Cara Alami Menghilangkan Bulu Di Tubuh Secara Permanen


Apabila kamu berpikir bulu di wajah tidak enak, bagaimana jadinya bila bulu di tubuh kamu lebih tak terkendali lagi.

Setiap orang memiliki setidaknya sedikit bulu pada beberapa bagian tubuh. Tempat bulu biasanya tumbuh yaitu di bawah lengan, di sekitar alat kelamin mereka, di kaki mereka, dan sebagainya. Ada juga yang kurang beruntung memiliki bulu yang tumbuh lebat di daerah-daerah yang susah dijangkau. seperti: punggung, bahu, lengan, dan sebagainya.

Beberapa orang pria maupun wanita mungkin ada yang ingin memiliki bulu di beberapa bagian tubuhnya. Tapi apa yang Anda lakukan saat bulu itu menebal hingga menghitam, dan membuat kamu terlihat seperti mengenakan rugbi di punggung atau bahu? Singkirkan itu, tentu saja!

Ada banyak cara bagaimana menyingkirkan bulu tubuh yang sering dilakukan untuk membuang bulu di tubuh. Mulai dari bercukur, waxing hingga laser hair removal. Lalu bagaimana dengan metode alami? Apakah bisa menyingkirkan bulu di tubuh kamu dengan menggunakan bahan yang benar-benar HANYA yang ada di alam? Tidak pakai laser, tidak ada krim perontok rambut yang keras, dan yang pasti tidak berisiko terkena pisau cukur!

Syukurlah, ada beberapa metode hair removal alami yang benar-benar bekerja. Jika kamu ingin tahu bagaimana menghilangkan bulu tubuh untuk selamanya, baca terus beberapa metode sederhana untuk menghilangkan semua bulu alami berikut.

Cara Menghilangkan Bulu Secara Permanen: Apakah “Permanen” Benar-benar Ada?

Sebelum kita membahas metode hair removal, kita harus berbicara tentang kenyataan yang sering terjadi …

Banyak sekali orang mencari metode menghilangkan bulu permanen, yang akan menghilangkan bulu di tubuh sekali untuk selamanya. Ada yang rela mencoba semua cara mulai dari waxing hingga elektrolisis sampai laser hair removal, semuanya hanya demi menghentikan bulu sialnya tumbuh kembali.

Tapi apakah dari semua cara itu ada yang namanya “permanen”? Apa betul ada cara menghilangkan bulu permanen dan tidak akan muncul kembali, atau akan kembali lagi pada akhirnya?

Baiklah, sampai sekarang hanya ada satu metode menghilangkan bulu yang bisa dianggap permanen. Elektrolisis membakar folikel bulu, merusak folikel bulu separah mungkin hingga tak dapat diperbaiki tubuh. Apabila folikel yang rusak, maka tubuh tak akan bisa menumbuhkan bulu baru lagi.

Namun, kenyataannya elektrolisis bahkan tidak 100% permanen. Sudah banyak orang yang menjalani cara menghilangkan bulu ini akhirnya bulu di tubuh akan tetap kembali tumbuh setelah beberapa tahun. Paling lama 10 tahun setelah elektrolisis, folikel bulu akan tumbuh kembali setidaknya sebagian dari bulu tubuh. Memang bulu yang tumbuh tidak seketat atau tebal seperti sebelum elektrolisis, tapi tetap saja terlihat!

Menyingkirkan bulu dengan laser biasanya hanya bekerja sampai satu tahun atau lebih. Sinar laser bekerja merusak folikel bulu, namun tidak sampai separah tingkat elektrolisis. Cara ini hanya akan memperlambat laju pertumbuhan bulu, tidak benar-benar menghentikannya. Itulah sebabnya dianjurkan melakukan perawatan laser hair removal rutin setiap tahun. Dengan begitu, laser akan membakar bulu sekali lagi.

Sedangkan untuk menyingkirkan bulu lainnya (waxing, tweezing, shaving, sugaring, threading, dll.) tidak akan bertahan lama untuk menghilangkan bulu. Melumuri kaki dengan krim wax, dan kamu mungkin tidak mendapatai pertumbuhan bulu setidaknya selama 1 bulan. Hasilnya mungkin berbeda pada bahu atau punggung, bisa berlangsung sedikit lebih lama (karena jarang bulu di daerah ini). Namun, pada akhirnya semua cara di atas tidak bisa menghentikan bulu selamanya, selalu tumbuh kembali!

Kenyataan ini akan membuat kamu menyadari bahwa tidak ada yang namanya menghilangkan bulu “permanen”. Orang yang mencari cara untuk menghilangkan bulu tubuh secara alami dan permanen tentu akan kecewa. Metode menghilangkan bulu alami di bawah ini sangat efektif, namun tidak menjanjikan sesuatu yang permanen!

Cara Menyingkirkan Bulu Tubuh dengan Cara Alami

Meskipun Anda mungkin tidak dapat “secara permanen” menyingkirkan bulu di tubuh, percayalah beberapa cara di bawah ini akan sangat efektif untuk membantu kamu melakukan perlawanan kamu agar bulu di tubuh kamu tetap terkendali. Tak ada salahnya mengaplikasikan cara-cara ini supaya kamu bisa menentukan mana yang terbaik untuk kamu, cobalah!

1. Pepaya Mentah

Cara menghilangkan bulu menggunakan pepayaPepaya tidak bisa diabaikan hanya sekedar buah tropis! Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin dan mineral, serta enzim spesifik yang disebut papain. Enzim papain berperan untuk memecah folikel bulu kamu, dan memperlambat laju pertumbuhan bulu. Sebenarnya pepaya tak hanya akan berurusan dengan tumbuhnya bulu akibat folikel bulu saja, tapi bisa menunda kembalinya bulu di  tubuh kamu.

Sisi lain yang sangat menguntungkan dari buah pepaya adalah mengandung zat yang sangat bergizi untuk kesehatan kulit. Bahkan untuk kulit yang sangat sensitif sekalipun, kamu bisa manfaatkan buah ini untuk mebuatnya sehat terawat. Menyingkirkan bulu tubuh dengan menggunakan cara ini sangat baik untuk kesehatan karena selain merontokan bulu juga memberikan nutrisi pada kulit kamu. Solusi menguntungkan!

Obat Pepaya # 1:

Untuk membuat obat ini, kamu memerlukan:

  • Pepaya mentah
  • Akar kunyit

Kupas dan potong pepaya menjadi batu kecil dengan menggunakan pisau. Tumbuk pepaya hingga menyerupai bubur.

Parut akar kunyit tadi dengan menggunakan parutan berlubang kecil. Hasil parutan akar kunyit ini dicampurkan ke dalam bubur pepaya. Campur keduanya dengan rata untuk memastikan kunyit diserap dengan benar, dan oleskan pasta ke bagian tubuh yang ditumbuhi bulu yang tidak diinginkan.

Pijat lembut secara merata pada kulit kamu, dan biarkan sampai 20 menit. Setelah waktunya selesai, bilas obat pepaya tadi dari kulit Anda dengan menggunakan air hangat. Mungkin akan membuat sedikit kulit kamu menguning (hasil kunyit), tapi akan pudar dalam beberapa hari.

Ulangi penggunaan obat ini hingga 2 kali dalam seminggu. Begitu bulu sudah terlihat lebih tipis, kamu bisa mencukur bulunya atau menggunakan krim wax. Biarkan kulit kamu istirahat selama 1 hari, lalu oleskan lagi campurannya. Terpakan terus secara teratur, dan hasilnya kamu mungkin tidak perlu khawatir lagi tentang waxing atau cukur untuk waktu yang lama!

Obat Pepaya # 2:

Untuk obat ini, Anda akan memerlukan:

  • Pepaya mentah
  • Bubuk kunyit
  • Tepung gram
  • Lidah buaya
  • Minyak mustar
  • Minyak peppermint
  • Krim pelembab

Lumatkan setengah cangkir pepaya menjadi bubur tebal, dan campurkan setengah sendok makan tepung gram dan tepung kunyit. Tambahkan minyak sawi sebanyak dua sendok makan, empat sendok makan aloe vera (gel atau raw), dan tambahkan beberapa tetes minyak peppermint.

Oleskan semua campuran bahan tersebut ke kulit kamu, dan biarkan kering. Setelah sampai 20 menit (15 untuk orang yang memiliki kulit sensitif), bilas campuran dengan air hangat. Ini akan membantu meringankan bulu di tubuh kamu dan mencegah folikel bulu agar tidak tumbuh kembali.

Setelah kulit kamu kering, gunakan krim pelembab alami untuk mengurangi kekeringan dan melindungi kulit.

2. Kunyit

Menghilangkan Bulu di Tubuh dengan Kunyit

Kunyit adalah bagian akar ampuh yang memberi tambahan kelezatan untuk kari, saus, dan semur, dan juga mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai kurkumin. Kurkumin membantu mengurangi resiko peradangan, melawan bakteri, dan menjaga kesehatan kulit kamu. Yang paling penting, kunyit serius bisa mengurangi pertumbuhan bulu.

Kamu bisa menggunakan kunyit dengan bentuk mentah atau bubuk, tergantung ketersediaannya di tempat tinggalmu. Jika supermarket lokal tidak menyediakannya, cari di pasar atau toko makanan oriental untuk menemukan bubuk atau kunyit mentah.

Obat Kunyit # 1:

Untuk obat ini, kamu memerlukan:

  • bubuk kunyit
  • minyak wijen
  • tepung gram

Aduk satu sendok makan bubuk kunyit dengan satu sendok makan tepung gram, dan pastikan keduanya benar-benar tercampur. Tuangkan minyak wijen sampai bahan-bahan tersebut mirip pasta kental. Oleskan pasta ke daerah dengan bulu tubuh yang tidak diinginkan dengan menggunakan jari.

Biarkan campuran kering dan bersantailah selama 30 menit sebelum. Setelah itu baru bilaslah campurannya dengan air hangat. Singkirkan pasta dengan cara menggosok dengan gerakan lembut, perlahan bulu kamu akan menipis. Penerapan bisa dilakukan sekali seminggu untuk mengatasi bulu di tubuh kamu!

Obat Kunyit # 2:

Untuk obat ini, Anda akan membutuhkannya

  • Kunyit mentah
  • Air mawar

Lumatkan kunyit hingga halus, lalu tambahkan air mawar untuk membuat campuran pasta yang kenal dan mudah dioleskan menggunakan jari.

Oleskan pasta dengan jari kamu, tapi HANYA di area yang terdapat bulu yang tidak diinginkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit (tergantung pada sensitivitas/kekeringan kulit). Begitu waktunya berlalu, cuci hingga bersih dengan air hangat.

Ini adalah obat yang ideal untuk menyingkirkan bulu kaki, punggung, lengan, dan di mana saja dengan bulu yang tidak terlalu rapat serta tipis. Untuk bulu yang lebih tebal dan kasar (seperti di sekitar daerah kemaluan), perlu menambahkan yoghurt, oat gandum, atau tepung beras.

3. Gula, Lemon, dan Madu

Cara menghilangkan bulu menggunakan gula dan madu

Campuran gula dengan madu bisa digunakan menjadi alternatif alami lilin parafin mahal yang biasa digunakan oleh banyak spa dan klinik untuk menyingkirkan bulu. Dengan menambahkan sedikit lemon dapat membantu memutihkan bulu, mengurangi visibilitasnya. Mencampur madu dan gula membuat lilin wax tebal yang bisa dioleskan pada kulit, memberi makan kulit kamu.

Catatan: Cukur bulu kira-kira 10 hari sebelum menggunakan obat ini untuk memaksimalkan efisiensinya.

Gula, Madu, dan Obat Lemon

Untuk obat ini, Anda akan memerlukan:

  • Madu
  • Gula
  • lemon

Campur satu sendok makan gula dengan satu sendok makan madu dan jus lemon. Tempatkan campuran dalam mangkuk logam, dan tempatkan mangkuk itu di atas boiler ganda. Ini akan memanaskan cairan secara perlahan (mencegah pembakaran), melarutkan gula dan mengubahnya menjadi pasta seperti lilin yang tebal.

Catatan: Tambahkan air untuk menipiskan pasta yang terlalu tebal, atau tambahkan tepung maizena untuk menebalkan pasta yang terlalu tipis.

Oleskan sedikit tepung maizena ke area yang ingin kamu olesi pasta perontok bulu. Ini akan membantu mencegah campuran lilin menempel pada kulit Anda.

Dengan menggunakan sendok kayu, oleskan lilin ke kulit sesuai arah bulu. Tempelkan sepotong kain di atas pasta yang masih lembut, biarkan dingin dan mengeras, tarik kain itu setelah kering. Ia bekerja seperti lilin waxing biasa, tapi jauh lebih alami!

4. Miju-miju dan kentang

Cara menghilangkan bulu menggunakan bahan alami

Kentang mengandung asam yang akan memutihkan bulu tubuh sehingga tidak terlihat, meringankan bulu dan membuat mereka kurang terlihat. Menambahkan lentil juga akan membuat obat kentang ini lebih efektif.

Obat miju-miju dan kentang

Untuk obat ini, Anda akan memerlukan:

  • Lentil kuning
  • Kentang
  • Madu
  • Jus lemon

Rendam lentil dalam semangkuk air selama 1 malam. Ketika pagi tiba, olah melalui food processor atau penggiling untuk mengubahnya menjadi pasta kental. Masukan juga satu kentang ke dalam campuran di dalam penggiling, dan tambahkan satu sendok makan madu dan jus lemon. Campur dan oleskan pasta ke tubuh Anda. Setelah 30 menit, bilas campuran hingga bersih.

5. Telur dan Tepung Jagung

Saat telur kering, mereka mengeras menjadi zat lengket dan licin. Ini tidak hanya memberi nutrisi pada kulit, tapi juga memudahkan untuk mencabut bulu yang menempel pada telur yang telah mengeras. Dengan menambahkan tepung maizena, masker telur menjadi lebih tebal serta mampu merontokan bahkan bulu yang paling keras kepala sekalipun.

Telur dan roti jagung

Untuk obat ini, Anda akan memerlukan:

  • 1 butir telur
  • Tepung jagung
  • Gula

Kocok putih telur ke dalam mangkuk pencampur, dan aduk setengah sendok makan tepung maizena dan satu sendok makan gula. Campur dengan baik hingga membentuk pasta yang kental dan halus. Oleskan pasta ke kulit kamu, biarkan kering (25 menit atau lebih), dan kupas – tarik berlawanan dengan arah bulu!

Memilih cara alami untuk menghilangkan bulu tubuh yang tidak diinginkan ini telah terbukti menjadi yang terbaik bukan hanya karena ini hanya menggunakan bahan alami, namun cara-caranya yang sederhana dan bahannya yang mudah didapat.

Bahannya kebanyakan bisa ditemukan di rumah dan mengandung bahan kimia alami yang bermanfaat serta tidak memiliki efek negatif pada tubuh.


Saran lainnya