Peluang Usaha Bisnis Online, Rahasia Modal Kecil Untung Besar


Peluang dan Usaha adalah kata yang bergandengan dan cukup menarik bagi mereka yang terlibat didunia wirausaha, sekalipun itu adalah pelaku bisnis baru yang masih belajar bagaimana cara sukses dengan rencana usaha yang telah dirancang. Menjalankan bisnis online sedikit berbeda, dimana internet mungkin masih hal baru bagi masyarakat kita di Indonesia saat ini. Nah pada artikel ini Saya sengaja membuka rahasia… hehehhehhe sebenarnya bukan rahasia lagi karna sebagian pembaca mungkin sudah mengetahuinya bukan? tentang apa saja usaha online dan seberapa besar peluang yang bisa didapatkan pada bidang ini?

Mungkin anda juga tertarik tulisan sebelumnya pada topik yang sama yaitu 5 Ide Bisnis Online di Internet yang Bisa Anda Mulai Saat Ini

Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil
Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil

Sebelum anda berpikiran yang lain-lain, maka saya ingin katakan bahwa usaha ataupun bisnis online bukanlah hanya berupa bisnis rumahan. Kebanyakan orang berpikir bahwa ini hanyalah peluang bagi ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktunya dirumah saja, dan itu adalah salah besar. Karna peluang pada usaha online bisa saja menjadi lebih besar dari yang anda pikirkan dan ada banyak bidang pilihan yang bisa disesuaikan berdasarkan pada minat, modal, usia, hingga kemampuan masing-masing pelaku usaha.

BISNIS ONLINE” adalah Peluang Usaha Masa Depan

Apakah Anda yakin bahwa bisnis online adalah peluang terbaik saat ini?

Maka saya akan menjawab dengan suara paling keras bahwa “Tidak diragukan lagi, ya !”

Nah, pada artikel kali ini, saya tidak sedang berbicara mengenai situs lowongan kerja yang pernah kita ulas beberapa waktu sebelumnya. Namun kali ini saya akan mencoba membagikan beberapa ide dan di berbagai bidang bisnis online yang menurut saya akan berpeluang sukses dimasa depan. Apalagi dengan teknologi yang semakin kejar mengejar, dunia ini selalu memiliki ruang untuk produk dan layanan kemudahan bagi masyarakat diinternet.

Cara Anda untuk mengambil peran pada wirausaha online

Ketika Anda jenuh dengan semua kegagalan yang mungkin pernah dihadapi baik di pekerjaan maupun usaha wiraswasta dan pernah bermimpi membuka bisnis Anda sendiri, Anda bisa membayangkan empat dinding putih dan sekotak kotak untuk dibongkar di ruang komersial. Namun, tidak harus seperti ini. Dengan teknologi yang tersedia online saat ini, Anda bisa memulai dan menjalankan bisnis Anda diinternet, hanya dengan sedikit belajar dan modal kecil.

Modal Kecil dengan Peluang Cepat dan tak terhingga

Apakah pekerjaan bidang ini memerlukan biaya yang besar untuk memulai? jawabannya adalah “Tidak” karena pada sebagian besar bisnis yang dijalankan secara online tidak memerlukan dana modal tinggi, sehingga anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan modal kecil atau bahkan cukup dengan internet.

Bisnis Online dengan Banyak bidang aternatif

Wirausaha atau profesi online terdiri dari berbagai bidang yang bisa disesuaikan, baik itu menjual produk hingga menawarkan jasa profesional kepada pelanggan Anda. Tidak seperti usaha dan pekerjaan lama anda yang mungkin menempatkan posisi anda pada minta yang tidak disukai atau bahkan bukan keahlian Anda yang sesungguhnya. Dengan peluang yang ditawarkan oleh bisnis online maka anda akan bebas untuk memilih posisi tersebut, anda siap jadi “bos” untuk diri sendiri, bahkan orang lain !

Sebuah Peluang Usaha Yang Terbuka Bagi siapa saja

Siapa saja yang bisa memanfaatkan peluang usaha online? Jawab; Semua Orang

Berapa umur yang ditetapkan? Jawab: Tidak ada batasan usia untuk bekerja pada bidang usaha ini, semua bisa mempelajarinya dan memulai dengan mudah. Baik dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga usia tua sekalipun. Semua bisa Bekerja.

Nah sebelum kita membuka ide yang lebih detail, maka kita akan mengambil garis besar kegiatan usaha berdasarkan kegiatan dan usaha yang ditempuh kita dapat menjelaskannya didalam beberapa jenis, yang kemudian itu adalah ide bisnis untuk bisa diterapkan. Pilihannya adalah:

  1. Menjual Produk Anda Secara Online
  2. Menjual Produk Orang Lain (Bisnis Afiliasi)
  3. Menyediakan Jasa dan Pelayanan online

Sedangkan jika berdasarkan dengan cara berbisnis di internet maka ada beberapa usaha yang dapat diterapkan, dengan pilihan antara lain yaitu:

  • Membuat Website atau Blog: Berbisnis online dengan menyediakan tempat menjual produk dan jasa anda di internet yang bisa diakses di www.
  • Beriklan Di situs bertrafik: Menempatkan produk atau usaha anda pada mitra pengiklan
  • Mempromosikan bisnis di Jejaring Sosial Media: Menyiarkan usaha, produk, bisnis anda pada khalayak ramai dengan memanfaatkan fitur media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan lain sebagainya.
  • Berbisnis Di Marketplace

Beberapa IDE Bisnis Online

Untuk memulai bisnis online setidaknya anda sudah memiliki rencana atau bayangan akan peluang besar didepan mata, dibawah ini adalah diantara beberapa ide bisnis online yang hebat, berpeluang dan bisa Anda jalani dengan berfokus pada kemampuan, minat dan menyesuaikan pada anggaran dana modal baik itu modal terkecil hingga profesi online yang menuntut keahlian khusus untuk memulainya.

1. Layanan Konsultasi SEO

Mungkinkah anda mengetahui banyak mengenai mesin penelusuran seperti yahoo, google, bing? dan memiliki keahlian di platform seperti Google Analytics? Pemilik dari banyak perusahaan kecil (UKM) tidak menyadari betapa pentingnya pengoptimalan mesin penelusuran (SEO) terhadap usaha mereka. Mengajari pengusaha atau pemilik bisnis tentang SEO tentu saja akan membantu mengubah situs web bisnis mereka menjadi ramah akan mesin pencari seperti google.

Manfaatkanlah pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang dimiliki untuk mengarahkan pengusaha online atau pemilik bisnis tentang cara membaca dan menggunakan data analytics mereka secara tepat, serta bagaimana cara mengoptimasi keywords dan konten website penjualan online mereka dengan SEO agar mendapatkan lebih banyak kunjungan dan peluang untuk menjual produk mereka secara online.

Seberapa besar peluang bisnis ini? Sangat besar, seiring dengan bertambah banyaknya usaha dan perusahaan yang kian berkembang diinternet.

2. Pembinaan bisnis

Jika Anda adalah seorang yang penuh dengan pengalaman dalam dunia bisnis, tentu memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan, manfaatkan situasi ini untuk menciptakan sebuah usaha online yang membantu para calon pengusaha baru.  Anda dapat menggunakan pengetahuan akan bisnis Anda tersebut untuk membantu mereka, agar bisa memulai bisnis mereka dengan baik. Untuk mempromosikan dan mendatangkan klien pada usaha pembinaan anda, contohnya dengan aktif menulis artikel dengan topik yang berfokus pada bisnis di platform blogging maupun media sosial.

3. Peritel khusus

Entah itu membuat perabot rumah, boneka atau menciptakan makanan anjing organik. Dengan bisnis online e-commerce khusus, Anda bisa ber-peluang besar menjangkau pelanggan yang mencari produk spesifik Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah layanan web-hosting dengan fitur keranjang belanja terpadu atau dengan perangkat lunak e-commerce, dan bisnis Anda akan beroperasi dalam waktu singkat. Anda bahkan dapat bekerja sama dengan vendor untuk mengirim produk ke pelanggan atas nama Anda, yang berarti Anda tidak perlu memiliki banyak inventaris.

4. Pakar media sosial

Peluang bisnis - Pakar media Sosial
Gambar: firman.id / Pakar media Sosial adalah contoh peluang usaha

Perusahaan yang lebih besar dapat menyewa agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun Facebook dan Twitter mereka, namun usaha kecil seringkali harus menangani pemasaran media sosial mereka sendiri. Dengan begitu banyak tanggung jawab, pemilik bisnis seringkali terlalu sibuk, kewalahan atau kurang berpendidikan tentang pentingnya media sosial meluangkan waktu untuk mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial yang hebat. Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, mengeposkan jadwal dan konten untuk target pemirsa mereka. Seiring bertambahnya jumlah pengikut mereka, demikian juga dengan kesuksesan untuk meraih peluang lebih besar untuk Anda.

5. Usaha Profesional / freelancer

Anda mungkin tidak menganggap pekerjaan lepas sebagai bisnis, namun dengan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja kontrak paruh waktu untuk mengisi kesenjangan keterampilan mereka, sehingga tidak sulit dan masuk akan untuk memulai usaha berpeluang besar ini, membayangkan mencari keuntungan besar dengan menyediakan berbagai layanan freelance.

Ini tentunya akan bergantung pada keahlian Anda, Anda bisa bekerja untuk beberapa perusahaan di berbagai bidang yang menawarkan fleksibilitas dan perubahan kecepatan yang menyegarkan. Menurut situs freelance job listing yakni Freelancer.com, layanan teknologi, pembuatan konten dan desain web adalah bidang yang populer untuk pekerjaan freelance atau kontrak paruh waktu.

6. Bisnis Online kerajinan tangan

Siapa bilang semua yang dijual online hanyalah usaha atau produk digital dan elektronik saja, ukm juga bisa bahkan itu adalah kerajinan tangan. Situs online seperti Etsy dan ArtFire adalah platform yang membuat perajin dapat menghasilkan persediaan barang-barang buatan tangan yang berkualitas, seperti selimut kafan atau barang kaca yang dilukis unik. Biaya awal sangat rendah dan relatif kecil atau murah jika Anda membeli material Anda secara massal dari pemasok kerajinan, dan jika Anda dapat mengubah pesanan dengan cepat, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Bahkan mungkin mengubah usaha sederhana anda siap online dan populer.

7. Bisnis App Developer

Saat ini, disaat semua kemudahan sudah menjadi sahabat kita, aplikasi mobile lebih populer dari masa-masa sebelumnya, dan orang-orang bersedia membayar uang lebih banyak, misalnya saja untuk bagaimana cara mengelola aplikasi pada smartphone mereka. Jika Anda adalah seseorang yang memiiki pengetahuan berelebih tentang ini atau memiliki ide bagus dan kebetulan memahami coding, Anda dapat mencari jalan keluar dan membuat aplikasi Anda sendiri. Jika Anda hanya memiliki ide dan tidak tahu seluk-beluk bagaimana mengubahnya menjadi kenyataan, ada banyak pengembang perangkat lunak yang ingin berkolaborasi dengan orang-orang dalam pembuatan aplikasi.

Bisnis aplikasi saat ini sedang berkembang pesat, dengan akses online yang semakin mudah maka bukan tidak mungkin peluangnya akan semakin besar dimasa depan.

8. Menulis Online – Blogger

Jika Anda memiliki pemikiran positif dan pengetahuan serta kata-kata yang menarik di dalam diri Anda, kemungkinan besar Anda memikirkan untuk memulai sebuah blog, yah setidaknya menuliskan apa yang ingin anda bagikan kepada dunia. Blogger adalah profesi online dengan aktivitas tak terbatas, Anda dapat benar-benar mempersonalisasi pengalaman blogging Anda dan menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Semakin banyak yang membaca, semakin tinggi kesempatan Anda menciptakan bisnis yang ber-peluang sukses untuk online dengan memanfaatkan jari-jari anda.

9. Wedding Organizer

Peluang Bisnis Online Bidang Perancang pernikahan
Bidang Perancang pernikahan adalah salah satu peluang usaha secara online

Hampir setiap harinya acara pernikahan ada dimana-mana, pernikahan terus terjadi, dan dengan segala tekanan yang menumpuk pada setiap pasangan selama pertunangan mereka, hampir tidak mungkin calon pengantin untuk menikmati perencanaan pernikahan mereka. Namun, jika Anda memiliki bakat untuk mengolala pernikahan, Anda dapat memulai karir Anda sendiri sebagai pengelola atau pemandu pengantin, berurusan dengan detail pernikahan sehingga pengantin wanita tidak perlu melakukan hal diluar kamampuannya. Usaha ini tergolong cukup menarik dan berpeluang untuk dipromosikan secara online.

Butuh ide lebih banyak? simak lebih lanjut pada tulisan sebelumnya pada artikel 5 Ide Bisnis Online di Internet yang Bisa Anda Mulai Saat Ini

Bidang Usaha Lain yang Juga Berpeluang Online

Nah, ada beberapa potensi bisnis lainnya yang juga tak kalah populer dari daftar ide usaha diatas, berikut diantara yang juga tergolong lagi panas-panasnya saat ini:

1. Bisnis Pakar Kencan online

Kencan adalah Salah satu topik terbaru dan paling menarik di dunia pacaran dan cinta. Kehidupan cinta seseorang adalah hal yang pribadi, tapi itu tidak membuat pengguna Tinder tidak berbagi rahasia dan bertemu orang baru.

Butuh beberapa ide lagi? Beberapa orang menawarkan konsultasi – saya akan memberitahu Anda bagaimana cara mendapatkan orang itu! Beberapa orang membuat aplikasi – layanan pembinaan kencan atau produk informasi lainnya. Beberapa orang bahkan membuat layanan pacar tak terlihat. Orang menjadi gila dalam hal asmara. Industri cinta terbuka untuk bisnis dan berpeluang sangat besar.

2. Bisnis Pencetakan 3D

Desain dan inovasi pencetakan 3D semakin meningkat dan juga populer. Sebagian besar dari kita tidak memiliki printer 3D yang duduk di desktop kita sekarang, tapi banyak yang memprediksi ke mana kita harus menemukannya.

Jika itu yang terjadi, sekaranglah waktunya untuk terjun ke dalam bisnis percetakan 3d ini. Anda bisa menjual cetak biru 3D, rencana, pengiriman, pemenuhan, dan layanan terkait lainnya.

3. Bisnis Audiobooks

Biasanya kita mengenal buku yang diterbitkan sendiri adalah ide bisnis. Namun, semakin lama orang juga ingin mendengarkan buku. Audible Amazon telah membuat perubahan dari layanan ini. Namun, masih ada ruang bagi startup lain untuk masuk ke dalam bisnis online tersebut. Layanan narasi, layanan cetak-ke-audio, bisnis konsultasi, dan metode pembuatan buku audio lainnya adalah pilihan bagus untuk dijelajahi pada tahun ini.

4. Usaha Pendidikan

Orang selalu bersedia membayar untuk pendidikan. Biaya universitas sebagai contohnya. Biaya kuliah empat tahun biasanya cukup tinggi, dan sebuah perguruan tinggi swasta dapat memperoleh label harga puluhan hingga ratusan juta setiap tahun.

Terkait dengan keuangan dan pendidikan, simak juga artikel mengenai: Apakah Gelar Sekolah Pascasarjana Memperbaiki Keuangan Saya?.

Terlepas dari biaya yang sangat tinggi, orang-orang bersedia mengeluarkan uang, dari tahun ke tahun. Mengapa? Karena pendidikan perguruan tinggi itu layak dilakukan. Yah, sebagian besar beberapa tidak setuju, dan dengan inovasi terbaru di ruang pendidikan, model perguruan tinggi tradisional sedang dibongkar atau benar-benar dirubah mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

Ada banyak peluang bisnis online dalam bidang pendidikan ini, kita ambil contoh adalah: startups seperti Udemy dan Teachable, yang kesemuanya memungkinkan orang untuk berbagi pengetahuan dan keuntungan darinya.

Anda tidak memerlukan platform untuk menjual pengetahuan Anda. Anda dapat mempublikasikan buku anda sendiri dengan gratis, membuat sesi pelatihan video, atau mengajari orang lain bagaimana menghasilkan uang.


Peluang Usaha pilihan Anda

Tentu saja ide bisnis diatas hanyalah sebagian dari beberapa usaha online yang bisa dijalankan pada jaringan internet dengan modal kecil, jadi pastinya banyak peluang lainnya yang akan dapat diterapkan baik itu dirumah, sebagai sampingan, part time bahkan fultime dan dalam menjalankan bisnis ini tentu sebagai pelaku menyadari akan tantangan disetiap perjuangan meraih kesuksesan.

Tips: Bagi anda yang mungkin adalah pemula pada jenis usaha ini, sebaiknya perbanyak pengetahuan anda bagaimana cara memulai dengan tepat, karna sekalipun peluang usaha online adalah besar bukan berarti mudah, dan juga bukan berarti itu adalah sulit. Eksplore semua sumber dari referensi pihak terdahulu yang telah sukses dan jangan ragu bertanya, bila anda ragu untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan peluang bisnis online yang akan diterapkan.

Pelajari lebih banyak mengenai seluk beluk dunia bisnis online: Ini Dia Kekurangan Dan Kelebihan Bisnis Online

Mudahnya adalah karna dengan peluang online ini, kita hanya perlu memiliki akses internet, modal yang tak mengaharuskan dana yang besar. Dengan dana atau modal kecil saja bisa mulai ber-Bisnis Online untuk mencapai sukses besar, Pertanayaannya adalah Peluang mana yang akan anda? Yang jelas Mereka adalah usaha online dengan potensi kesuksesan nyata, tidak dibuat-buat, dan siap untuk diterapkan. Semoga bermanfaat!


Saran lainnya