yang tidak bisa menghentikannya.

Nah untuk mengurangi kasus bunuh diri, ada sebaiknya kita mulai memperhatikan hal – hal sekitar termasuk orang terdekat apakah orang – orang di sekitar kita memiliki keinginan bunuh diri atau tidak, bisa saja orang tersayang dan terdekat anda mengalami hal ini, berikut ciri – ciri orang yang ingin  melakukan bunuh diri.

Faktor Pemicu Bunuh Diri

Ada banya pemicu yang mendasari orang melakukan bunuh diri seperti faktor ekonomi, bullying, ditolak dalam pergaulan, masalah keluarga, percintaan hingga terorisme.

Selain pemicu diatas, masalah kondisi mental juga bisa mempengaruhi seseorang untuk bunuh diri seperti gangguan – gangguan berikut ini.

  • Gangguan Bipolar : Seseorang yang memiliki penyakit ini akan mengalami perubahan mood yang drastis, pemilik penyakit ini bisa merasa senang atau bersemangat dan bisa juga secara tiba – tiba mengalami kesedihan yang mendalam.
  • Depresi Berat : Orang yang mengalami depresi berat biasanya akan merasa putus asa, suasana hati buruk, mengalami kekelahan karena pikiran negatif, kehilangan motivasi dan hal ini yang paling banyak memicu terjadinya bunuh diri.
  • Gangguan Kepribadian : Orang yang mengalami gangguan kepribadian biasanya akan menyakiti dirinya sendiri, emosi tidak stabil dan mengalami kesulitan bersosialisasi, sebagian besar korban pelecehan seksual yang banyak mengalami gangguan ini.
  • Dan lain – lain.

Ciri – ciri Seseorang Yang Memiliki Niatan Bunuh Diri

bunuh diri
Jonghyun Shinee

Sering Membicarakan Tentang Kematian

Salah satu tanda – tanda seseorang yang memiliki niatan bunuh diri adalah sering membicarakan tentang kematian, orang tersebur akan berhalusinasi dan membayangkan bagaimana jika dia mati, bagaimana rasanya mati dan kehidupan seperti apa yang akan dilaluinya setelah dari kematian.

Suka Mengutarakan Keinginan Untu Bunuh Diri

Sebagian besar dari kita sering mengabaikan jika ada teman kita yang mengutarakan ingin bunuh diri, kita malah menertawakannya karena ide gilanya tersebut namun tahukan anda jika orang yang sering megatakan ingin bunuh diri bisa jadi dia adalah orang depresi yang benar – benar ingin bunuh diri.

Menarik Diri Dari Lingkungan

Orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri biasanya akan mengalami depresi atau gangguan mental terlebih dahulu, dan biasanya orang yang mengalami depresi akan menghindar dari lingkungan dan lebih suka menyendiri memikirkan tentang kehidupannya.

Terlihat Cemas dan Emosi Secara Tiba – tiba

Orang yang memiliki niatan bunuh diri biasanya akan merasa gelisah atau cemas berkepanjangan sehingga mempengaruhi kuallitas tidur, kesehatan dan juga suasana hati.

Anda patut berwaspada jika orang terdekat mengalami cemas yang berkepanjngan tanpa sebab yang jelas, Selain cemas orang yang memiliki keinginan bunuh diri juga memiliki emosi yang tidak stabil, kadang – kadang dia akan marah secara tiba – tiba seperti yang dilakukan oleh Jonghyun Shinee dimana dia terlihat cemas sebelum melakukan bunuh diri.

Diketahui Jonghyun Shinee membeli makanan ringan di mini market dan saat akan pulang dia terlihat cemas dan sehingga dia menatap  minimarket berlama – lama dan menyalakan mobilnya hingga bersuara keras karena perasaannya yang tidak terkendali.

Suka Menyakiti Diri Sendiri

Selain ciri – ciri di atas, orang yang memiliki keinginan bunuh diri suka menyakiti diri sendiri dengan berbagai cara, bahkan biasanya mereka akan menyimpan obat – obatan dan barang yang tidak masuk akal di rumahnya yang nantinya akan digunakan sewaktu – waktu menghabisi nyawanya sendiri.

Menulis Surat wasiat

Orang yang ingin melakukan bunuh diri , akan  menuliskan  surat wasiat untuk orang – orang di sekitarnya dan jika anda menemukan hal ini cepatlah bertindak karena  biasanya orang tersebut akan melakukan aksinya sebentar lagi.

Nah itu tadi ciri – ciri Seseorang Yang Memiliki Niatan Bunuh Diri, ada baiknya kita mulai memperhatiakan orang – orang di sekitar karena dengan perhatian anda nyawa orang disekitar anda bisa terselamatkan.

 


Saran lainnya