Tips Menghindari Kejahatan di Perjalanan


Tips menghindari kejahatan di perjalanan – Perjalanan menggunakan angkutan umum memiliki tingkat kerawanan tinggi pada tindak kejahatan. Terlebih lagi saat musim mudik seperti ini, dimana kebutuhan akan uang terus meningkat.

Kejahatan yang sering muncul saat musim mudik seperti ini biasanya berupa hipnotis, bius, rampok, copet dan masih banyak lainnnya. Jadi melakukan perjalanan butuh pengetahuan tersendiri ya, kalau anda tidak perjalanan melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum lebih baik jika anda mencari informasi terlebih dahulu. Nah berikut tips menghindari kejahatan di perjalanan yang bisa anda lakukan.

Tips Menghindari Kejahatan di Perjalanan

tips menghindari kejahatan di perjalanan
tips menghindari kejahatan di perjalanan

Jangan Terlihat Cemas Atau Bingung

Percaya diri penting dan dibutuhkan dimana saja termasuk saat perjalanan. Dengan percaya diri yang tinggi membuat kita terlihat lebih profesional dalam segala bidang. Lebih bernilai dan juga lebih bisa dihargai orang lain.

Itu percaya diri kalau di tempat kerja, namun gimana kalau percaya diri selama perjalanan ?

Saat perjalanan dibutuhkan rasa percaya diri untuk mengelabuhi orang, banyak dari kita yang awam dengan sistem perjalanan angkutan umum. Jadi ada baiknya kita tetap tennag jika tidak tahu arah, jangan cemas, anda bisa duduk sejenak dan meihat berbagai peraturan dan arah kemana kita pergi.

Jika anda bingung di perjalanan ini sama halnya dengan anda memberikan kesempatan pada pelaku kejahatan untuk mendekati anda.

Bawa Barang Secukupnya

Perjalanan dengan angkutan umum memang tidak seenak angkutan pribadi ya, dimana kita bisa membawa barang apapun dalam mobil. Jika anda menggunakan angkutan umum, pastikan anda hanya membawa barang yang benar – benar penting dan dibutuhkan.

Jangan terlalu banyak membawa barang apalagi sampai ribet dan menggangu gerak anda selama di perjalanan. Dan jika barang bawaan anda banyak dan tidak muat di tas ada baiknya anda mengirimkan dengan jasa ekspedisi untuk memudahkan selama perjalanan.

Jangan Pakai Perhiasan

Perhiasan yang mencolok selalu mengundang kejahatan. Jika anda sedang melakukan perjalanan ada baiknya copot semua perhiaan mulai dari kalung, cincin, giwang, gelang dan – lain. Simpan terlebih dahulu dalam tas.

Jika sudah sampai tujuan anda bisa menggunakannnya lagi. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat diperjalanan.

Cari Teman Perjalanan

Mudik atau melakukan perjalanan sendirian sangatlah berbahaya terlebih lagi bagi anda kaum wanita. Akan lebih baik jika anda mudik bersama dengan orang terdekat, namun jika terpaksa tidak memiliki teman untuk pulang ada baiknya anda mencari teman perjalanan.

Carilah teman perjalan yang dekat dan bisa dipercaya, sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan selama perjalanan terjadi ada teman yang bisa membantu anda.

Hindari Menerima Makanan, Minuman Dan Bnatuan Orang Lain

Tidak ada yang benar – benar bisa dipercaya ya selama perjalanan, apalagi orang lain, meskipun kita akrab di angkutan umum namun belum tentu orang tersebut teman kita. Jadi bicaralah seperlunya, jika diri kita sendiri masih sanggup untuk mengurusi diri sendiri ada baiknya jangan meminta bantuan orang lain.

Hindari menerima makanan dan minuman dari orang lain, karena kita tidak tahu kandungan apa yang ada dalam makanan dan minuman tersebut. Ada baiknya anda membawa makanan dan minuman sendiri di rumah.

Sehingga anda bisa menghemat pengeluaran dan juga terjamin kualitas dan higenitas mkanan yang kita konsumsi.

Informasikan Data Diri Pada Keluarga

Menginformasikan data diri saat perjalanan menggunakan angkutan umum sangat pentingya sahabat fispol. Tujuannya jika terjadi hal sesuatu pada kita yang tidak diinginkan keluarga bisa melacak dengan cepat.

Keluarga bisa mudah menemukan anda jika ingin menjemput dan tahu kapan kedatangan anda di kampung halaman. Untuk informasi anda bisa menginformasikan mulai dari angkutan yang digunakan, nomor polisi kendaraan, tujuan angkutan dan perkiraan sampai tujuan.

Nah itu tadi tips menghindari kejahatan di perjalanan yang bisa anda lakukan, jangan lupa waspada ya karena kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa juga membawa barang pendukung yang wajib di bawa saat mudik.

 


Saran lainnya