Inilah cara agar Pengusaha Pencari Pelamar Pekerjaan menemukan Anda


FISPOL.COM – Manfaatkan profil kandidat pasif anda untuk berpeluang mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan-perusahaan terkemuka. Ini adalah tentang berbagai cara para Pengusaha/perusahaan yang sedang mencari kandidat Pelamar Pekerjaan (calon karyawan mereka) dapat menemukan Anda dan mendapatkan deal.

Pengusaha Menemukan Kandidat karyawan Kerja untuk Perusahaan Mereka
Pengusaha Menemukan Kandidat karyawan Kerja untuk Perusahaan Mereka

Saat Anda melakukan pencarian pekerjaan, Anda perlu mempermudah pengusaha untuk menemukan Anda secara online, contohnya saja dengan mengirimkan resume anda ke situs lowongan pekerjaan. Pengusaha akan dibanjiri dengan resume saat mereka mengeposkan lowongan pekerjaan, mereka sering mencari kandidat pasif ( kandidat berkualitas yang tidak harus mencari pekerjaan, tapi siapa yang tertarik pada pekerjaan yang ditawarkan).


Cara Pengusaha Menemukan Kandidat Pekerja untuk Perusahaan Mereka

Siapa pun Anda dan apapun keahlian yang dimiliki dan tidak ingin melewatkan apa yang bisa menjadi peluang kerja harus memiliki kepercayaan profesional dan harus mudah diakses secara online oleh perusahaan.

Candidate Sourcing

Selain meninjau resume yang dikirimkan ke perusahaan dan ke situs lowongan kerja terpercaya seperti loker.id atau karir.com, pengusaha juga mencari kandidat pasif. Mereka menjelajah seluruh Internet untuk menemukan orang-orang terbaik untuk dipekerjakan di perusahaan mereka, terlepas dari apakah kandidat tersebut telah menyatakan ketertarikannya pada perusahaan mereka, atau tidak.

Selain menghabiskan waktu secara pribadi mencari di Internet untuk menacari pelamar kerja, perusahaan juga menggunakan teknologi yang akan mencari pelamar kerja untuk mereka. Program pencarian kandidat seperti Airs Sourcepoint digunakan oleh banyak perusahaan. Airs Sourcepoint, misalnya, tidak hanya mencari semua database resume yang direkomendasikan oleh manajer perekrutan, namun juga mencari basis data kandidat lainnya.

Jaringan Situs

Selain Candidate Sourcing, ppencari tenaga kerja dan manajer menambahkan profil mereka sendiri ke situs-situs seperti LinkedIn, dan membuat koneksi dengan kandidat potensial untuk mendapatkan pekerjaan.

Misalnya saja situs LinkedIn memiliki anggota dari 500 perusahaan Fortune 500 dan mencakup 130 industri yang berbeda. Pertimbangkan berapa banyak kontak potensial yang ada dan pastikan terhubung dengan rekan kerja, klien, dan teman sekelas saat ini dan di masa lalu, sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal dari jaringan Anda.

Pencari kerja dapat menggunakan kandidat pasif yang dicari oleh pengusaha untuk keuntungan mereka.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat informasi tentang diri Anda (resume, keterampilan, pengalaman, dll.) disana dan Dapat ditemukan saat perusahaan mencari kandidat yang mereka butuhkan. Anda perlu mengedit dan mengubah resume beserta informasi lain yang Anda miliki secara online, sehingga dengan demikian profil anda akan muncul dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh pihak pengusaha yang mungkin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan profesi ataupun keahlian yang Anda miliki.

Jadikan Informasi Profesional Anda Tersedia

Bila Anda ingin atasan,pengusaha, atau perusahaan menemukan Anda sebagai kandidat pekerja, penting untuk membuat resume dan profil anda memiliki informasi spesifik mengenai kriteria dan kualifikasi.

Resume Anda harus berisi:
  1. Kata kunci: Jika Anda tidak yakin dengan apa yang harus disertakan, gunakan mesin pencari pekerjaan seperti Ioker.id untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Begitu Anda menemukan beberapa istilah yang sesuai, gunakan kata kunci di resume Anda. Dengan cara ini, Anda akan ditemukan oleh bos-bos alias pencari karyawan yang mencari kandidat dengan kualifikasi serupa dengan kata kunci Anda tersebut.
  2. Judul pekerjaan: Pengusaha besar sering tertarik pada kandidat dengan pengalaman spesifik dan akan mencarinya, misalnya salah satu contoh diantaranya yaitu “Koordinator Pemasaran Online” atau “Manajer Penjualan Telepon”.
  3. Kualifikasi: Jadilah spesifik – jika Anda memiliki Sertifikasi Microsoft atau MBA, lampirkan itu jika perlu.
  4. Keterampilan: Resume Anda harus berisi keahlian (skill) Anda yang paling relevan dan cocok untuk pekerjaan yang ditawarkan.
  5. Pengalaman / Afiliasi: Cantumkan profesi, bidang pekerjaan atau organisasi yang pernah atau telah Anda ikuti.

Perbarui resume Anda secara teratur. Banyak resume database memiliki pilihan sehingga pengusaha hanya dapat mencari resume terbaru atau yang diposting dengan jangka waktu tertentu. Jadi, Anda harus memperbarui resume Anda sesegera mungkin sehingga ditemukan. Baca juga: Cara membuat resume yang baik dan benar

Profil Anda

Situs Jaringan Karir Situs

Situs Jaringan / Website juga merupakan sumber penting bagi kandidat pasif untuk terhubung dengan pengusaha ataupun perusahaan. Buat profil Anda secermat dengan resume Anda. Jangan lupa Sertakan juga pengalaman dan pendidikan Anda serta keanggotaan asosiasi Anda, dan bahkan jika perlu ditambah dengan kepentingan pribadi Anda. Saat Anda memiliki profil sebagai kandidat online, calon pemberi kerja akan dapat menemukan Anda dan Anda dapat terhubung dengan pengguna lain yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan karir dan pekerjaan Anda.

Asosiasi Alumni Mahasiswa

Lulusan perguruan tinggi harus selalu memeriksa kembali almamater mereka untuk melihat sumber jaringan yang tersedia dan bisa dimanfaatkan.

Banyak perguruan tinggi memiliki database alumni yang dirancang khusus untuk tujuan jaringan. Alumni sering tertarik untuk merekrut kandidat pekerja dari sekolah atau universitas mereka, jadi penting untuk memanfaatkan sumber daya apa pun yang tersedia pada asosiasi.

Asosiasi Alumni Perusahaan

Agar tetap terhubung dengan rekan kerja sebelumnya, mantan karyawan telah menciptakan asosiasi alumni pengusaha. Jika Bos/atasan Anda sebelumnya memiliki asosiasi, bergabunglah dengan mereka. Mantan rekan kerja akan dapat membantu Anda dengan rencana karir masa depan Anda.

Asosiasi Profesional

Apakah Anda termasuk dalam asosiasi profesional? Jika ya, lihat apakah mereka memiliki database keanggotaan. Itu cara lain yang bagus untuk membantu calon pemberi kerja menemukan Anda.

Baca juga: Contoh Surat lamaran kerja yang baik dan benar

Informasi Pribadi tetaplah Pribadi

Dari atas telah kita sebutkan tentang menampilkan informasi Anda tersedia secara online, omong-omong, cegahlah informasi pribadi di akun MySpace, Facebook, atau akun jejaring sosial lainnya yang tidak sesuai bagi manajer perekrut atau perekrut pekerjaan agar tidak bisa mengakses. Informasi pribadi itu harus dijaga kerahasiaannya, dan hanya bisa diakses, kepada orang-orang yang merasa nyaman melihatnya. Anda juga dapat membatasi informasi kontak yang dapat dilihat di resume Anda jika Anda memiliki masalah privasi.

Resemu Online Anda yang Profesional

Penting untuk diingat bahwa kehadiran Anda secara online harus profesional dan dapat dibaggakan serta dipertanggujawabkan. Tidak masalah seberapa sering resume atau profil Anda muncul, meskipun jika ada kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa sebab tidak ada yang sempurna didunia saat ini bukan?

Sama pentingnya berkomunikasi secara profesional dengan kontak Anda – orang-orang yang menghubungi Anda dan sebaliknya. Pastikan email dan pesan instan Anda disusun dengan benar, anggap mereka sebagai korespondensi bisnis, seperti surat tertulis atau telepon biasa.

Pada akhirnya, perhatikan di saja Anda telah memposting resume dan profil yang dibuat (dan simpan juga daftar kata kunci). Dengan cara ini, Anda bisa sering mengupdate dan tetap memantau informasi yang telah Anda kirim secara online.

Selanjutnya, pelajari tentang Cara melamar dan Interview Kerja Yang Baik dan Benar


Saran lainnya