Kenali Penyebab Ambeien Serta Cara Mengatasinya


Ambeien adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada banyak orang dan disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian tubuh. Bagian tubuh yang membengkak karena ambeien yakni bagian pembuluh darah pada daerah anus. Ambeien tidaklah mematikan akan tetapi sangat membuat penderitanya terganggu dan susah untuk beraktivitas.

Penyakit yang sangat mengganggu ini ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian anus, sehingga banyak orang yang tidak percaya diri atau malu jika mengalami ambeien. Meskipun ambeien disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah, tetapi tidak terlalu mematikan seperti masalah pada pembuluh darah lainnya seperti serangan jantung.

Baca Juga : Cara Menjaga Mata Tetap Sehat

Ambeien dikategorikan menjadi dua bagian yani ambeien luar dan ambeien dalam. Pada ambeien luar ditandai dengan adanya benjolan pada lubang anus dan bahkan ini sangat mengganggu karena terasa perih dan gatal. Sementara kalau ambeien dalam, ditandai dengan adanya darah yang keluar pada saat kita buang air besar karena terjadi pembengkakan di dalam.

Ada beberapa gejala yang mudah terasa saat terkena ambeien ;

  • Keluarnya lendir dari anus
  • Tidak nyaman atau gatal pada bagian anus
  • Keluar darah saat BAB
  • Munculnya benjolan pada bagian anus
  • Mengalami kurang darah (anemia sekunder)

Penyebab Ambeien

Ada beberapa penyebab penyakit ambeien yang belum diketahui oleh banyak orang, oleh karena itu banyak yang menderita ambeien. Salah satu penyebab utama ambeien adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, dan perokok berat.

Makanan dengan kandungan lemak tinggi juga dapat menyebabkan ambeien, maka dari itu ada baiknya jika kita dapat mengontrol makanan yang akan kita konsumsi. Sayur dan buah-buahan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena mengandung serat tinggi sehingga sangat bagus untuk proses pencernaan.

Penyebab lain ambeien adalah karena kurangnya aktivitas gerakan tubuh atau olahraga. Mungkin sahabat fispol sudah tidak meragukan lagi manfaat-manfaat dari olahraga, dan salah satunya yakni karena dengan berolahraga yang rutin membuat otot menjadi renggang dan dapat mencegah munculnya penyakit ambeien.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Dalam Kesehatan

Kelebihan berat badan (obesitas) juga dapat menyebabkan munculnya ambeien, hal ini dikaitkan karena orang yang mengalami obesitas mengalami tekanan yang cukup besar pada bagian pinggul sehingga membuat pembuluh darah dan otot melemah.

Selain beberapa penyebab diatas, duduk atau berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan munculnya penyakit ambeien. Kamu bisa melakukan pergerakan sebentar jika sudah duduk atau berdiri terlalu lama seperti jalan ditempat atau mengganti posisi duduk.

Cara Mengatasi Ambeien

1. Kurangi Asupan Garam
Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi hanya akan membuat ambeien semakin parah. Kandungan garam yang berlebihan akan menahan cairan pada sistem peredaran sehingga terjadi pembesaran vena pada anus. Jadi untuk mencegah memburuknya ambeien bisa dengan mengontrol asumsi garam.

2. Kurangi Berat Badan
Seperti yang saya katakan diatas bahwa obesitas adalah salah satu penyebab penyakit ambeien. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan diet (mengurangi berat badan). Selain itu berolahraga yang rutin juga dapat mengurangi berat badan dan terhindar dari ambeien.

3. Hindari Makanan Atau Minuman Tertentu
Ada beberapa jenis makanan atau minuman tertentu yang bisa memperburuk ambeien. Makanan yang pedas juga dapat membuat ambeien semakin buruk karena terasa sangat perih saat buang air besar. Minuman seperti kopi, bir, atau minuman bersoda juga sebaiknya dihindari

4. Banyak Minum Air Putih
Minum air putih sangat penting untuk kesehatan kita, dan dapat mencegah kita mengalami penyakit wasir. Minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk mencukupi cairan dalam tubuh kita.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan dapat membantu mengobati ambeien,yaitu ;

  • Minum air rebusan kulit manggis
  • Mengkonsumsi Kacang-kacangan
  • Minum air rebusan kulit delima
  • Buah sirsak (bisa di jus)
  • Buah cherry (makan langsung atau di jus)
  • Minum air rebusan kunyit (diparut terlebih dahulu)

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi penyakit ambeien, yang paling penting adalah utamakan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat fispol, ”SALAM SEHAT”.


Saran lainnya