Tips Dan Cara Mengatasi Ngorok Tanpa Obat Dan Bantuan Dokter


Cara Mengatasi Ngorok – Mendengkur atau yang lebih dikenal dnegan nama bekennya ngorok ini memang menjengkelkan ya guys. Karena bisa mengganggu waktu dan kualitas tidur orang yang ada di sekitarnya.

Sedangkan untuk pelaku atau pengorok tidal akan pernah sadar dengan apa yang telah dia lakukan karena sedang tertidur pulas.

Tentunya mengorok adalah hal yang sangat mengganggu dan perlu kita hilangkan kebiasaan tersebut agar pasangan dan orang terdekat tidak mengalami kesulitan karena suara dengkuran kita.

cara mengatasi ngorok
cara mengatasi ngorok

Penyebab Ngorok Atau Mendengkur

Ngorok atau mendengkur terjadi karena adanya getaran pada struktur pernafasan sehingga mengeluarkan bunyi baik itu halus, sedang atau ngorok dengan suara keras.

Untuk penyebabnya sendiri ada banyak fator yang mempengaruhi seorang mendengkur seperti berikut ini :

  • Obesitas
  • Mengkonsumsi minuman keras
  • Mengkonsumsi obat tidur
  • Posisi tidur tertentu
  • Perokok
  • Kelainan pada hidung dan tenggorokan
  • Amandel yang membesar, dan lain – lain.

Bukan hanya karena faktor di atas, mendengkur atau mengorok ternyata juga sering di kaitkan dengan beberapa penyakit seperti gangguan tidur, apnea tidur, stroke, tekanan darah tinggin, penyakit jantung dan lain – lain.

Bahkan dalam bebrapa kasus mendengkur atau mengorok dapat menimbulkan penyakit dimana si pendengkur mengalami berhenti nafas hingga 2 menit saat terlelap yang bisa menyebabkan kematian.

Meskipun kadang beberapa orang tidak meninggal dalam kejadian seperti ini namun kebanyakan mereka akan merasakan kelelahan di keesokan harinya setelah bangun.

Cara Mengatasi Ngorok Atau Mendengkur

Nah buat anda yang serius ingin menghentikan kebiasaan dan gangguan tidur anda tersebut anda bisa melakukan cara mengatasi ngorok dengan hal sederhana berikut ini :

Ubah posisi Tidur

Menurut peneliytian posisi tidur mempengaruhi seseorang mendengkur atau tidak, kebanyakan orang tidur dengan posisi terlentang akan mengalami mendengkur karena saat tidur tubuh bertumpu pada punggung.

Untuk mengatasinya anda bisa mengubah posisi tidur dengan menyamping maka dengkuran akan segera berhenti, jadi jika orang di samping anda mendengkur ubahlah posisi tidurnya menyamping.

Tidur Yang Cukup

Mendengkur biasa dialami oleh orang yang memiliki gangguan tidur seperti kurangnya kualitas dan waktu tidur, kesibukan beraktivitas yang tiidak diimbangi dengan istirahat yang cukup membuat otot – otot dalam tubuh menegang sehingga membuat anda mengorok.

Jadi ada baiknya anda mengatur pola tidur, dan jangan begadang dengan alasan apapun karena pola tidur yang buruk dan begadang berdampak buruk bagi kesehatan.

Mengindari Konsumsi Minuman Keras

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mengkonsumsi minuman keras adalah salah satu penyebab seseorang mendengkur.

Orang yang baru pertama kali menenggak minuman keras pasti akan mengalami mendengkur alias ngorok, sedangkan mengkonsumsi minuman 5 jam sebelum tidur dapat memperparah dengkuran anda.

Jadi ada baiknya anda menhindari konsumsi minuman keras begitu juga dengan penggunaan obat tidur.

Menghindari Konsumsi Obat Tidur

Karena berbagai alasan, seseorang akan membutuhkan obat tidur karena dapat membuat penggunanya cepat tidur dan bisa tidur terlelap sepanjang malam.

Namun penggunaan obat tidur pada orang pendengkur sangat dilarang karena saat mengkonsumsi obat tidur maka otot leher akan merasakan rileks saat tidur sehingga membuat dengkufran lebih keras.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Saat tidur tubuh akna mengalami dehidrasi yang membuat hidung melakukan pelepasan lendir kental untuk mengatasinya dan kejadian inilah yang membuat anda mendengkur.

Jadi ada baiknya anda mengkonsumsi air putih secukupnya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena kuramgnya kadar air dalam tubuh juga akan berpengaruh pada banyak hal seperti berkurangnya konsentrasi.

Cuci Hidung Dengan Larutan Air Garam

Lendir yang ada di hidung atau flu juga bisa menjadi penyebab dengkuran karena udara tidak bisa masuk dengan lancara karena adanya sumbatan.

Nah untuk mengatasinya satu – satunya cara adalah dengan membuat rongga hidung tetap terbuka atau anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam seperti penanganan sinusitis atau mandi air hangat sebelum tidur.

Nah itu tadi penyebab dan juga cara mengatasi ngorok dengan hal sederhana yang bisa anda praktekan di rumah, meskipun tips di atas anda lakukan namun tidak ada keseriusan dan konsisten menjalankannya maka hasilnya juga akan sia – sia.

 


Saran lainnya