Cara Menjaga Mata Tetap Sehat


Sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh organ tubuh, tak terkecuali pada mata. Mata manusia tergolong sebagai salah satu organ yang memiliki sensitifitas yang tinggi. Apa bila kesehatan mata terganggu, keseimbangan tubuh juga pasti akan terganggu, aktivitas sehari-hari kemungkinan ikut terganggu. Mata yang memiliki penyakit atau kelainan pastinya akan membuat rasa tidak nyaman berkepanjangan.

Mengingat betapa perlunya menjaga kesehatan mata, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menjaga mata kamu tetap sehat.

1. Konsumsi makanan untuk kesehatan mata

Layaknya organ tubuh yang lain, mata juga membutuhkan asupan nutrisi untuk membuatnya tetap bekerja dengan normal. Untuk mendapatkan mata yang sehat dimulai dengan nilai kesehatan makanan di piring Anda.

Cara menjaga kesehatan mata alami

Mata memerlukan nutrisi dari makanan seperti vitamin A, asam lemak omega 3, lutein, vitamin C dan E serta zat besi. Selain untuk menjaga mata tetap bekerja normal, nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk mencegah penyakit seperti katarak serta oenyakit lainnya. Anda bisa memperoleh nutrisi-nutrisi ini dengan banyak mengonsumsi makanan seperti:

  • sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan sawi
  • samon, tuna dan ikan berminyak lainnya
  • telur, beberapa jenis kacang-kacangan, serta sumber protein bukan daging lainnya
  • jeruk atau jus jeruk
  • tiram serta daging babi

2. Berhenti merokok

Cara menjaga kesehatan mata dengan berhenti merokok

Menurut banyak penelitian perokok memiliki kemungkinan terkena katarak lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok. Kerusakan saraf optik, dan degenari nakula adalah kemungkinan lainnya akibat kebiasaan merokok. Meskipun pernah gagal mengentikan kebiasaan merokok dan melakukannya lagi, jangan menyerah dan coba terus sampai kebiasaan buruk ini benar-benar hilang.

3. Gunakan kacamata yang sesuai

Cara menjaga kesehatan mata

Kacamata yang tepat akan melindungi mata Anda dari pengaruh buruk sinar matahari ultraviolet (UV). Terpapar sinar matahari terus menerus dapat meningkatkan resiko katarak serta degenerasi makula. Tips untuk memilih kacamata ultraviolet adalah, pilihlah kacamata yang mampu menghalau 99% hingga 100% sinar ultraviolet. Kacamata dengan lensa sampul mampu melindungi mata dari sisi samping. Sedangkan lensa terpolarisasi akan mengurangi efek silau pada saat sedang mengemudi.

Apa bila Anda menggunakan lensa kontak, carilah lensa kontak memiliki kemampuan untuk melindungi dari sinar UV. Tak ada salahnya menggunakan kacamata hitam untuk perlindungan tambahan pada mata. Ada baiknya mempertimbangkan efek buruk lensa kontak pada kesehatan mata Anda.

4. Gunakan pelindung mata

Untuk Anda yang mungkin sering berhadapan dengan gas berbahaya baik di tempat kerja maupun di rumah selalu pedulikan keselamatan mata Anda dengan menggunakan kacamata pelindung.

Cara menjaga kesehatan mata dengan menggunakan pelindung mata

Beberapa jenis olahraga juga membutuhkan perlindungan tambahan untuk mata. Olahraga seperti hoki es, bulutangkis, dan lacrosse juga bisa menyebabkan cidera pada mata. Selalu ingat untuk menggunakan pelindung mata. Helm dengan masker pelindung wajah atau kacamata olahraga yang meiliki lensa palycarbonate akan sangat melindungi mata dari cidera yang bisa saja terjadi.

Cara menjaga kesehatan mata

Menatap layar ponsel atau layar komputer dalam waktu yang lama sangat tidak baik pada kesehatan mata. Hal ini dapat mengakibatkan banyak gangguan pada mata, seperti:

  • otot mata tegang
  • penglihatan kabur
  • kesulitan fokus pada jarak tertentu
  • mata kering
  • sakit kepala
  • nyeri pada leher, punggung hingga bahu

Tapi kalau misalnya pekerjaan menuntut Anda untuk terus berhadapan dengan layar komputer ada baiknya ikuti tips-tips berikut.

  • pilihlah kacamata atau resep lensa kontak yang tidak ketinggalan zaman serta enak digunakan di depan komputer
  • apabila efek tegang pada otot mata masih terasa, konsultasikan pada dokter untuk mendapat kacamata yang baru
  • mengatur posisi layar supaya bagian atas layar sejajar dengan mata
  • cobalah untuk meghindari silau dari lampu serta jendela, bila perlu gunakan layar anti silau
  • pilihlah posisi ternyaman Anda, pastikan kaki Anda rata dengan tanah
  • jika mata sudah mulai kering, berkediplah lebih sering
  • istirahatkan mata Anda setiap 20 menit

Apabila Anda mengaplikasikan beberapa tips diatas, dapat dipastikan kesehatan mata Anda akan tetap terjaga dan dapat befungsi sebagaimana mestinya.


Saran lainnya