Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Tantangan Hidup


Setiap manusia pernah mengalami masalah dalam hidup, baik itu masalah dalam kehidupan pribadi maupun masalah dalam pekerjaan atau karir. Tetapi setiap tantangan hidup pasti ada cara untuk menghadapinya, tinggal bagaimana cara kita bertindak dalam menghadapinya. Ada baiknya jika kita bertindak secepat mungkin dalam mengambil solusi sebelum tantangan itu menghampiri kita.

Tantangan hidup memang selalu datang tiba-tiba, tapi kita tidak perlu takut apalagi lari dari tantangan tersebut. Kita harus tahu bagaimana cara mempersiapkan diri dalam menghadapi setiap tantangan hidup. Jika kita berhasil menghadapi setiap tantangan hidup, maka kitalah pemenangnya dan hidup kita akan terasa bahagia.

”Hidup itu adalah sebuah tantangan, olek karena itu hadapilah. Hidup adalah sebuah nyanyian, maka bernyanyilah. Hidup adalah sebuah mimpi, maka sadarilah. Hidup adalah sebuah permainan, maka mainkanlah. Hidup adalah cinta, maka nikmatilah”

By ; Bhagawan Sri Sthya Sai Baba

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi kepada pembaca setia kami mengenai bagaimana cara-cara menghadapi tantangan (masalah) hidup, silahkan disimak ya guys ;

Belajar Menerima Kenyataan
Kita sebagai manusia tidak ada yang menginginkan masalah, namun kita juga tidak bisa menyangkal atas kenyataan yang telah terjadi. Kita harus belajar menerima kenyataan tersebut dan menjadikannya sebagai tantangan, dan kita harus tetap kuat dan tangguh dalam menghadapinya.

Jangan Mengharapkan Kemudahan Dalam Hidup
Ada manusia yang selalu berharap kemudahan dan kelancaran dalam hidup, tetapi tanpa dia sadari bahwa dialah orang yang sangat mudah terpukul ketika dihadapkan dengan kenyataan pahitnya hidup. Kita harus memandang hidup ini sebagai sebuah tantangan atau rintangan, maka dari itu kita akan terbiasa ketika menghadapi sebuah masalah tanpa kekecewaan. Kita harus bisa berdamai dengan pahit manisnya kehidupan dengan cara mempersiapkan diri tanpa mengharapkan kemudahan dalam hidup.

Jangan Menyalahkan Orang Lain
Disaat tantangan hidup datang, sering kali kita selalu mencari seseorang untuk kita salahkan. Padahal ini adalah kebiasaan terburuk dalam menjalani hidup. Mari kita hilangkan kebiasaan buruk itu dan belajarlah untuk berintropeksi diri atas masalah yang sudah terjadi, bukan dengan menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam. Mari kita belajar bertanggung jawab dengan perilaku kita sendiri dan mengakuinya, serta berusaha untuk menyelesaikannya.

Bekali Diri Dengan Bantuan Atau Dukungan
Untuk melalui masa-masa sulit dalam hidup, kita tidak perlu gengsi. Ada baiknya jika kita meminta dukungan kepada teman, saudara, atau guru spiritual. Dukungan dari teman atau keluarga akan sangat berarti buat kita. Jika kita telah mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat kita, maka kita akan lebih siap secara rohani, emosional dan psikologis  dalam menghadapi setiap masalah yang menghampiri hidup kita.

Hilangkan Kebiasaan Terburu-buru
Seringkali kita selalu terburu-buru atau gegabah tanpa melihat ada apa dibalik suatu masalah. Banyak yang selalu bertindak dengan tidak berpikir panjang atau menyusun strategi. Hal ini justru merugikan diri kita sendiri, oleh karena itu tinggalkanlah kebiasaan buruk seperti ini, karena kebiasaan ini dapat menghalangi keberhasilan kita dalam menjalani hidup. Dalam menghadapi setiap masalah kita membutuhkan pikiran yang tenang agar bisa memikirkan situasi dan kondisi dan tidak bertindak secara terburu-buru.

Belajar Menjadi Fleksibel Sesuai Dengan Situasi
Yang saya maksud disini adalah berpikiran luas karena karena kehidupan ini akan terus berevolusi. Kualitas yang sangat penting dalam menghadapi tantangan hidup adalah fleksibilitas dan adaptasi. Pada setiap situasi, kita harus memiliki sikap yang fleksibel. Misalnya, jika suatu saat usaha kita bangkrut dan kita dipaksa untuk memulai lagi usaha baru, kita harus cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan keadaan baru. Tidak perlu menyalahkan situasi karen situasi akan terus berubah.

Jangan Berhenti Berusaha
Jika kita tidak memiliki kegigihan atau gampang menyerah maka kita akan merasa kesulitan dalam menghadapi setiap tantangan hidup. Untuk menjadi seorang pemenang, kita harus terus mencoba lagi dan lagi dalam mengatasi sebuah tantangan demi untuk mencapai keberhasilan. Mencari cara licik atau bahkan melarikan diri dari tantangan adalah sifat dari seorang pecundang. Jangan pernah berhenti berusaha jika ingin menang di semua arena tantangan hidup.

Itulah beberapa cara mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup, semoga bermanfaat…!!!


Saran lainnya