5 Tips dan Metode Sederhana untuk Menjadi Ahli Meditasi


Ingin melakukan meditasi? Kali ini kita akan berbagi tips untuk sahabat fispol yang mungkin sedang berencana untuk mencoba ilmu dalam bermeditasi. Mengapa Bermeditasi? adapun alasannya beragam, namun tentu saja ini adalah karna tujuan positif. Bahkan ada yang mengatakan bahwa 80% pemimpin besar didunia diantaranya menguasai cara untuk bermeditasi.

5 Tips dan Metode Sederhana untuk Menjadi Ahli Meditasi
5 Tips dan Metode Sederhana untuk Menjadi Ahli Meditasi

Bagi pemula, mungkin anda perlu mengetahui 5 Praktik Meditasi yang Perlu berikut ini:

Apa itu meditasi?

Meditasi telah berlangsung lama sejak pertama kali menjadi populer di Barat selama tahun 1960an. Beberapa metode yang paling populer dan efektif sekarang didukung oleh bukti ilmiah, menunjukkan manfaat meditasi pada tubuh dan kesehatan mental kita. Sementara meditasi telah ada sejak lama, baru-baru ini telah menjadi bagian dari budaya Barat yang populer.

Teknik dan Metode Meditasi

Saat ini di dunia modern, ada lima praktik meditasi yang telah teruji waktu. Alasannya adalah mereka memberikan hasil paling sukses, beberapa di antaranya bisa dirasakan hanya setelah satu sesi. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari kelima metode ini dan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mempraktikkannya. Masing-masing teknik harus dipraktekkan setidaknya selama 20 menit untuk memiliki dampak maksimal.

Perhatian dan Fokus

Perhatian dikembangkan untuk membantu kita menempatkan perhatian kita sepenuhnya pada saat sekarang. Ini tidak memiliki fokus pada spiritualitas; Tujuan utamanya adalah untuk mengajarkan kesadaran akan kehadiran siswa. Apa manfaat dari ini? Ketika kita belajar untuk hadir secara penuh, kita dapat melihat pikiran kita terpisah dari kita, artinya kita tidak harus terlibat dengan setiap orang daripadanya. Belajar untuk melihat pikiran negatif datang dan pergi tanpa merugikan kita adalah salah satu prinsip dasar perhatian.

Dipopulerkan oleh Jon Kabat-Zinn , perhatian penuh mengajarkan kita untuk menghindari penderitaan sekunder. Penderitaan sekunder adalah di mana kita meningkatkan rasa sakit kita sendiri dengan memikirkan sesuatu yang negatif yang terjadi pada kita dan kemudian mengulanginya seperti sebuah film mental berulang-ulang. Dengan mengembangkan kesadaran akan pikiran, kita dapat belajar untuk menghilangkan penderitaan sekunder dan sebagian besar pikiran negatif, membantu kita untuk hidup dalam keadaan yang lebih bahagia, lebih ringan dan lebih sehat.

Meditasi transendental

Meditasi transendental dipopulerkan oleh Maharishi di tahun 1960an saat dia bertemu dengan The Beatles dan mengajarkannya kepada mereka. Tujuan dari metode ini adalah untuk membungkam pikiran dan mengatasi sumber semua kesadaran saat ini. Hal ini dicapai dengan mengulangi mantra khusus yang diberikan oleh guru Meditasi Transendental yang berkualifikasi. Mantra diulang secara internal di dalam pikiran Anda, dan Anda menempatkan fokus hanya pada nafas dan suara mantra. Saat pikiran lain muncul, Anda membiarkan mereka menjadi tapi tidak terlibat dengan mereka.

Setelah beberapa lama berlalu, Anda akan menemukan aktivitas pikiran Anda sangat sepi dan damai, dan Anda akan melampaui inti keberadaan Anda. Inilah tujuan teknik ini. Guru Meditasi Transendental yang bersertifikat adalah satu-satunya orang yang memenuhi syarat untuk mengajarkan metode ini kepada Anda, karena dia tahu mantra apa yang tepat untuk Anda dan bagaimana menunjukkan proses Anda dalam bentuknya yang terbaru dengan ketepatan yang lengkap.

Meditasi jalan

Berjalan meditasi adalah metode meditasi yang berkembang pesat yang memberikan pengalaman unik untuk kebanyakan teknik lainnya. Biasanya, ini melibatkan lamban, sadar berjalan di alam, di mana siswa dapat menggunakan sekitarnya untuk jangkar dirinya sendiri pada saat sekarang. Teknik ini bisa menjadi besar bagi pemula untuk bermeditasi karena alat grounding sangat berpengaruh karena indra Anda jauh lebih aktif. Anda merasakan angin dan udara melintas di wajah Anda dan kontak antara kaki dan tanah Anda.

Metode ini biasanya dipraktikkan pada jalan-jalan alam; Namun, Anda bisa menggunakannya dimanapun Anda inginkan selama Anda merasa nyaman di lingkungan Anda. Meditasi mengajarkan kepada kita bahwa segala sesuatu dapat digunakan sebagai jangkar pada saat sekarang; Oleh karena itu, teknik khusus ini bahkan bisa digunakan di pusat kota yang sibuk!

Meditasi Mantra

Mirip dengan Meditasi Transendental, meditasi mantra menggunakan kata atau rangkaian kata yang berulang-ulang untuk menenangkan pikiran. Mantra dapat diulang dengan keras atau internal tergantung pada lingkungan Anda dan seberapa nyaman Anda dengan nyanyian nyaring. Ada ratusan mantra yang berbeda dengan makna yang berbeda.

Meditasi Mantra biasanya dipraktekkan saat duduk dalam pose meditasi, dengan menggunakan napas santai yang lambat. Prinsip yang sama berlaku untuk sebagian besar metode meditasi di mana Anda membiarkan segalanya menjadi sama seperti pada saat ini. Pikiran dan gangguan akan muncul, tapi triknya adalah untuk mengetahui bahwa tidak apa-apa. Biarkan segalanya menjadi seperti itu, dan hanya fokus pada mantra Anda. Anda akan menemukan bahwa jika Anda berkonsentrasi pada proses meditasi mantra, semua gangguan akan meleleh secara alami dari waktu ke waktu.

Meditasi Mala Bead

Metode meditasi ini melibatkan penggunaan manik-manik mala. Mala beads biasanya terbuat dari kayu tapi bisa juga datang dalam bentuk batu permata yang berharga. Kalung manik mala otentik memiliki 108 manik. Siswa seharusnya menghitung setiap manik dengan menggunakan mantra. Seluruh mantra diulang pada masing-masing manik tunggal, yang berarti mantra tersebut dinyatakan secara keseluruhan 108 kali. Meditasi mala harus dilakukan perlahan dengan napas dalam-dalam. Begitu Anda mencapai ujung manik-manik pada kalung itu, Anda akan mendapati bahwa aktivitas pikiran Anda telah menurun dan Anda berada dalam kedamaian dan kepuasan.

Secara keseluruhan, kelima metode ini telah membuktikan diri sebagai raja dunia meditasi. Anda dapat mempelajari lebih banyak rincian tentang masing-masing secara online melalui video, blog, dan sumber lain YouTube.

Langkah Meditasi Sederhana

Berikut ada 5 tips sederhana untuk membantu anda menjadi ahli dalam bermeditasi:

  1. Duduklah. Belajar duduk bisa menjadi tantangan tersendiri. Lakukan beberapa peregangan ringan sebelum duduk dan mulailah dengan hanya 5 menit duduk-lihat bagaimana rasanya. Ingat ada banyak cara yang berbeda untuk duduk. Temukan tempat duduk yang nyaman untuk Anda, di kursi, di blok, duduk di atas sawat, duduk di atas selimut atau bantal. Pastikan Anda duduk di tempat yang akan Anda senang duduk. Bagi saya ada sebuah ruangan di rumah saya dimana cahaya pagi datang secara ajaib. Saya suka duduk di sana.
  2. Perhatikan pikiran Anda . Pikiran selalu pergi, pada awalnya tujuannya bukan hanya mematikan pikiran (karena itu tidak mungkin dan Anda akan membuat diri Anda sendiri gila hanya mencoba), tapi tonton saja. Jangan biarkan diri Anda lari dengan pikiran, selalu kembali ke nafas yang sangat alami. Hanya dengan memperhatikan pikiran-pikiran yang mulai Anda sadari bahwa Anda bukanlah pikiran-pikiran ini. Anda sebenarnya adalah pengamat pikiran. Begitu Anda menyadari bahwa Anda bukanlah pikiran Anda, itulah saat pikiran mulai tenang, tapi ini adalah proses sehingga jangan mengalahkan diri sendiri jika meditasi Anda pada awalnya adalah perjalanan pikiran yang gila.
  3. Biarkan pikiran menghibur . Beberapa mengeluh bahwa meditasi hanya membosankan. Namun, melihat pikiran gila ini cukup menghibur! Lalu datanglah bentuk, suara, suara yang berbeda, pegunungan dan danau biru yang tak ada habisnya, cahaya yang bersinar menembus mata ketiga dan berkembang dan berkontraksi di sekelilingnya. Dalam keheningan duduk, seseorang mungkin menemukan kebebasan dari semua pikiran, tergantung di galaksi ketiadaan. Bagi semua orang, apa yang terjadi di ruang ini berbeda, tapi jelas tidak membosankan!
  4. Buat dan luangkan waktu untuk bermeditasi. Oh, saat Anda lucu … bagaimana kita selalu berusaha untuk membalap Anda, namun Anda tetap kuat dan sepertinya kita selalu kalah dalam balapan. Kita harus membuat dan meluangkan waktu untuk bermeditasi. Jika mediasi bisa mengakhiri perang batin yang terjadi di dalam dirimu, maukah kau meluangkan waktu? Jika mediasi bisa mengakhiri insomnia, kegelisahan atau depresi Anda, maukah Anda meluangkan waktu? Jika mediasi bisa membuat Anda memaafkan, jika mediasi bisa menghilangkan beban berat yang telah Anda bawa sepanjang hidup Anda, bisakah Anda menemukan waktunya? Jika meditasi bisa membuat Anda bahagia, benar-benar bahagia akankah Anda menemukan waktunya? Ingat waktu itu adalah alasan yang dibuat oleh ego untuk mencegah Anda menghadapi Anda yang sebenarnya.
  5. Lakukan saja! Kedengarannya klise, tapi butuh 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan. Itu berarti setelah melakukannya selama 21 hari, itu akan menjadi bagian rutin rutin Anda. Teruslah melakukannya dan jalan Anda menuju nuansa yang lebih bahagia dan lebih hati.

Setelah mempelajari lebih lanjut tentang teknik online ini, Anda mungkin ingin melakukan lebih jauh dan memperdalam praktik meditasi Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencari seorang guru yang berpengalaman dalam metode pilihan Anda dan belajar langsung darinya. DIkutip dari dailycupofyoga.com


Saran lainnya