Pilih Pekerjaan yang disukai dan minati, bukan Keuntungannya


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pilihan pada suatu industri pekerjaan adalah pentingnya memilih Pekerjaan Anda berdasarkan apa yang Anda sukai dan minati, Bukan seberapa banyak anda menguntungkan diri dari apa yang anda kerjakan, sebagai jaminan mencapi tujuan karir anda dimasa depan.

Memilih Pekerjaan – Pernahkah Anda terus mengejar sesuatu meskipun tidak lagi melayani Anda? Mungkin ini program gelar atau pekerjaan buntu yang Anda tolak menyerah. Mungkin Anda sudah menjalin hubungan tanpa alasan lain selain kenyataan bahwa Anda telah lama melakukannya. Dari waktu ke waktu, kita semua membenarkan untuk tetap mengikuti kursus dengan mempertimbangkan usaha yang telah kita lakukan dalam situasi kita saat ini.

Banyak dari kita memutuskan untuk mengambil sebuah posisi pada pekerjaan hanya karena ini adalah penggunaan yang baik dari pelatihan kita. Ketika kita menginvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan gelar, kita berharap kita harus menggunakannya. Mungkin Anda membenci pekerjaan Anda, tapi Anda hanya bisa membayangkan diri Anda mengambil posisi yang sama dengan gaji dan tanggung jawab yang sama atau lebih besar. Anda mungkin merasa terjebak oleh keputusan yang Anda buat sebelumnya, tapi Anda tidak perlu melakukannya.

Terkait dengan materi ini, mungkin anda akan perlu mengetahui Apakah Gelar Sekolah Pascasarjana Memperbaiki Keuangan Saya?

Apa pun Pekerjaan Anda, Bekerjalah karena menyukainya

Apa pun Pekerjaan Anda, Bekerjalah karena menyukainya
Apa pun Pekerjaan Anda, Bekerjalah karena menyukainya

Ketika Anda mencoba untuk mencari tahu bagaimana memilih karir, maka akan dipengaruhi oleh jenis pekerjaan dan pelatihan yang telah Anda lakukan. Secara umum, Anda mendapatkan gelar atau pelatihan di bidang yang menarik minat Anda, dan ini membawa Anda ke pekerjaan di bidang tertentu.

Jika kemudian anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan Anda, kemungkinan besar Anda akan mencari pekerjaan di bidang yang sama dengan gaji dan tanggung jawab yang sama. Anda cenderung tidak mempertimbangkan apakah Anda masih menyukai pekerjaan yang Anda lakukan selama ini – Anda merasa berkewajiban untuk meneruskan lintasan karir Anda terlepas dari apa yang Anda rasakan.

Cara inilah yang menjadi penyebab beberapa orang terjebak melakukan pekerjaan yang tidak mereka sukai. Alih-alih memikirkan apa yang akan membuat Anda menjadi versi terbaik dan paling membahagiakan diri Anda, Anda mungkin menghadapi godaan untuk mempertahankan status aman. Banyak dari kita melakukan ini karena kita takut membuang-buang usaha kita.

Sedangkan alasan beberapa orang lainnya adalah mereka merasa bahwa ketekunan mereka bekerja pada akhirnya akan dihargai, walaupun perubahan tentu saja tidak sesuai dengan cerita yang mereka ciptakan tentang diri mereka. Mereka mungkin dengan sukarela menanggung biaya hangus dengan keyakinan bahwa situasi mereka akan membaik.

Jangan terjebak dalam investasi pekerjaan

Menolak untuk meninggalkan karir yang tidak memuaskan bisa menjadi pertanda bahwa Anda terjebak dalam jebakan investasi pekerjaan
Gambar Ilustrasi: Terjebak dalam jebakan investasi pekerjaan

Kekurangan akan biaya yang tenggelam adalah asumsi bahwa Anda harus terus mengikuti lintasan karena Anda telah memasukkan banyak sumber ke dalam jalur karir atau usaha pribadi tertentu. Kita bisa sangat rugi jika kita menghindari kemungkinan keuntungan yang lebih besar melalui perubahan terdekat yang seharusnya dicoba.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memutuskan berkarier, dan kemudian mengambil pekerjaan hanya karena menggunakan gelar Anda, maka Anda mungkin akan lebih mengkhawatirkan tentang biaya mengendap daripada kebahagiaan dan kesuksesan masa depan Anda. Menolak untuk meninggalkan karir yang tidak memuaskan bisa menjadi pertanda bahwa Anda terjebak dalam jebakan investasi pekerjaan, yang merupakan variasi dari kesalahan biaya mengendap.

Bisnis juga jatuh ke dalam pola ini untuk terus menyusuri jalan yang gagal hanya karena mereka telah menyediakan waktu dan uang untuk inisiatif. Misalnya, seorang pengusaha mungkin mengambil pinjaman untuk membuka lokasi bisnis kedua. Mereka beralasan bahwa karena bisnis berkembang pesat di Lokasi #1, kesuksesan di Lokasi # 2 harusnya mudah dicapai.

Setelah sekitar satu tahun kemudian, pemiliknya menyadari bahwa Lokasi #2 adalah pemborosan uang, dan satu-satunya cara untuk menghentikan kerugian adalah dengan skala kembali ke satu toko. Angka -angka itu tidak berbohong, namun meski ada bukti yang tak terbantahkan, pemilik mungkin masih kesulitan memotong kerugiannya. Pemilik bisnis memikirkan usaha, waktu, dan emosi yang masuk ke Lokasi #2.

Dari sudut pandang orang luar, mudah untuk melihat bahwa pemilik bisnis di contoh atau orang yang terjebak dalam karir yang tidak biasa harus mencoba sesuatu yang baru. Lebih sulit melepaskan biaya hangus saat kita menghadapinya sendiri.

Pekerjaaan terbaik adalah yang baik untuk masa depan anda

Hanya karena Anda mengikuti kursus tertentu di sekolah tidak berarti Anda terikat pada disiplin itu selama masa hidup Anda. Bila Anda memikirkan bagaimana memutuskan berkarir, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang kamu minati. Jika Anda bergairah tentang pekerjaan Anda, maka itu tidak akan terasa seperti beban.
  • Keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan ini? Kita sering memikirkan gelar atau pelatihan utama kita sebagai pilihan karir default kita, tapi default mungkin bukan pilihan terbaik. Jika Anda perlu mengubah fokus, keterampilan yang dapat dipindahtangankan, dan pelatihan tambahan apa yang Anda butuhkan untuk sukses?
  • Apakah ada ruang untuk pertumbuhan dalam pekerjaan ini? Saat ini, rata-rata karyawan tetap tinggal di perusahaan selama 4,2 tahun sebelum mereka berpindah. 6Jenis keterampilan apa yang dapat Anda bangun dalam pekerjaan Anda saat ini? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan pertumbuhan Anda untuk memposisikan Anda dalam karir yang memuaskan?
  • Apakah Anda memiliki kesempatan untuk bekerja dengan orang yang berbeda? Membentuk hubungan yang berarti dengan orang adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda secara profesional. Anda tidak hanya akan lebih bahagia di tempat kerja, tapi jika Anda memutuskan untuk mengubah karir, Anda pasti sudah memiliki jaringan profesional yang solid.
  • Apa yang bisa ditawarkan pekerjaan ini dalam 3 tahun? Pertimbangkan harapan Anda akan tingkat pendapatan dan otoritas dalam tiga tahun ke depan. Apakah pekerjaan ini akan memberi Anda apa yang Anda inginkan? Jika tidak, bagaimana posisi ini membantu Anda bekerja menuju tujuan akhir Anda?
  • Dapatkah pekerjaan ini membantu Anda menjadi tipe orang yang Anda inginkan? Terinspirasi oleh pekerjaan yang Anda lakukan bisa mencerahkan bahkan hari-hari terberat sekalipun. Apakah Anda merasa bahwa pekerjaan Anda bermakna? Apakah itu membawa Anda lebih dekat untuk menjadi optimal dari diri Anda sendiri?

Ketahuilah kapan harus memulai dan mengakhiri pekerjaan Anda

Anda tidak dapat memulihkan investasi yang hangus, tapi Anda tidak perlu mengabadikan siklus kerugian. “Saya sudah menyebutkan ini sebelumnya” ini bukanlah cara yang cukup baik untuk terus menyusuri jalan buntu kesuksessan Anda.

Waktu yang tepat memulai dan mengakhiri pekerjaan Anda
Waktu yang tepat memulai dan mengakhiri pekerjaan Anda

Memutuskan untuk mengubah arah tidak berarti Anda telah gagal dalam pekerjaan dibidang manapun. Tidak masuk akal untuk terus memasukkan sumber daya ke dalam sesuatu yang tidak sesuai untuk Anda. Meskipun setelah memilih dan memutuskan, Anda mungkin merasa telah menyia-nyiakan pengalaman atau kehilangan waktu, ingatlah bahwa Anda mungkin telah mempelajari beberapa informasi berharga saat Anda melakukan prosesnya. Hanya karena tidak berjalan seperti yang Anda harapkan tidak berarti ini adalah kerugian total.

Terkait dengan pekerjaan dan karir : Pentingnya Keterampilan Interpersonal Di Tempat Kerja atau Kantor

Menjadi sukses dan mengikuti impian Anda tidak saling eksklusif. Gunakan apa yang Anda tahu untuk terus tumbuh dalam pekerjaan dan karir, dan jangan berkecil hati jika Anda harus mengubah arahnya sepanjang perjalanan.


Saran lainnya