Cara Freelancer Menghasilkan Uang (Sekalipun Pekerja Pemula)


Panduan Pemula, Freelancer – Sejak saya mulai bebas atas diri sendiri sejak beberapa tahun yang lalu, kini saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan puluhan startup dengan pertumbuhan tinggi dan para ahli kelas dunia. Terlebih lagi, saya tidak pernah harus mengeluarkan harga lebih dari biasanya untuk membayar layanan pemasaran konten saya. Karena saya telah melakukan pekerjaan yang efektif untuk menentukan proposisi nilai saya sendiri, memberi tahu diri saya sebagai ahli di bidang saya, dan mendapatkan target baru, sekarang saya memiliki pekerjaan freelancer yang sempurna (secara pribadi).

Namun, itu tentu saja tidak terjadi dalam semalam. Keberhasilan saya yang cepat dalam dunia freelance ini adalah hasil dari banyak posisi strategis, jam kerja keras lebih banyak, dan pengelolaan waktu yang baik. Jika Anda siap untuk menjadi serius untuk bekerja sebagai freelancer dan mendapatkan penghasilan wiraswasta Anda, berikut adalah beberapa dari tips terbaik saya untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak selama tahun pertama Anda dalam kegiatan sebagai pekerja lepas.

Bagaimana Cara Freelancer Pemula Menghasilkan Uang Lebih Banyak?

Bila anda mungkin sedang berbisnis online, artikel tentang 5 Ide Bisnis Online di Internet yang Bisa Anda Mulai Saat Ini akan perlu anda baca untuk meningkatkan pengetahuan.

1. Tentukan Topik Anda

Jika Anda adalah freelancer pemula, saat ini mungkin merasa siap untuk menerima pekerjaan berbayar yang dapat Anda tangani. Tapi saat Anda semakin dalam pada pekerjaan lepas, Anda harus mulai bersikap lebih strategis mengenai jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan klien yang Anda ikuti.

Freelancer sering bertanya: Bagaimana bisa memilih jenis pekerjaan freelance yang bisa menghasilkan lebih banyak uang untuk saya?

Bagaimana Cara Freelancer Pemula Menghasilkan Uang Lebih Banyak
Bagaimana Cara Freelancer Pemula Menghasilkan Uang Lebih Banyak

Dengan mengkhususkan diri, Anda akan menjadi ahli di bidang tertentu, dan para ahli dapat mengenakan biaya lebih banyak untuk layanan khusus tersebut.

Menurut pendapat saya, mengenai apakah Anda harus menjadi spesialis atau generalis saat memulai karir sebagai pekerja lepas bahkan tidak layak dipikirkan dua kali. Bayangkan saja Anda adalah seorang klien yang membutuhkan seseorang untuk menyiapkan email pemasaran agar untuk menjangkau banyak orang dan mendaftar atau menulis iklan yang meyakinkan orang untuk membeli, atau hanya mengupdate situs web lama Anda. Nah, apakah Anda lebih suka mempekerjakan seseorang yang merupakan freelancer bidang berbeda? atau seseorang yang profesional dibidang tersebut untuk melakukan pekerjaannya dengan baik? Jika Saya jadi anda, tentu saja saya akan memilih spesialis yang memang sudah profesional pada bidang tersebut.

Sebagai contoh saja diluar sana sudah ada spesialisasi sebagai konsultan pemasaran konten atau sebagai pemasar digital yang merupakan keputusan terbaik menjadi freelancer spesialis. Membangun reputasi dengan klien sebagai pemasar konten berbakat dengan sering terlibat pada pemasaran konten di berbagai saluran media sosial, mereka dapat berhasil mencapai puncak pada pasar dalam waktu yang relatif singkat. Ini adalah langkah freelancer yang harusnya dipedomani dalam membangun karir sebagai pekerja lepas yang sukses.

Pekerja Lepas Sebagai Freelancer Konsultan
Twitter Pencarian: Pekerja Lepas Sebagai Freelancer Konsultan

Selain dari blog saya dan rujukan dari klien lainnya, sumber klien baru yang paling konsisten berikutnya berasal dari pemilik bisnis yang mencari bantuan pakar khusus melalui Mesin Pencari Google dan penelusuran sosial seperti yang ada di atas dari Twitter dan Facebook.

Jadi untuk memperluas contoh ini ke bidang lain, bayangkan Anda baru memulai sebagai penyedia jasa kartu kredit, Anda bisa masuk ke salah satu hot topik misalnya cara membuat kartu kredit. Itu berarti ketika seseorang mencari “Bagaimana cara membuat kartu kredit?” maka kemudian mereka dapat menemukan Anda.

Jika Anda memilih topik yang tepat, dan memutuskan untuk mengambil spesialisasi dan melakukan beberapa upaya untuk memberi merek sendiri sebagai pakar di dalam topik tersebut maka bukan tidak mungkin dapat benar-benar membayar jerih payah anda dimasa mendatang.

2. Tetapkan Batasan Pekerjaan

Salah satu keputusan utama yang perlu Anda lakukan sejak awal dalam karir sebagai freelancer adalah apa yang akan Anda kerjakan dan apa jenis proyek yang tidak akan Anda kerjakan.

Sebagaimana kita sepakati diatas, bahwa semakin spesifik Anda tentang layanan apa yang Anda tawarkan, itu akan semakin baik. Tidak hanya akan membantu Anda mencaritahu diri Anda sendiri, namun ini juga akan memungkinkan Anda mengontrol bagaimana calon klien akan memandang Anda dan memberikan Anda kesempatan untuk terus membangun portofolio Anda sesuai arah yang ingin Anda masuki.

Kita ambil contoh, misalkan saja saat ini Anda ingin fokus untuk menjadi programmer yang berfokus pada Java, dimana programmer java memang sedang dicari saat ini. Anda sebaiknya tidak mempertimbangkan penawaran kontrak untuk menyesuaikan tema Blogger atau merancang aplikasi berbasis symbian. Walaupun manfaat jangka pendek dari pekerjaan mantap ini akan menggoda anda untuk meraih pengahsilan besar disana, karena dengan mengambil proyek yang tidak membuat Anda mendekati tujuan akhir Anda untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda, hanya akan mengalihkan perhatian dan menunda Anda membuat kemajuan yang signifikan pada karir sebagai freelancer yang profesional.

3. Tentukan Apa yang Ideal untuk Klien Ideal Anda.

Sebelum Anda bisa keluar dan mulai mencari klien, Anda harus mengembangkan gambaran yang jelas tentang dan dengan siapa Anda akan berhasil. Apakah Anda ingin membangun situs web untuk pemilik usaha kecil, mengajukan pengembangan fitur baru untuk peningkatan teknologi yang tinggi, atau menggunakan kontrak jangka panjang dengan perusahaan besar? Membuat perbedaan yang jelas antara siapa dan jenis bisnis yang Anda targetkan akan sangat penting untuk secara efektif menerapkan layanan Anda sebagai pekerja lepas yang profesional.

Siapa calon pelanggan freelance ideal Anda?

Untuk menentukan dengan pasti siapa calon pelanggan freelance ideal Anda (dan bagaimana cara menemukannya), tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Jenis bisnis apa yang bermasalah dengan layanan saya?
  • Bisakah bisnis yang ingin saya kerjakan dengan mampu mempekerjakan saya?
  • Tren demografis apa yang dapat saya identifikasi tentang pengambil keputusan dalam jenis bisnis yang saya targetkan? Pikirkan: usia, jenis kelamin, lokasi geografis, situs web yang sering mereka kunjungi, dan kepentingan pribadi mereka.

Memilih Topik Anda dan membuat diri Anda menonjol adalah salah satu prinsip inti yang tercakup dalam Panduan Pentinguntuk Meluncurkan Karir Freelance.

4. Buat Situs Portofolio Freelancer Berkualitas Tinggi

Tak perlu dijelaskan lagi bahwa salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kemampuan teknis Anda adalah dengan memiliki situs portofolio yang menakjubkan milik Anda sendiri. Jika Anda ingin dianggap serius sebagai freelancer baru, Anda memerlukan situs web yang:

  • Menampilkan keahlian Anda.
  • Soroti pengalaman kerja dimasa lalu yang relevan.
  • Menunjukkan siapa Anda.
  • Tuliskan informasi kontak Anda sehingga calon klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
  • Nilai tambah… portofolio berbintang yang benar-benar dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja untuk membuktikan bahwa Anda mengetahui bagaimana cara bekerja dengan baik.

Tujuan portofolio Anda ini adalah untuk memberikan informasi, memicu minat, dan meyakinkan calon klien bahwa mereka ingin memilih Anda untuk kebutuhan teknis mereka. Itulah mengapa perlu menginvestasikan waktu untuk menentukan apa yang akan ditampilkan pada portofolio Anda dan bagaimana hal itu ditampilkan, sebelum Anda mulai mencari proyek baru.

Setelah situs portofolio Anda aktif, mulailah menyertakan tautan ke situs ini kedalam tanda tangan email Anda dan profil sosial Anda atau mungkin situs lowongan kerja terpercaya tempat anda mengirim resume.

5. Memulai Freelancer, tidak harus mengorbankan Pekerjaan tetap Anda

Sebagian orang sukses diluar sana adalah sudah kian besar sebelum memulai bisnis sebagai pekerja lepas, sebagian mempertahankan pekerjaan sehari-hari, jadi tidak langsung mengejar wirausaha.

Selain fakta bahwa menciptakan situs web portofolio berkualitas tinggi, membangun merek pribadi Anda, dan menambah portofolio Anda secara alami memerlukan waktu yang lama, sebaiknya Anda memiliki beberapa klien lepas yang stabil di daftar Anda sebelum akhirnya memutuskan bahwa cara ini adalah satu-satunya sumber pendapatan anda selanjutnya.

Sebaiknya kembangkan pendapatan sampingan Anda setidaknya 50-75% dari total pendapatan Anda saat ini sebelum Anda sepenuhnya memutuskan meninggalkan pekerjaan penuh waktu Anda, ini tergantung pada perhitungan masing masing orang yang berbeda-beda.

Mengelola jadwal yang ketat, beban kerja yang berat (termasuk proyek-proyek freelance yang menuntut), dan bertanggung jawab atas kiriman klien dengan sumber waktu yang terbatas akan mengajarkan Anda dengan cepat bagaimana rasanya menjalankan bisnis Anda sendiri.

Selain itu, manfaat lain untuk memilih menjadi freelancer saat Anda masih bekerja penuh waktu adalah Anda bisa lebih selektif. Anda mungkin tidak benar-benar membutuhkan uang. Ini menempatkan Anda pada posisi untuk menolak pekerjaan yang tidak membayar cukup dan membenarkan investasi waktu Anda, atau Anda tidak benar-benar tertarik.

Ini adalah dua hal yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin bahagia saat beralih menjadi freelancer dari pekerjaan tetap / penuh waktu Anda .

6. Tingkatkan Skill/ Keterampilan Freelancer Anda

Cara terbaik untuk mendapatkan tingkat yang lebih tinggi adalah memastikan Anda memiliki keterampilan mengesankan yang diminati.

Berlatih menggunakan keterampilan baru Anda dengan membangun jenis proyek yang akhirnya dapat anda kerjakan dan dibayar untuk itu. Entah itu situs WordPress, aplikasi seluler, atau jasa lainnya sebagai pekerja lepas, semakin Anda dapat membedakan diri di antara persaingan/kompetitor dengan proyek sampingan yang keren disertai contoh, maka akan menarik calon pelanggan, semakin hari akan semakin baik.

Dan catat bahwa para freelancer yang sangat terlatih bisa mendapatkan bayaran lebih banyak untuk apa yang mereka kerjakan, Anda tidak perlu kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar “MASTAH” dalam ilmu komputer atau Gelar Sarjana Komputer untuk Mendapatkan Gelar “Pakar facebook Marketing”. Mengambil kelas online bisa membawa Anda ke jalur yang benar dan Anda bertanggung jawab atas pendidikan Anda sendiri.

7. Tingkatkan Kredibilitas Anda Sebagai Freelancer

Ada banyak cara untuk membangun kredibilitas Anda dalam industri ini. Selain menciptakan konten blog berkualitas tinggi dan berkolaborasi dengan influencer terkenal di industri Anda, Anda bisa menulis sebuah ebook, membuat kursus online, dan berbaris dalam rangka untuk mulai meningkatkan visibilitas Anda di dalam Topik yang Anda targetkan.

Penguat kredibilitas ini dapat membantu Anda menambahkan daftar pencapaian yang dapat Anda soroti pada portofolio Anda dan sekaligus menunjukkan pengetahuan Anda agar klien lebih potensial melihatnya. Semakin luas Anda dapat menyiarkan pesan Anda, semakin banyak pengaruh yang akan Anda bangun di dalam Topik Anda.

8. Harga Pro seorang Freelancer

Memutuskan berapa biaya untuk layanan freelance Anda adalah langkah besar untuk menentukan nilai yang pantas, Anda perlu memastikan bahwa Anda cukup mengisi daya tahan untuk menghasilkan produk bermanfaat. Kebanyakan klien tidak akan ragu untuk membayar tarif yang lebih tinggi untuk seorang freelancer yang memberi mereka kesan pertama yang luar biasa dan mampu memberikan mereka kemampuan terbaik.

Secara pribadi, Selama ini saya terus memberikan nilai yang konsisten kepada klien saya (bahkan terkadang melebihi ekspektasi mereka), namun saya tidak memiliki masalah dalam menetapkan dan mempertahankan harga tinggi untuk layanan yang saya berikan.

Sebelum menetapkan harga, pertimbangkan tingkat minimum yang perlu Anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, pertimbangkan nilai aktual yang akan Anda buat untuk calon klien Anda dan pastikan Anda tidak menyisakan uang di atas meja. Anda selalu dapat meningkatkan tarif Anda di masa depan dan berharap klien Anda tetap berada di kapal dimana anda adalah kaptennya.

9. Manfaatkan jaringan Freelancer

Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pekerjaan freelance yang lebih baik adalah dengan memanfaatkan jaringan yang ada. Entah itu dari teman-teman Anda hingga mantan rekan kerja freelancer, atau menggunakan koneksi mereka untuk mengenalkan Anda kepada perusahaan tempat Anda ingin bekerja sama, ini adalah alternatif yang bagus untuk menghubungi calon klien yang mudah terhubung.

10. Sering – sering Ngeblog

Sebanarnya hal ini sudah sangat sering di rekomendasikan, tapi masih banyak yang menganggapnya sepele. Tujuan memiliki sebuah situs web yang menampilkan keahlian Anda adalah untuk menarik dan mendatangkan klien baru. Apa cara yang lebih baik untuk meningkatkan jumlah calon klien baru yang datang di situs Anda daripada dengan menciptakan konten blog berkualitas tinggi yang menempatkan Anda sebagai pakar yang menonjol di bidang Anda?

Ini dia rahasianya: Inilah cara agar Pengusaha Pencari Pelamar Pekerjaan menemukan Anda

Bisa dimulai dengan membuat satu atau dua artikel blog dalam waktu senggang anda, arahkan topik anda untuk memberikan solusi yang benar-benar bermanfaat yang mungkin dicari oleh calon klien Anda. Catatan penting: Anda akan menulis untuk audiens yaitu klien Anda, bukan orang lain di bidang Anda.

Kabar baiknya adalah begitu mereka menemukan konten Anda dan mendapatkan beberapa nilai gratis disana, Anda tentu akan menjadi top-of-mind jika mereka siap untuk menyewa keahliaan freelancer yang anda miliki untuk bantuan yang lebih mendalam.

11. Miliki Seni, Anda bukan Robot Freelancer!

Ada sebuah seni dan sains untuk memasarkan layanan freelance Anda kepada klien baru. Karena itu adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis freelance yang menguntungkan, saya selain disini sering menulis tentang pemograman, dan saya bahkan memberikan template gratis dan panduan-panduan disana.

Ada sebuah seni dan sains untuk memasarkan layanan freelance Anda
Ilustrasi: Robot freelancer

Mendatangkan klien baru bukan hanya sekedar menyusun proposal freelancer yang mengagumkan. Kesuksesan Anda tergantung pada bagaimana Anda memilih pekerjaan baru, bagaimana Anda memposisikan nilai Anda, dan berapa banyak riset yang Anda lakukan sebelumnya.

Saya telah memenangkan pertunjukan baru hanya karena saya secara jelas memasukkan lebih banyak waktu dan usaha untuk meneliti pekerjaan yang ditargetkan, menentukan kebutuhan, dan memberikan nilai depan yang sangat besar dalam bentuk rekomendasi mendalam bahkan sebelum saya membahas pembayaran. Dalam dunia bebas sebagai pekerja lepas, sebagian besar kesuksesan Anda akan bergantung pada kekuatan hubungan dengan klien Anda, dan seberapa baik Anda bisa menjalin kemitraan dengan mereka.

Bagaimana pengalaman anda sebagai freelancer?

Apakah ada strategi yang tidak saya sampaikan yang telah Anda gunakan untuk menghasilkan keuntungan besar dalam bisnis freelance Anda? Berbagi dengan kami di kotak komentar, kami akan sangat senang berdiskusi dengan Anda!


Saran lainnya