Fakta tentang Kartu Kredit yang Sering Luput dari Pertimbangan Kita


Fakta tentang Kartu Kredit yang Sering Luput dari Pertimbangan Kita – Arus konsumerisme yang kian deras menjadikan orang-orang yang ingin membeli barang tanpa uang tunai kini menjadi mudah untuk dilakukan. Dahulu bentuk uang yang berwujud kertas atau logam telah berubah menjadi sebuah kartu yang hanya digesek untuk melakukan pembayarannya. Lewat kartu magnetik itulah, anda bisa mendapatkan apa yang anda inginkan.

Fakta Tentang Kartu Kredit
Ilustrasi gambar: Fakta Tentang Kartu Kredit

Kartu Kredit sebagai Produk Perbankan yang Menawarkan Kemudahan

Untuk memudahkan proses pembayaran dengan cara non tunai ini, banyak lembaga perbankan yang menawarkan kemudahan dengan mengeluarkan fasilitas kartu kredit bagi para nasabah yang tertarik untuk memilikinya. Bahkan beberapa bank juga menawarkan kepemilikan kartu kredit tanpa harus melalui proses verifikasi yang ketat tentang masalah kemampuan untuk mengembalikan pinjaman berdasarkan penghasilan yang didapat.

Di pusat-pusat perbelanjaan ketika kita berkunjung, tidak jarang kita akan disambut para sales kartu kredit dari bank tertentu. Cukup mudah untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit, cukup menunjukkan kartu identitas, KTP serta salinan kartu kredit sebelumnya jika anda mempunyainya. Maka anda pun bisa mendapatkan kartu kredit untuk memudahkan pembayaran non tunai.

Ironisnya lagi, saat hari raya keagamaan misalnya justru dimanfaatkan untuk memberikan promo-promo menarik berupa diskon. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penawaran dan daya tarik bagi para konsumen untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran non-tunai. Secara tidak langsung hal ini membuat anda berutang.

Metode Pembayaran Tagihan Kartu Kredit dengan Cara Dicicil

Selain mudah dipakai untuk alat pembayaran non tunai, kartu kredit juga memberikan kemudahan bagi anda yang ingin membayar pinjaman kartu kredit yang telah anda dapat. Mendapatkan barang keinginan menggunakan kartu kredit sama saja anda mendapatkan pinjaman di bank tanpa agunan untuk mendapatkan barang keinginan anda. Untuk pembayaran pinjaman kartu kredit bagi para nasabahnya, pihak penerbit kartu kredit menawarkan kemudahan untuk pembayarannya dengan cara dicicil. Tentu dengan metode pembayaran tagihan kartu yang demikian, semakin membuat senang para pemegang kartu kredit sehingga akan meringankan tagihan-tagihan bulanan lainnya.

Baca juga: Kredit Online Tanpa kartu kredit? Ini Caranya

Namun jangan salah, ketika anda mampu membayar cicilan tagihan dengan tertib, pihak penerbit kartu tanpa meminta konfirmasi dari anda, maka plafon pinjaman akan dinaikkan. Bagi sebagian orang pemegang kartu, penaikkan plafon ini dianggap sebagai suatu yang menyenangkan. Namun bagi sebagian lainnya dengan plafon pinjaman yang dinaikkan ini akan memberikan peluang untuk menambah pinjaman semakin besar. Bila tidak bijak menggunakannya, tentu akan membuat kesulitan serta masalah bagi anda. Terlebih pada masalah finansial serta ketentraman keluarga anda. Tidak jarang pula, dengan utang ini membuat anda harus mengorbankan kepentingan lain yang lebih utama.

Bagi anda yang sedang menimbang-nimbang ingin memiliki kartu atau tidak, ada baiknya kita ketahui dahulu fakta-fakta dari kredit yang sering luput dari pengamatan dan pertimbangan anda.

Fakta Kartu Kredit yang Perlu Diketahui

Berikut ini ada beberapa fakta dari kartu kredit yang kadang luput dari pertimbangan ketika akan mengajukan aplikasi kepemilikan kartu kredit.

1. Kartu kredit sama saja merupakan perjanjian utang piutang, maka dari itu adanya perjanjian tersebut akan mengikat anda. Ketika anda menyetujui dengan segala perjanjian tersebut, maka anda tidak bisa menghindar begitu saja.

2. Memiliki kartu kredit bukan suatu solusi untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Berbagai kemudahan yang ditawarkan di kartu kredit merupakan utang yang memiliki tenggat waktu untuk dikembalikan. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan berbagai kemudahan dan penawaran yang ditawarkan oleh kartu kredit.

3. Memiliki kartu kredit mungkin anda akan merasa mempunyai banyak kemampuan untuk berperilaku konsumtif makin bertambah. Namun, kemampuan sikap konsumtif ini tidak diiringi dengan peningkatan kemampuan anda untuk membayar tagihannya. Justru dengan bertambahnya pendapatan yang akan meningkatkan daya beli anda.

4. Ketika anda membeli barang menggunakan kartu kredit untuk metode pembayarannya, hal tersebut hanyalah upaya untuk menunda pembayaran secara tunai. Tetap saja kemudian anda harus membayar tagihannya berikut bunga dan biaya yang telah ditentukan atas penggunaan kartu kredit yang anda miliki.

5. Kartu kredit yang telah anda gunakan untuk berbelanja, haruslah dibarengi dengan perencanaan untuk membayar cicilan tagihannya selama jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Dengan memiliki perencanaan tersebut, maka secara ekonomi anda memiliki kemampuan untuk membayar selama jangka waktu cicilan tersebut. Tetapi jika di tengah periode pembayaran ada hal yang tak disangka terjadi pada pekerjaan anda dan itu berdampak pada kemampuan melunasi kartu kredit, maka anda perlu mencari solusi untuk penyelesaian atas utang kartu kredit yang telah anda miliki.

6. Setiap pinjaman kartu kredit, pastinya ada bunga yang ditentukan. Dengan membayar bunga dari penggunaan kartu kredit tersebut sama saja anda hanya memberikan uang secara cuma-cuma kepada pihak yang diuntungkan supaya kehidupannya lebih sejahtera dibandingkan anda sendiri.

7. Bunga kartu kredit akan terus berjalan, tidak mengenal libur. Bila anda tidak berhati-hati maka kewajiban untuk membayar bunga kartu kredit akan terus membebani anda.

8. Ketika waktu pembayaran cicilan tagihan kartu kredit jatuh tempi, maka pihak penerbit kartu kredit tidak akan pernah menerima alasan apapun supaya menunda pembayarannya.

9. Memiliki kartu kredit tidak menaikkan status sosial anda. Pengguna kartu kredit bukan golongan masyarakat tertentu untuk mendapatkan gengsi. Justru dengan memiliki kartu kredit akan membuat masalah jika anda lalai akan kewajiban untuk membayar tagihannya. Dan yang terjadi, anda akan dikejar-kejar debt collector untuk melunasi kewajiban anda.

Sudah apply kartu kredit? simak Apply Kartu Kredit BRI ? ini Cara serta Syarat dan Berapa Limitnya dan Mengajukan Kartu kredit BCA? ini Cara Apply Dan Persayaratannya.

Bagi anda yang ingin memiliki kartu kredit, sebaiknya anda perlu mempertimbangkan hal-hal di atas. Bila tidak dalam kondisi yang sangat mendesak hendaknya hindari untuk memiliki utang. Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijaksana dan benar-benar dipakai untuk keperluan yang sangat mendasar dan produktif supaya anda tetap memiliki kemampuan finansial untuk melunasinya.


Saran lainnya