Ternyata Jeruk Nipis banyak Manfaat, ini Khasiatnya


Tips Sehat dengan Jeruk nipis, Fispol.com – Tahukah Anda? Ukuran jeruk nipis yang kecil dan harga yang sangat murah di pasar, ternyata memiliki manfaat dan khasiat penting bagi kesehatan tubuh kita. Menurut ahli pada bidang kesehatan menyebutkan bahwa Jeruk nipis memang mengandung banyak manfaat bagi tubuh karena didalamnya terdapat nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat dan juga zat besi.

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita terdiri dari 60% air, jadi tidak heran apabila dengan mengkonsumsi air  ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Yang memang pada umumnya dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 2 liter setiap harinya. Tapi, rasanya akan sangat hambar jika tidak ada campuran, oleh sebab itulah untuk memberikan rasa berbeda, kita bisa memeras jeruk nipis dan dimasukkan dalam segelas air putih. Sehingga, kita juga akan mendapat manfaat bergizi dari buah jeruk nipis selain air putih yang sudah mutlak diperlukan tubuh.

Jadi sebaiknya, mulai hari ini sebaiknya perlu mempertimbangkan untuk selalu minum air jeruk nipis setiap pagi karena manfaat dan khasiatnya yang baik bagi tubuh manusia.

Buah Jeruk Nipis
Buah Jeruk Nipis

Kabar baiknya adalah Air dari Buah Jeruk nipis ini merupakan sumber antioksidan yang baik, bermanfaat melindungi tubuh dengan khasiat mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh zat-zat radikal bebas dan bahkan bahan kimia yang akan bisa membahayakan sel-sel didalam tubuh kita.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Nah bagi sahabat fispol.com yang berencana untuk meningkatkan kesehatan tubuh atau bahkan sedang dalam proses diet guna mempertahankan berat badan, berikut adalah beberapa manfaat menambahkan jeruk nipis dalam air putih yang kita minum setap pagi.

Jeruk Nipis berkhasiat Melawan Kanker

Penyakit Kanker merupakan sebuah proses pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat berkembang di seluruh organ-organ tubuh kita. Nah dengan mengkonsumsi air dari jeruk nipis ini diyakini akan dapat mengurangi risiko sel kanker yang berkembang dan dapat membantu Anda melawan penyakit kanker.

Manfaat Jeruk Nipis Melawan Kanker
Manfaat Jeruk Nipis Melawan Kanker

Menurut penelitian tentang kesehatan bahwa air Jeruk nipis membantu tubuh untuk melawan kanker karena zat antioksidan yang terkandung didalam buah ini. Apalagi karna antioksidan juga akan mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko tubuh kita untuk terus memproduksi sel kanker. Selain iru khasiat lainnya dari jeruk nipis ini adalah sebagai penetralisir yang membantu tubuh kita untuk menyeimbangkan kadar asam yang biasanya mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Intinya dalah sifat antioksidan di dalam jeruk nipis juga mempromosikan pertumbuhan sel sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

Jeruk Nipis Membantu Mengontrol Proses Diet

Jeruk Nipis Bermanfaat Membantu Program Diet Tubuh

Tahukah anda? Air dari perasan buah jeruk nipis berkhasiat untuk membantu mengontrol program diet untuk menurunkan berat badan kita. Adapun alasannya adalah karena asam sitrat yang terkandung pada buah ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, jadi air jeruk nipis akan membantu membakar lebih banyak lagi kalori, dan menyimpan sedikit lemak di dalam tubuh. Tapi dalam hal praktiknya disarankan untuk menyeimbangkan dengan berolahraga secara rutin setiap hari. Baca juga ya Penyebab Perut Buncit (Membesar)

Jeruk Nipis Meremajakan dan Mencerahkan Kulit

Seperti yang pernah diulas oleh berbagai pakar kesehatan khususnya kulit, air dari buah jeruk nipis dipercaya sebagai antiseptik yang alami. Kita bisa menggunakan jeruk nipis pada luka bakar atau sengatan lebah untuk mengurangi bengkak dan sakit sebagai akibat dari sengatannya. Apalagi telah ditemukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada air jeruk nipis ini juga memiliki manfaat dalam hal mengurangi jerawat serta komedo sehingga dengan mengkonsumsinya kulit kita akan lebih sehat dan cerah. Baca juga Cara memutihkan kulit secara alami.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavanoid, yaitu antioksidan yang memperkuat kolagen, sehingga meminum air jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulit Anda.

Baja Juga Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Dan Kusam

Jeruk nipis bisa mengurangi peradangan

Ya benar, bahkan secara tradisional pun ini diakui bahwa jeruk nipis dipercaya dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat peradangan. Penyakit seperti gout, arthritis, dan masalah persendian lainnya pada umumnya disebabkan oleh radang. Nah karna jeruk nipis mengandung Vitamin C didalamnya maka akan bermanfaat untuk mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh kita. Oh ya air dari jeruk nipis ini juga dberkhasiat untuk mengurangi kadar asam urat loh…

Baca Juga 5 bahan alami yang sangat ampuh mengobati luka bakar

Khasiat Jeruk Nipis Mengurangi Peradangan
Khasiat Jeruk Nipis Mengurangi Peradangan

Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis guna mengurangi peradangan ? Nah, cukup sederhana saja ! Anda hanya perlu mengambil beberapa buah jeruk nipis, lalu selanjutnya diperas dan airnya dimasukkan (beberapa tetes) ke dalam gelas berisikan air putih yang bersih untuk diminum. Dan untuk hasil yang maksimal, minumlah perasan air jeruk nipis ini tanpa menambahkan gula atau bahan tambahan lainnya yang mungkin malah akan mengurangi khasiat alami dari buah tersebut.

Jeruk nipis meningkatkan sistem imun (Kekebalan tubuh)

Manfaat Jeruk Nipis terhadap Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat Jeruk Nipis terhadap Sistem Kekebalan Tubuh

Musim hujan seperti saat ini bisa jadi menyebabkan kita sering sakit, nah dengan meminum air dari jeruk nipis dipercaya dapat membantu kita untuk tetap sehat. Sebab Kandungan Vitamin C dan antioksidan yang didapat dalam air perasan jeruk nipis ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita serta membantu untuk melawan infeksi seperti virus flu. Apalagi pernah disebutkan bahwa air dari buah jeruk nipis ini juga berkhasiat untuk mempersingkat lamanya durasi penyakit dalam tubuh kita.

Info : Fakta membuktikan bahwa semua jenis buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan sudah terbukti sebagai sumber terbaik sebagai penghasil vitamin C saat ini. Khususnya jeruk nipis karena dipercaya bisa berkhasiat sebagai anti-inflammatory yang  akan membantu tubuh kita untuk me-regenerasi sel-sel agar kita bisa sembuh lebih cepat.

Jeruk Nipis bermanfaat dan Baik untuk Percernaan

Asam” merupakan sifat asli dari air jeruk nipis yang akan membantu air liur memecah makanan didalam mulut untuk proses pencernaan yang lebih baik. Apalagi diketahui bahwa kandungan flavanoid yang terdapat dalam air jeruk nipis bisa merangsang sekresi cairan pencernaan. Khususnya bagi yang sedang menderita sembelit, asam dari buah jeruk nipis ini dapat membersihkan sistem sekresi dan merangsang aktivitas usus Anda.

Manfaat Jeruk Nipis Terhadap Pencernaan Tubuh
Manfaat Jeruk Nipis Terhadap Pencernaan Tubuh

Manfaat lainnya dari jeruk nipis adalah untuk mereka yang sedang berurusan dengan rasa mulas atau asam refluks, dengan mengkonsumsi segelas air hangat dan ditambah dengan dua sendok teh air jeruk nipis yang diminum sekitar 30 menit sebelum makan, hal ini dipercaya akan dapat membantu mencegah gejala mual tersebut terjadi pada Anda.

Baca juga Mengobati Berbagai Sakit Perut dengan Obat dan Cara Alami

Hebatnya lagi bahwa Air dari jeruk nipis ini akan membantu organ hatimu lebih aktif di pagi hari sehingga pencernaanmu juga akan semakin baik lagi. Dengan meminum Air jeruk nipis (hangat) di pagi hari akan membantu sistem diuretikmu kembali normal. Mengapa bisa? Karena manfaat dari air jeruk nipis ini membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang ada dalam hati.

Jeruk Nipis Menurunkan Gula Darah dan Kadar PH dalam tubuh

Oh ya, tidak terlepas dari fakta bahwa jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam, buah ini juga dipercaya sebagai makanan yang mengandung alkaline. Saat kita mencoba mencapurkan air dari jeruk nipis dengan air putih biasa, maka kombinasinya akan sangat membantu kita dalam memproduksi molekul dalam tubuh yang seimbang. Dan hal tersebutlah yang akan membuat kadar pH dalam tubuh menjadi seimbang.

Khasiat Jeruk Nipis Mengontrol Kadar PH dan Gula Darah
Khasiat Jeruk Nipis Mengontrol Kadar PH dan Gula Darah

Cara Mendapatkan Manfaat Jeruk Nipis Yang Maximal

Demi tujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat yang ditawarkan oleh buah jeruk nipis, maka buatlah air larutan jeruk nipis saat pagi hari. Jadi, Anda hanya perlu mengambil beberapa jeruk nipis, kemudian memerasnya dan masukkan beberapa tetes ke dalam gelas air putih untuk kemudia diminum bersama-sama. Sebagai daran tambahan, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal dari buah jeruk nipis, minumlah air dari buah ini dengan tanpa mencapurkan bahan lain sperti gula atau bahan tambahan lainnya yang bisa saja mengurangi khasiat pentingnya.

Oh ya sebagai pengalaman pribadi penulis bahwa tentu saja menjadi tantangan sulit bagi yang baru mencoba apalagi pada hari-hari pertama Anda, Namun lambat laun Anda akan terbiasa. Selamat mencoba manfaat dan khasiatnya jeruk nipis bagi kesehatan anda !


Saran lainnya