Mudik Menggunakan Motor? Ini Tips Yang Aman


Lebaran sudah di depan mata, para pemudik juga masih pada sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk pulang ke kampung halaman. Selain menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi, banyak juga pemudik yang memilih untuk menggunakan motor. Ya, motor memang sangat cocok dan praktis untuk menghindari kemacetan yang luar biasa.

Mudik dengan menggunakan motor juga sangat berbahaya dan rentan dengan kecelakaan. Oleh karena itu kita mesti teliti memeriksa motor keamanan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Jika pada artikel sebelumnya fispol.com berbagi tips mudik menggunakan mobil pribadi, kali ini akan berbagi tips bagi pemudik yang menggunakan motor.

Memilih motor sebagai kendaraan yang kamu gunakan untuk mudik tentu harus mermpersiapkan segala sesuatu dengan baik, mulai dari perlengkapan yang wajib seperti helm, jacket dan lain-lain. Agar selalu aman dalam perjalanan, pastikan semua perlengkapan sudah siap dan aman. Berikut beberapa perlengkapan yang wajib kamu siapkan sebelum melakukan perjalanan.

1. Helm

Yang paling utama adalah helm, karena helm memang diwajibkan bagi setiap pengendara sepeda motor. Bahkan ada di undang-undang lalu lintas untuk wajib menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Helm sangat penting karena dapat melindungi kepala ketika terjadi benturan keras akibat kecelakaan. Saat melakukan perjalanan jauh, gunakan helm yang agak ringan tapi tentu saja yang membuat kenyamanan. Gunakan helm yang memiliki kaca bening agar tidak menghalangi pemandangan jarak jauh dan tentu saja yang berstandar nasional Indonesia (SNI). Kamu bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan kaca helm jika helm terlihat kabur atau kotor.

2. Masker

Peran masker juga sangat penting untuk pengendara motor, selain untuk menahan asap atau polusi kendaraan lainnya, masker juga dapat menahan debu agar tidak langsung masuk ke dalam hidung kita. Pilihlah masker yang membuat kamu nyaman, tidak terlalu tebal sehingga menahan pernapasan. Ada baiknya jika kamu mencoba terlebih dahulu pada saat membeli masker, sesuaikan dengan kenyamanan kamu.

3. Jacket

Jacket juga sangat penting dalam berkendara jalan jauh. Selain menahan angin, juga dapat melindungi tubuh jika terjadi kecelakaan. Gunakan jacket yang berbahan bagus atau agak tebal, disarankan kalau bisa yang berbahan kulit. Pilih jacket sesuai dengan ukuran badan agar tetap nyaman, hindari penggunaan jacket yang sempit atau longgar.

4. Sepatu

Perlengkapan ke empat yang wajib kamu siapkan jika berkendara jauh adalah sepatu. Gunakan sepatu yang berbahan kuat den lengkap dengan kaos kaki. Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kamu dan juga kaos kaki yang berbahan tebal. Pelindung kaki seperti sepatu sangat penting untuk melindungi kaki dari benturan keras yang terjadi. Tidak disarankan menggunakan sandal dalam mengendarai motor dengan jarak jauh.

Baca Juga : Takut Macet? Mudik Lebaran Menggunakan Helikopter

5. Sarung Tangan

Sarung tangan juga tidak kalah penting dalam berkendara sepeda motor. Terkadang stang motor licin karena keringat yang keluar dari telapak tangan, tapi menggunakan sarung tangan merupakan solusi yang sangat tepat. Dalam memilih sarung tangan juga perlu teliti, pilih sarung tangan yang tidak terlalu kaku dan tidak menutup semua jari.

6. Jam Tangan

Jam tangan juga sangat penting untuk kamu gunakan saat berkendara jauh, kamu bisa gunakan jam tangan sebagai patokan untuk beristirahat. Biasakan istrahat sejenak setiap dua jam berkendara, agar tetap fit selama menempuh perjalanan. Tidak disarankan untuk mengandalkan jam yang ada di handphone karena dapat mengganggu konsentrasi kamu jika harus menarik handphone dulu dalam kantong celana atau jacket kamu.

Selain ke enam perlengkapan yang wajib diatas, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan lain seperti jas hujan, tas ransel, dan tali karet. Intinya utamakan keselamatan saat berkendara, dan semoga tips dari kami bermanfaat.


Saran lainnya