Daftar Hal Yang Dikangenin Saat Ramadhan Tiba


Hal yang dikangenin saat Ramadhan – Ramadhan sebentar lagi datang, bnayak umat muslim yang menyambutnya dengan suka cita. Bulan Ramadhan sejatinya dalah bulan ampunan, bulan belajar menahan hawa nafsu dimana para umat muslim tidak diperbolehkan makan, minum dan melakukan hal – hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Meskipun terlihat berat ya namun bulan ramadhan memberikan keistimewaan dan keunikan sendiri loh mengingat bulan ramadhan hanya jatuh 1 kali dalam setahun. Jadi tidak heran jika banyak orang yang yang menantikan datangnya bulan Ramadhan.

Nah sambil nostagia nih berikut Hal yang dikangenin saat Ramadhan yang bikin kita buru – buru pengen menyambutnya.

Daftar Hal Yang Dikangenin Saat Ramadhan

Hal yang dikangenin saat Ramadhan
Hal yang dikangenin saat Ramadhan

Berburu Takjil

Saat bukan Ramadhan banyak penjual takjil dadakan di seluruh Indonesia, ada banyak jenis makanan mulai dari aneka es, camilan, jajanan , lauk pauk yang dijual. Bahkan saking banyaknya peminat takjil banyak para warga beralih profesi saat bulan Ramadhan menjadi penjual takjil.

Nah itu buat anda yang ada di rumah ya, berburu takjil di pasar maupun ditempat penjualan takjil menyenangkan namun buat sebagian orang berburu takjil di masjid sangat menyenangkan terlebih lagi bagi anak – anak.

Dimasjid biasanya anak – anak akan melakukan shalat magrib berjamaah, makan menu buka bersama di masjid.

Mengingat setiap bulan Ramadhan banyak masjid yang menyelenggarakan buka puasa bersama yang membuat bulan Ramadhan lebih semarak sekaligus memberi wadah bagi sebagian orang yang kurang beruntung untuk dapat menikmati buka piuasa bersama.

Buka Puasa Bersama

Nah saat bulan Ramadhan tiba tidak heran kita harus melihat tanggal dan mencocokan jadwal setiap harinya ya karena ada banyak tawaran buka bersama baik bersama sahabat, teman kerja, keluarga dan lain – lain.

Terkadang hal inilah yang membuat Ramadhan jadi berkesan karena kita bisa buka puasa bersama sambil reunian ditengah kesibukan kita hampir setahun ini.

Ngabuburit

Entah kebiasan dari mana ini tapi yang pasti setiap bulan puasa akan ada banyak penjual takjil dadakan, tempat wisata kuliner dadakan yang bertebaran. Hal ini yang membuat banyak masyarakat tertaik menikmati suasana waktu sore sambil nunggu waktu magrib datang.

Mulai pukul 16.00 – magrib kita bisa melihat banyak kendaraan lalu lalang menuju berbagai tempat baik bersama keluarga, teman maupun sahabat sambil berburu takjil.

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih menjadi salah satu hal yang paling berkesan saat Ramadhan tiba karena shalat Tarawih hanya dilakukan saat Bulan Ramadhan. Bukan hanya itu shalat Tarawih memiliki banyak rakaat jadi banyak juga dari umat muslim yang ngos – ngosan saat mengerjakannya. Tapi ini menjadi salah satu hal yang paling dikangenin saat bulan Ramadhan mengingat setelah Ramadhan tidak akan ada lagi shalat Tarawih.

Suara Patasan Dan Kembang Api

Nah loh kelakuan siapa ini, meskipun petasan berbahaya bagi lingkungan dan diri sendiri tapi masih banyak juga masyarakat yang memburu petasan untuk dijadikan mainan. Tidak heran jika saat Ramadhan kita bisa mendengar meriahnya petasan maupun kembang api.

Nah itu kalau di di kota jika di desa, bumbung bambu menjadi mainan favorit saat ngabuburit. Bumbung bambu terbuat dari bambu ynag dilubangi bagian ujungnya dan dimasukan karbit di dalamnya. Setelah itu bambu akan disulut menggunakan api dan mengeluarkan bunyi “bug” seperti meriam.

Karena memiliki suara yang keras dan jangkauan ledak yang lumayan panjang biasa anak – akan menyalakan bumbung bambu di area persawahan. Meskipun bermain petasan sangat menyenangkan tapi ada baiknya ada pengawasan orang tua saat bermain dan menyimpan jangan samoai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Pulang Kampung

Diujung Ramadhan ada Lebaran, nah uniknya Indonesia memiliki tradisi pulang kampung saat lebaran. Banyak orang yang berasal dari desa akan kembali dari kota sehingga membuat kota – kota seperti Jakarta sepi orang. Sedangkan di desa menjadi tempat reuni karena semua sanak keluarga akan berkumpul jadi satu.

Nah itu tadi Hal yang dikangenin saat Ramadhan, buat kalian mana yang paling dikangenin ?


Saran lainnya