3 Cara Mengajarkan Si Kecil Tentang Rasa Hormat


Menghormati siapapun itu penting tapi bagi si kecil mungkin belum memahami apa itu rasa hormat. Si kecil perlu kita ajarkan tentang rasa hormat sejak dini, khususnya dengan anak laki-laki. Biasanya si kecil mudah meniru dan disinilah peran kedua orang tua untuk mengajarkan si kecil tentang rasa hormat.

Si kecil akan selalu mengandalkan orang tuanya dan orang tua harus mengajarkan si kecil bagaimana cara menghormati siapapun terutama yang ada di sekitarnya. Jika rasa hormat sudah ditanamkan sejak dari kecil maka kelak akan bertumbuh menjadi orang dewasa yang bisa dibanggakan.

Tidak mudah untuk mengajarkan sesuatu hal kepada si kecil, karena si kecil belum bisa menyaring mana saja hal-hal baik dan tidak baik layaknya orang dewasa. Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi beberapa tips atau cara mengajarkan si kecil tentang rasa hormat.

3 Cara Mengajarkan si Kecil Tentang Rasa Hormat

Si kecil harus tau bahwa semua orang layak di hormati
Poin pertama yang sangat penting yaitu orang tua harus mengajarkan si kecil bahwa semua orang yang ada disekitarnya layak mendapatkan rasa hormat darinya. Tidak peduli siapapun orang itu, baik itu pembantu dirumah, orang tua yang mengemis, karyawan toko, dan lain-lain.

Si kecil harus tahu bahwa dia harus memperlakukan setiap orang dengan sopan dan rasa hormat. baik itu laki-laki maupun perempuan. Kebiasaan baik seperti ini akan dibawa juga nantinya ketika dia dewasa dan ini merupakan sifat yang sangat terpuji.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Yang Baik

Memberikan rasa hormat dengan tulus
Jika si kecil sudah menginjak pada usia remaja memang agak susah untuk di ajarkan hal-hal yang baik, karena pada usia seperti itu, mereka merasa sudah mengetahui segala hal, bahkan sudah mampu menilai kelemahan orang lain. Ajarkan dia bagaimana memberi rasa hormat kepada orang lain dengan tulus (tidak berpura-pura).

Latih si kecil untuk selalu memberi rasa hormat kepada orang lain dengan tulus dan jujur tanpa membeda-bedakan. Bahkan yang mengalami gangguan jiwa sekalipun atau orang yang cacat dengan menggunakan kursi roda, si kecil harus tahu bahwa menghormati sesama harus dengan tulus.

Beritahu si kecil bahwa dia juga layak dihormati
Poin terakhir yang gak kalah penting yaitu si kecil harus tahu bahwa dia juga layak mendapatkan rasa hormat dari orang lain yang berinteraksi dengannya. Selain mengajarkan dia menghormati siapapun, si kecil juga layak mendapatkan rasa hormat (saling menghormati).

Tekankan kepada si kecil bahwa dia juga layak mendapatkan rasa hormat dari orang lain, seperti dia memberikan rasa hormat kepada orang lain juga. Karena jika kita menghormati orang lain maka sebaliknya kita juga di hormati oleh orang lain tanpa memandang usianya.

Itulah 3 cara mengajarkan si kecil sejak dini tentang rasa hormat kepada orang lain, semoga bermanfaat.


Saran lainnya