Panduan Freelancer Pemula: Apa Keahlian Anda?


Jika Anda bosan berada di jalur pekerjaan sebagai pahlawan perusahaan atau karyawan, mungkin inilah saat terbaik untuk mempertimbangkan keterampilan freelancer Anda untuk membuka lowongan kerja bagi Anda sendiri.

Apakah Anda sedang berpikir dan tengah berencana untuk bagaimana menjadi seorang frelancer? Jika Anda mengangguk ya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulainya. Dimana Seiring beberapa perusahaan mengurangi tenaga kerja mereka yang membuat mereka membayar gaji yang mahal dan menguntungkan bagi karyawan, mereka semakin beralih untuk mengurangi beban berlebih. Jika Anda memiliki keahlian di bidang yang tepat, ada kemungkinan Anda bisa mengisinya untuk memulai Anda sebagai pekerja lepas “freelancer” dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan/keahlian Anda kepada berbagai klien.

Keahlian Freelancer Pemula
Ilustrasi: Keahlian Freelancer Pemula

Kebebasan Seorang Pekerja Freelancer

Kebebasan adalah hal yang luar biasa dari pekerjaan lepas dibandingkan dengan karyawan yang bekerja diperusahaan. Sebagai freelancer penuh waktu, Anda akan bekerja jika Anda mau saja. Anda bisa berlibur saat Anda mau, selama yang Anda mau. Liburan akhir pekan tidak harus dibatasi pada akhir pekan. Tidak ada atasan yang akan menekan Anda, mengganggu pekerjaan Anda. Dan tidak ada rekan kerja yang mengganggu hingga membuat Anda gila dengan pekerjaan yang diluar kendali.

Tapi dengan semua kebebasan itu bisa mendatangkan risiko dan ketidakamanan saat bekerja sebagai pekerja lepas. Sebagai freelancer, gaji Anda berikutnya tidak pernah dijamin. Kegelisahan tentang di mana pekerjaan berikutnya datang dan semua yang ditakutkan oleh pekerja lepas seperti biasanya.

Cara terbaik untuk memastikan pekerjaan Anda adalah dengan menawarkan layanan yang Anda tahu diinginkan banyak orang. Hanya karena Anda ingin melakukan sesuatu tidak berarti ada pasar yang mudah dibaca untuk itu.

“Ikuti hatimu dan lakukan apa yang Anda cintai hanyalah slogan. Anda harus nyata. Jika Anda tidak menawarkan layanan yang bersedia diterima banyak orang, Anda tidak akan berbisnis.”

Cari koran lokal atau majalah online untuk melihat siapa yang melakukan dan apa yang ingin Anda lakukan, apa yang mereka bayar dan siapa klien mereka. Temukan banyak informasi dengan berbicara dengan semua orang yang Anda kenal sampai Anda menemukan informasi yang tepat mengenai frelncer. Diantara dari mereka akan menerangkan tentang segmen pasar mana yang berkembang dan dari mana sebagian besar pekerjaan mereka berasal. Informasi ini sangat penting untuk membantu Anda merancang dan memulai bisnis Anda di pasar.

Coba pikir: Sepuluh tahun yang lalu, perancang web sangat dibutuhkan layanannya oleh banyak perusahaan, namun saat ini permintaannya berkurang bahkan semua pendatang baru mungkin telah diberhentikan. Di sisi lain, pemilik usaha kecil lebih tertarik untuk belajar mendesain web sendiri untuk memulai bisnis modal kecil mereka, sehingga pengajaran desain web mungkin terbukti lebih menguntungkan daripada mengerjakan karya desainnya saat ini.

Jika perlu, Jangan Tinggalkan Pekerjaan Anda

Begitu Anda telah memutuskan bahwa aspek bidang pekerjaan Anda beralih menjadi seorang freelance, luangkan waktu untuk membangun diri Anda sendiri. “Kesalahpahaman terbesar yang dimiliki orang adalah bahwa mereka akan langsung terjun ke sana dan mulai menghasilkan uang,” mengapa salah adalah karna “Tidak benar, hanya karena Anda membangunnya tidak berarti bahwa semua orang akan mendatangi anda begitu saja !”

Rosakis, seorang penulis lepas dan juga editor yang pernah penulis buku berjudul The Complete Idiot’s Guide to Making Money in Freelancing, mengatakan bahwa dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan reputasi dan basis klien. Oleh karena itu, banyak freelancer memulai dengan meraba-raba sambil tetap mempertahankan pekerjaan mereka.

Patokan yang praktis adalah jangan sampai melepaskan pekerjaan Anda hingga memiliki tabungan antara 6 bulan atau 1 tahun kedepan, lebih jika Anda adalah satu-satunya tulang punggung untuk rumah tangga Anda. Ini perlu untuk mengantisipasi apabila usaha anda untuk menjadi seorang pekerja lepas tidak signifikan berhasil dan Anda memiliki cadangan keuangan.

Tentu saja ini tidak dapat dipungkiri bahwa saat masih bekerja diperusahaan sebagai karyawan bisa menjadi rumit – terutama jika Anda adalah pekerja lepas di bidang yang sama. Katakanlah Anda seorang copywriter iklan yang ingin memulai sebagai freelancer. Anda mungkin perlu memberi tahu atasan Anda, siapa yang meminta Anda menandatangani perjanjian tanpa kontrak di mana Anda berjanji untuk tidak mencuri, atau “mengalihkan,” klien. Disisi lain, Anda adalah seorang copywriter iklan yang ingin melakukan terjemahan bahasa Jepang sebagai pekerjaan tambahan, dan atasan Anda mungkin tidak perlu tahu apa yang Anda lakukan ini.

Lihat juga: Anda Mencari Lowongan Kerja? Ini Situs Loker Online Gratis Terpercaya

Mengembangkan Bisnis

Seperti dalam bisnis apa pun, karir Anda sebagai freelancer pemula hanya sekuat penjualan Anda. Menemukan klien adalah tantangan nomor satu bagi seorang freelancer yang baru memulai. Bagaimana Anda menarik klien saat Anda tidak pernah memilikinya? Berikut adalah beberapa langkah praktis yang akan mendorong Anda untuk keluar dari tantangan tersebut:

  • Buat portofolio. Ini untuk menunjukkan cakupan keahlian Anda. Meskipun itu berarti bekerja tanpa bayaran atau gaji rendah pada awalnya, catat saja! Sampel pekerjaan Anda akan menjadi kartu terbaik bagi profil freelancel Anda.
  • Beritahu semua orang yang Anda kenal. kolega, teman, keluarga, tetangga mengenai pekerjaan anda sebagai profesi freelancer. Siapa tahu anda akan mendapatkan Arahan yang pada akhirnya menghasilkan sebagian besar bisnis Anda pada awalnya.
  • Bergabunglah dengan organisasi profesional – online atau di komunitas – yang melayani bidang Anda. Selain semua keuntungan lain yang akan Anda dapatkan, Anda juga akan mengambil ruang untuk menemukan peluang pekerjaan atau proyek disana.
  • Bergabunglah dengan organisasi lokal. Orang kreatif sering mengabaikan organisasi seperti ini, tapi merekalah yang akan mempekerjakan Anda untuk melakukan pekerjaan kreatif Anda.
  • Relawan di masyarakat melakukan sesuatu yang Anda cintai , dan Anda akan memperluas jaringan calon klien Anda.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah bahwa bekerja bebas itu tidak semata-mata berarti melakukan hal yang Anda cintai saja. Ini juga berarti mengetahui bagaimana menjual dan memasarkan layanan Anda. Saat memulai, sekitar 90 persen waktu Anda akan dihabiskan untuk tugas penjualan dan pemasaran. Pekerjaan tidak akan hanya tersandung pada Anda. Anda bisa berbakat seperti apapun, tapi itu tidak berarti apa-apa jika Anda tidak bisa menjual keahlian yang Anda tengah miliki sebagai seorang pekerja lepas.

Banyak orang dari pelaku freelancer berpikir punya bakat. Apa yang perlu mereka sadari adalah sudah banyak orang memiliki bakat yang sama. Jadi, apa yang membuat bisnis freelance sukses adalah seberapa kuat daftar klien mereka. Bukan seberapa berbakat dan ahlinya mereka.

Membangun basis klien mengharuskan Anda berjuang tanpa kenal lelah dan tanpa berkecil hati. Harus siap menerima penolakan. Ini akan sering ditemukan sepanjang perjalanan karir Anda sebagai freelancer. Tapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda, ketika terjatuh teruskan untuk mencoba lagi.

Terkait dengan bagaimana freelancer pemula, simak juga tentang Cara Freelancer Menghasilkan Uang (Sekalipun Pekerja Pemula)

Freelancer yang Serius

Ketika Anda melihat bahwa Anda mulai menghasilkan cukup uang sehingga Pekerjaan Freelancer Anda menjadi karir yang layak, saatnya untuk mulai meletakkan berfokus pada bisnis ini, yang akan memastikan bahwa Anda dan klien Anda menganggap bisnis Anda serius. Anda mungkin mulai membutuhkan sebuah kartu nama yang tampak lebih profesional untuk ini.

Tidak peduli bidang Anda, kontrak itu penting. Banyak freelancer mengabaikan perkembangan mereka sendiri, alih-alih membiarkan kontrak dengan klien atau mengabaikan semuanya. Itu adalah sebuah kesalahan padahal ini adalah sesuatu yang penting dan mahal.

“Lindungi dirimu,” tegas Rusty Fischer, yang menulis Freedom To Freelance. Dia merekomendasikan untuk memantau kontrak yang digunakan oleh freelancer lain, sehingga Anda dapat meminjam yang terbaik dari apa yang mereka miliki dan memasukkan gagasan itu ke dalam kontrak Anda sendiri. Kemudian jalankan kontrak Anda dengan pengacara untuk memastikan hak Anda terlindungi.

Membentuk sistem akuntansi juga penting. Tidak hanya akan membantu Anda melacak apa yang Anda inginkan, tapi ini akan mempermudah hidup Anda. Pencatatan yang bagus akan memberi Anda ketenangan pikiran dan membuat audit dimasa depan mungkin kurang lebih memudahkan.

Bergantung pada industri Anda, memiliki situs web mungkin membantu dalam memasarkan layanan Anda. Jika Anda memiliki contoh visual tentang apa yang Anda lakukan, katakanlah desain lansekap atau kostum teatrikal, sebuah situs web akan bertindak sebagai portofolio dan mengenalkan pekerjaan Anda kepada calon klien. (Situs web jelas kurang berguna bagi pekerja lepas tanpa contoh visual, katakanlah, pekerja rumah tangga atau administrator penagihan medis.)

Kenali Diri Anda Dan Keahlian yang Anda Miliki

Salah satu keputusan terpenting yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar berkomitmen menjalankan bisnis sebagai seorang freelance adalah menentukan apakah gaya hidup saat ini sesuai dengan kepribadian Anda. Benar-benar pikirkan ini sebelum Anda membuat komitmen, terhadap gaya hidup dan gaya kerja yang mungkin tidak Anda sukai.

Dan sementara Anda tidak lagi memiliki atasan, Anda harus mulai bertanya pada diri Anda sendiri. Itulah sebabnya disiplin diri adalah kunci untuk memberikan pertunjukan hebat dan bebas dari hobi yang menarik menjadi bisnis yang layak. “Ini sangat membantu menjadi kepribadian Tipe A karena Anda harus bisa memotivasi diri dan mengatur waktu Anda. Anda tidak bisa menjadi pemalas untuk memiliki karir pekerja lepas yang sukses.

Godaan saat siang hari untuk menonton film atau berjalan-jalan dengan teman Anda, hampir setiap hari itu tidak akan terjadi. Biasanya bekerja dengan lebih banyak jam per minggu sebagai freelancer, tapi jadwal Anda mungkin tidak akan selaras seperti yang Anda pikirkan. Sebagian besar klien Anda bekerja secara teratur, dari jam 9 sampai 5. Jadi, Manfaatkan sebagian besar waktu Anda untuk bekerja sangat teratur.

Butuh waktu untuk memulai dan membangun bisnis freelance. Butuh waktu untuk membangun diri sendiri dan butuh waktu untuk menghasilkan uang. Semua ini bisa sangat menegangkan dan menyebabkan banyak malam-malam anda tanpa tidur. Tapi dengan bakat, kesabaran, kegigihan dan sentuhan keberuntungan, freelance bisa menjadi salah satu cara yang paling menguntungkan untuk menghasilkan uang.

Pilihan Freelancing

Apakah anda tengah memikirkan kehidupan freelance yang memungkinkan untuk dimulai? Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan freelancer yang paling sering dibutuhkan untuk kemudian dapat Anda pilih sebagai fokus anda dalam berkarir di pekerjaan lepas ini yang disesuaikan berdasarkan apa yang menjadi keahlian atau keterampilan masing-masing:

  • Akuntan / pemegang buku
  • Juru taksir
  • Pembuat peta
  • Koki
  • Programmer komputer
  • Perencana acara perusahaan
  • Entri data / prosesor
  • Editor / copyeditor
  • Insinyur
  • Ahli kecantikan
  • Animator film
  • Perencana keuangan
  • Penata bunga
  • Penggalangan dana
  • Perabotan / reparasi mebel
  • Penulis hibah
  • Perancang grafis
  • Inspektur rumah
  • Interior desainer
  • Arsitek lanskap
  • Terapis pijat
  • Administrasi medis (billing)
  • Desain paket
  • Perencana pesta
  • Juru potret
  • Konsultan politik
  • Penyidik ​​swasta
  • Penyelenggara profesional
  • Konsultan penjualan / pemasaran
  • Penjahit wanita
  • Atur perancang
  • Telemarketer
  • Penerjemah / juru bahasa
  • Bimbingan Belajar
  • Tukang melapis perabot rumah
  • Desainer web
  • Penulis

Pada akhirnya, semua keputusan adalah dari anda sebagai pemimpin tertinggi untuk diri Anda sendiri, setidaknya Anda kemudian dapat memulai sebagai freelancer yang disesuaikan dengan kemampuan akan keterempilan/keahlian/skil dan minat pada bidang pekerjaan yang ada.


Saran lainnya