Memulai bisnis dengan Modal Sedikit Bahkan Tanpa Uang


Panduan Memulai Bisnis Tanpa atau Sedikit Modal – Saat Sekarang ini Anda mungkin sedang bersemangat untuk membuat bisnis baru. Salah satu pemicunya adalah Anda menemukan ide, atau Anda hanya terpesona dengan gagasan untuk meluncurkan dan mengembangkan usaha milik Anda sendiri. Anda bersedia mengambil beberapa risiko, seperti melepaskan pekerjaan Anda saat ini atau berjalan tanpa pendapatan / penghasilan uang untuk sementara waktu. Tapi bagaimana jika ada satu tantangan finansial yang menghentikan Anda untuk memulai, Bagaimana jika Anda tidak punya banyak uang atau modal berbisnis?

Pada umumnya, “jumlah uang” ini sepertinya merupakan masalah besar, tapi harusnya kekurangnya ajab modal pribadi tidak boleh menghentikan Anda mengejar rencana usaha yang pernah diimpikan. Sebenarnya, sangat mungkin untuk memulai dan mengembangkan bisnis dengan modal kecil/sedikit atau bahkan hampir tidak memiliki investasi finansial pribadi apapun saat ini, itupun jika Anda tahu apa yang Anda lakukan dan tidak menyerah sebelum berjuang.

Terkait dengan topik pemula bisnis ini: Tips Sukses Memulai Bisnis Online: Modal Kecil Untung Besar  dan 5 Ide Bisnis Online di Internet yang Bisa Anda Mulai Saat Ini

Mengapa bisnis membutuhkan Modal uang?

Sebelum kita membahas tipsnya dan mempelajari cara memulai maka pertama mari kita lihat mengapa uang adalah hal utama yang selalu dibutuhkan pada bisnis baru. Pada dasarnya, tidak ada biaya yang ditetapkan di setiap “Memulai bisnis” atau membangun bisnis baru, sehingga bisnis yang berbeda akan memiliki kebutuhan akan modal yang juga berbeda. Penting untuk terlebih dahulu memperkirakan berapa banyak uang yang Anda butuhkan sebelum mulai mencari metode alternatif untuk mendanai perusahaan Anda yaitu .

Saat memulai bisnis baru, pertimbangkan:

  • Izin Usaha. Lokasi Anda membangun bisnis akan mempengaruhinya, Anda mungkin memerlukan dokumen dan surat izin usaha seperti SIUP untuk memulai usaha baru Anda.
  • Bahan dan Peralatan Bisnis apakah yang akan dibeli? Misalkan, Apakah Anda akan memerlukan laptop atau perangkat pendukung, termasuk Apakah Anda memerlukan mesin atau perangkat lunak khusus untuk bisa beroperasi?
  • Gedung atau Kantor. Nah Ini akan membutuhakn modal yang lebih dan tidak sedikit, juga termasuk didalamnya seperti biaya untuk biaya yang diperlukan didalmnya.
  • Organisasi dan keanggotaan. Perhatikan juga jenis Publikasi dan afiliasi apa yang akan Anda perlukan untuk berlangganan setiap bulan pada bisnis Anda?
  • Dana dan Keuangan operasional. Periksa semua sudut dan celah yang memungkinkan akan memerlukan modal, dan jangan lupakan pemasaran bisnis anda.
  • Keperluan jasa Badan hukum. Perhatikan Apakah Anda akan berkonsultasi dengan sorang pengacara selama proses membangun bisnis baru Anda ini?
  • Kontraktor, Karyawan, dan pekerja lepas. Jika Anda tidak yakin dapat melakukan bisnis ini sendiri, Anda akan memerlukan orang lain yang kemudian akan menjadi peserta dalam daftar gaji yang membutuhkan uang atau modal.
Memulai bisnis dengan Modal Sedikit Bahkan Tanpa Uang
Memulai bisnis dengan Modal Sedikit Bahkan Tanpa Uang

Nah, kita asumsikan saja Anda memiliki dua hal utama untuk memulai bisnis dengan sedikit uang atau bisa jadi tanpa modal sekalipun yakni dengan menurunkan.mengurangi biaya (uang pengeluaran) atau meningkatkan/menambah modal yang ada dari sumber dana lainnya. Setidaknya Anda memiliki tiga pilihan untuk membangun bisnis anda tersebut:

1. Minimalkan kebutuhan Bisnis Anda Sehingga Modal lebih sedikit

Pada posisi pertama Anda, pilihannya berupa strategi untuk mengoreksi model usaha Anda untuk setidaknya dapat mengurangi lebih sedikit kebutuhan bisnis yang diperlukan seperti yang telah kita cantumkan di atas tadi. Misalnya, jika Anda berencana memulai membangun sebuah perusahaan sebagai badan konsultasi atau bahkan pekerja lepas, Anda bisa mengurangi biaya untuk pengeluaran gaji “karyawan” Anda dengan menjadi pekerja satu-satunya saat memulai bisnis baru.

Kecuali Anda membutuhkan gedung/ruang/kantor, Anda mungkin bisa mengambil alternatif dengan bekerja dari rumah pribadi Anda saat ini untuk sementara waktu. Anda bahkan dapat mengerjakan pekerjaan rumah Anda sehingga dengan demikian sumber persediaan akan menjadi yang lebih murah lagi, atau dengan memotong seluruh lini produk yang dirasa terlalu mahal untuk dicapai.

Mencari ide bisnis rumahan? simak mengenai: Bisnis Rumahan Terbaik untuk Ibu rumah tangga (juga Ayah)

Namun ingat bahwa ada beberapa biaya yang tidak dapat Anda minimalkan dan menghindar darinya. Salah satunya dalah terkait Perizinan usaha yang akan membuat Anda mengeluarkan sejumlah modal lagi karena ini adalah sesuatu yang wajib, sekalipun anda telah berusaha untuk mengurangi hal-hal lain. Menurut beberapa penelitian, banyak bisnis kecil dan usaha kecil menengah (UKM) memulai bisnis merereka dengan modal sedikit saja dibandingkan bisnis waralaba berbasis dengan kebutuhan modal/uang lebih besar.

2. Memulai Bisnis Dari Tahap Sederhana, dan terus mengembangkannya!

Opsi kedua Anda selanjutnya adalah memanfaatkan ide briliant Anda untuk bisnis dengan strategi “sedikit demi sedikit, lama kelamaan menjadi bukit” daripada Anda memaksa untuk langsung masuk ke mode bisnis penuh yang tentunya akan menuntut modal dan keuangan tidak sedikit, jadi Anda bisa mulai dengan dasar-dasar saja.

Misalnya Anda bisa memulai bisnis dengan membuat blog sederhana dengan berisi satu jasa pelayanan yang merupakan keahlian yang dimiliki, mengurangi ruang lingkup, target audiens Anda agar bisa memulai bisnis dengan baik meskipun dengan keterbatasan finansial karena faktor modal berbisnis Anda. Jika Anda dapat memulai sebagai wiraswasta sederhana, Anda akan menghindari beberapa kewajiban modal disaat memulai bisnis baru, hal tersebut juga akan menguntungkan dengan jumlah uang pajak yang lebih kecil tentunya.

Begitu Anda mulai mendapatkan penghasilan dan bisnis anda menguntungkan beberapa uang yang bisa dijadikan sumber modal, Berikutnya,  Anda akhirnya dapat berinvestasi pada diri Anda sendiri, untuk mengembangkan bisnis yang Anda rencanakan sepotong demi sepotong, bukan sekaligus.

3. Bisnis dengan Modal dari Sumber Lain

Pilihan terakhir Anda sekaligus adalah rejeki jika mungkin anda beruntung adalah mendapatkan dana dari sumber luar. Kami telah membahas topik mengenai pendanaan bisnis baru di sejumlah bagian artikel berbeda, jadi saya tidak akan membahas secara terperinci, namun mengetahui ada puluhan cara potensial untuk meningkatkan modal bisnis Anda sekalipun Anda sendiri tidak memiliki banyak uang (sedikit).

Baca juga mengenai: Ingin Pinjaman Tanpa Agunan Hingga Ratusan Juta? Online Saja

Berikut ini adalah beberapa sumber modal bisnis yang potensial:

  1. Rekan, keluarga, bahkan pasangan Anda. Melewatkan hal terdekat dan menyepelekannya adalah kelalaian terbesar dimana kemungkinan Anda bisa mendapatkan bantuan modal dari seorang keluarga maupun rekan kerja sebelumnya, walaupun dengan syarat butuh kerjasama untuk dapat menyediakan modal bersama.
  2. Dana dari Malaikat. Merupakan adalah seseorang yang kaya dan memahami akan ide dan potensi bisnis yang sedang  Anda rancang. Beberapa dari malaikat ini biasanya mememberikan sejumlah investasi bukan dengan tanpa tujuan, melainkan sebagian adalah pengusaha yang ingin mengeluarkan biaya tersebut  melihat peluang bisnis anda menjanjikan dan ada syarat bagi hasil akan keuntungan dari bisnis tersebut.
  3. Kapitalis ventura yang identik dengan malaikat diatas, tapi biasanya merupakan sebuah kemitraan bisnis yang lebih mengutamakan jenis bisnis yang sudah lama beroperasi dalam usahanya bukan usaha yang masih dalam tahap perancangan.
  4. Dana Modal Bersama.  Ini merupakan sumber modal untuk dana bisnis yang paling disukai, adapun alasannya yaitu karena Anda bisa menarik dana modal bisnis anda demi kepentingan apapun.
  5. Bantuan dari Pemerintah. Pengelola Bisnis Kecil dan menegah (Seperti Organisasi / badan pemerintah derah) teredia hanya untuk membantu usaha kecil tagar umbuh dan berkembang dan tidak terhenti karna faktor modal yang sedikit. Banyak yang menawarkan pinjaman dan bantuan modal untuk membantu Anda memulai, misalnya Program pemerintah dari badan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  6. Pinjaman Modal dari bank. Anda selalu mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pinjaman kredit kepada bank jika riwayat pinjaman Anda baik pada daftar mereka. Misalnya anda telah memulai membuat kartu kredit disuatu bank lalu diterima dan anda melunasi tagihan sesuai jadwal. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai jalan anda mengajukan pinjaman uang yang bisa digunakan sebagai modal bisnis Anda.

Ada banyak peluang yang dapat kita dapatkan dari berbagai jenis dan bidang usaha, salah satunya adalah Peluang Usaha Bisnis Online, Rahasia Modal Kecil Untung Besar.

Dengan beberapa pilihan sebagai alternatif untuk menutupi kekurangan modal bisnis anda saat ini, setidaknya Anda dapat mengurangi investasi finansial pribadi Anda, bahkan bisa jadi hampir tidak ada (tanpa modal). Anda mungkin harus melakukan beberapa pengorbanan lainnya, seperti memulai usaha kecil, bekerjasama dengan investor hingga mengambil kredit di bank, tapi jika Anda yakin dengan ide bisnis Anda, tidak ada kerugian yang harus menjadi alasan anda untuk mundur. Modal adalah rintangan utama untuk diatasi, tapi jangan jadi penghambat kesuksesan Anda sendiri karena semua bisa diatasi.


Saran lainnya