Cara Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Yang Baik


Ada banyak masyarakat disekitar kita yang belum memahami dan mengerti apa itu bersosialisasi, bagaimana cara yang baik untuk bersosialisasi. Kurang bersosialisasi akan membuat kita susah untuk dekat dengan orang lain, atau bahkan kita tidak disenangi oleh masyarakat yang ada disekeliling kita. Mereka bisa saja berfikiran buruk terhadap kita, sekalipun kita sebenarnya adalah orang yang baik hanya saja kita kurang bersosialisasi pada sekitar atau komunikasi yang tidak lancar.

Apa Itu Bersosialisasi ?

Yang dimaksud dengan bersosialisasi adalah salah satu proses yang membantu kita untuk belajar dalam menyesuaikan diri, cara hidup, cara berfikir, dan mau mengenal sekitar kita. Dengan bersosialisasi maka kita akan dikenal dan dipahami oleh masyarakat disekitar kita hidup. Ada beberapa manfaat-manfaat positif dalam bersosialisasi antara lain ;

  • Kita jadi mengetahui tentang lingkungan alam sekitar
  • Mengenal nilai-nilai atau norma-norma yang yang berlaku dalam lingkungan sekitar
  • Mengetahui lingkungan sosial individu atau sosial budaya masyarakat

Jika sebelumnya saya membahas tentang komunikasi interpersonal, kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara bersosialisasi yang baik dalam bermasyarakat. Kita akan memiliki banyak teman jika kita mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekitar kita.

Baca Juga : Mengapa Kita Menjadi Pendengar Yang Buruk ?

Cara Bersosialisasi Yang Baik

Hal utama yang saya ingin tekankan disini adalah kita harus punya sifat ”menghargai orang lain”.┬áKita harus memahami bahwa manusia yang hidup di dunia ini akan saling membutuhkan satu sama lain. Sifat menghargai yang saya maksud seperti menghargai keahlian, pendapat, atau pribadi orang lain. Ada ungkapan yang sering saya dengar mengatakan ”hargai dulu orang lain jika kamu ingin dihargai’‘.

Selain menghargai orang lain, hal berikutnya adalah ”bercanda”. Seperti yang kita ketahui bahwa bercanda merupakan sesuatu yang sangat asyik dan membuat suasana jadi hidup. Dalam bercanda juga ada batas-batasnya loh guys, jangan sampai bercandaan kita menyinggung orang lain. Kita harus memahami situasi dan kondisi saat kita bercanda. Bercanda akan lebih bernilai positif jika tahu waktu dan situasi yang tepat, misalnya disaat teman kita lagi galau atau lagi sedih, kita harus ajak dia bercanda, tertawa ria, agar dia tidak larut dalam kesedihannya.

Hal ketiga yang sangat penting dalam bersosialisasi adalah ”menjadi orang yang bisa dipercaya”. Menjadi orang yang bisa dipercaya oleh orang lain adalah hal yang sangat menyenangkan, tapi bisa juga menjadi hal yang sangat berat. Saya mengatakan menjadi hal yang sangat berat karena ┬ájika kita sudah dipercaya oleh orang lain, apakah kita sanggup menjaga kepercayaan tersebut?. Salah satu contoh terkecil untuk menjaga atau memelihara kepercayaan adalah dengan menjaga rahasia orang lain yang mungkin kita sudah ketahui. Anggaplah rahasia orang lain itu adalah rahasia kamu juga.

Yang terakhir adalah bagaimana kita ”menjadi sebagai orang yang bisa diandalkan” atau setidaknya berguna bagi orang lain. Salah satu contoh adalah bagaimana tindakan kita jika teman atau tetangga kita dalam keadaan sulit. Menjadi orang yang bisa diandalkan bukan hanya dinilai dari materi atau tenaga yang kita berikan, ketiga point diatas antara lain ; menghargai orang lain, bercanda ria, menjaga rahasia orang lain juga sudah lebih dari cukup dan berguna buat orang lain kok.

Kemampuan bersosialisasi memang sangat identik dengan kemampuan berkomunikasi dalam lingkungan sekitar. Begitu juga dalam lingkungan kerja, kita harus tahu cara-cara bersosialisasi yang baik. Berikut adalah beberapa tips bersosialisasi yang baik dalam lingkungan kerja ;

  • Latihlah kemampuan kamu dalam berkomunikasi
  • Perluaslah wawasan kamu dengan banyak membaca buku
  • Utarakan hal-hal yang lebih teknis
  • Ketahuilah waktu yang tepat untuk diam dan waktu berbicara
  • Berhati-hati dalam berkomentar

Itulah beberapa cara meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, baik dalam lingkungan sekitar maupun dalam lingkungan kerja, semoga bermanfaat.


Saran lainnya