Penanganan Sinusitis di rumah Bagi Penderita Gejala Sinusistis


Penanganan Sinusitis di rumah – Bukan hanya membuat penampilan kita kurang oke ya, namun penyakit sinusitis juga mebuat tubuh kurang fit karena sinus biasanya membawa berbagai penyakit lainnya bersamanya seperti pusing, nyeri di bagian tertentu.

Sinussitis tidak terjadi pada semua orang dan hanya terjadi pada orang – orang tertentu saja, sinus dalam keadaan tidak parah atau ringan biasanya tidak perlu melakukan perawatan di medis karena bisa tangani di rumah.

cara menangani sinusitis
cara menangani sinusitis

Namun sinus yang dalam keadaan parah biasanya harus ditangani oleh dokter spesialis dengan perawatan – perawatan tertentu.

Sinusitis

Sinus adalah rongga kecil yang berisi udara yang terletak di antara tulang pipi dan tulang dahi, sedangkan sinusistis adalah nama dari gangguan sinus tadi.

Sinusistis adalah gangguan pada sinus, yaitu berupa inflamasi atau peradangan pada dinding sinus dan penyakit ini biasanya disebabkan karena virus atau infeksi.

Gejala sinus memang mengganggu aktivitas namun untuk penyandang penyakit sinus dalam tahap awal anda bisa menanganinya sendiri di rumah dengan berbagai cara yang akan di jelaskan di bawah ini nanti.

Sedangkan untuk anda yang sudah mengalami sinusitis yang parah selain perawatan di rumah anda harus memeriksakannya pada pihak medis seperti ke dokter specialis agar tepat sasaran.

Memperbanyak Minum Air Putih

Bagi anda yang pernah mengalami sinusitis pasti tahu rasanya saat mengalami sinusitis, kepala akan terasa pusing dan nyeri di beberapa bagian dan juga menyebabkan rasa sakit di bagian hidung atau di bagian sinus.

Hal ini terjadi karena cairan lendir hidung dan kotoran tidak bisa keluar dan menumpuk sehingga banyak bakteri yang berkembang di dalamnya yang bisa menyebabkan infeksi.

Nah jika anda sedang sakit sinusitis ada baiknya anda memperbanyak minum air putih agar lendir yang dihasilkan cair dan encer sehingga tidak ada lendir yang tertumpuk di dalam yang menyebabkan infeksi.

Pencucian Hidung Dengan Air Garam

Bukan hanya dapat mengurangi dengkuran, namun pencucian hidung menggunakan air garam juga dapat mengurangi gejala sinusitis yang anda alami. Namun sebelum melakukannya nada harus membuat larutan air garam dengan cara berikut ini :

  • Ambil 1 liter air hangat
  • Kemudian masukan 1 sendok teh garam
  • Dan larutan garam sudah bisa digunakan namun biasanya untuk mengurangi rasa garam anda bisa menambahkannya baking soda.
  • Setelah larutan sudah jadi masukan cairan ke dalam neti pot atau pot kecil yang bisa anda beli diapotik.
  • Kemudian bersandarlah pada wastafel dan miringkan kepala, alirkan sedikit demi sedikit cairan garam ke lubang satunya dan biarkan air melewati lubang hidung lainnya.
  • Ini adalah cara mudah membersihkan hidung dan saat melakukan ini anda harus bernafas dengan mulut karena hidung anda harus bersih dahulu atau cairan lendir akan kembali masuk ke dalam jika bernafas.

Hirup Udara Lembab

Jika anda memiliki budget yang lebih anda bisa membeli alat pelembab udara sehinnga udara lembab bisa anda hirup setiap hari, udara yang kering malah akan memperburuk infeksi yang anda rasakan.

Anda juga bisa beroahraga di pagi hari, saat matahari belum terlalu tinggi dan kendaraan belum banyak yang berlalu lalang udara pagi akan lembab karena ada banyak tetesan embun.

Bagi anda yang memiliki masalah sinusitis anda bisa keluar rumah sambil berolah raga dan menghirup udara lembab tadi.

Hirup Uap Panas

Selain menghirup udara lembab anda juga bisa menghirup uap panas 3X sehari caranya cukup ambil air hangat atau panas di baskom dan hirup aroma uang yang keluar, dengan cara ini hidung anda akan jauh lebih lega begitu juga dengan lendir pada hidung yang menumouk juga akan berkurang sedikit demi sedikit.

Namun buat anda yang tidak suka menghirup uap panas anda bisa mengompres hidung dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat, cara ini bisa merilekskan hidung anda yang tengah bermasalah.

Nah itu tadi Penanganan Sinusitis di rumah bagi anda penderita sinusitis tahap gejala atau awal, namun jika sinusistis yang anda rasakan semakin parah anda bisa langsung mendatangi pihakmedis untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Saran lainnya