Smartphone Android Kamu Borosan? Ini Penyebabnya


Saat ini smartphone adalah salah satu benda paling penting bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat pitar ini. Smartphone bisa sangat membantu dalam banyak hal mulai dari menyelesaikan pekerjaan atau tugas, berkirim email penting hingga komunikasi tatap muka online.

Dengan begitu banyak kemudahan serta manfaat yang bisa didapatkan dari smartphone, membuat penggunanya tak ingin jauh-jauh dari smartphonenya. Tapi bagaimana kalau smartphone yang kamu miliki baterainya terlalu cepat terkuras. Tentu akan merasa sangat tidak nyaman, ketika pemakaiannya sangat singkat dan harus diisi ulang terus menerus. Berikut penyebab baterai smartphone kamu cepat habis.

1. Aplikasi boros daya di latar belakang

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Ada banyak aplikasi yang tetap berjalan meskipun kamu tidak sedang menggunakan smartphone kamu. Aplikasi ini mungkin menggunakan koneksi data, biasanya melakukan atau memeriksa update serta notifikasi dari server aplikasi tersebut, misalnya saja aplikasi sosmed Facebook, serta aplikasi yang menggunakan GPS.

2. Widget yang terlalu banyak di Homescreen

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Jalan pintas atau widget memang sangat membantu pengguna untuk membuka aplikasi dengan cepat. Namun terkadang jumlah widget yang berlebihan bisa memperbanyak penggunaan daya. Coba perhatikan homescreen smartphone kamu, pastikan hanya ada widget yang memang benar-benar kamu butuhkan.

3. Layar smartphone terlalu terang

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Layar merupakan bagian yang membutuhkan daya paling besar dari seluruh komponen smartphone. Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi tidak hanya berpotensi membuat mata sakit, tetapi juga menghabiskan daya baterai dalam waktu singkat.

Apa bila layar smartphone kamu terlalu terang, coba turunkan sampai titik yang paling sesuai dengan mata kamu. Mematikan mode pencahayaan otomatis juga membantu memperkecil penggunaan daya pada layar smartphone android kamu.

4. Baterai sering terpapar suhu panas

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Suhu smartphone juga berpengaruh terhadap pemakain daya. Smartphone yang sering terpapar sinar matahari di dashboard mobil kemungkinan besar boros daya. Apa bila smartphone yang sedang kamu gunakan panas, cobalah untuk mengistirahatkannya sejenak. Upayakan smatphone kamu tidak sering panas, supaya baterai smartphone kamu juga tetap awet.

5. Tidak meyalakan penghemat baterai

Penyebab baterai smartphone cepat habis

Semua smartphone saat ini dibekali dengan fitur penghemat saya. Fitur ini memungkinkan pengggunaan daya di smartphone kamu lebih diminimalisir oleh sistem perangkat. Hal ini akan sangat membantu apabila baterai smartphone sudah mendekati 0%. Tetap aktifkan fitur ini apabila kamu tidak sedang dekat dengan sumber pengisian daya baterai dan ingin menghemat daya untuk pemakaian yang lebih lama.


Saran lainnya