5 Fungsi Lain Airplane Mode pada Smartphone, yang wajib kamu ketahui


Fungsi Airplane Mode. Airplane mode dalam Smatphone tentunya sudah banyak yang tahu fungsi dan kegunaannya (Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry).

Airplane Mode atau Mode penerbangan ini disediakan bagi pengguna smartphone yang ingin menggunakan perangkatnya saat perjalanan penerbangan, tanpa mengganggu sistem komunikasi pesawat saat terbang (radiasi). Jadi mode ini sangat berguna untuk melindungi pengguna dan orang disekitarnya.

5 Fungsi airplane mode
5 Fungsi airplane mode

Tak heran jika hampir semua smartphone android memiliki fitur ini. Namun, selain untuk keselamatan tahukah kamu fungsi lain dari fitur Airplane Mode ini? Saat kita berada didarat atau tidak sedang terbang.

Berikut adalah fungsi lain Airplane Mode atau Mode penerbangan :

Mempercepat Isi Ulang Baterai

Salah satu fungsi fitur Airplane mode ini adalah mempercepat proses pengisian daya baterai, tak begitu banyak yang tahu tentang fungsi Airplane ini sehingga kadang-kadang tidak dimanfaatkan, meskipun sangat bermanfaat. Bukan tidak  mau dimanfaatkan sih, tapi belum tahu saja fungsinya.

Saat kamu sedang buru-buru, dan ingin baterai smartphone segera terisi, kamu bisa mengaktifkan fitur Airplane mode ini untuk membantu mempercepat pengisian daya. Pada saat airplane mode dinyalakan semua koneksi seperti wifi,bluetooth dan GPS akan dimaatikan. Sehingga baterai tidak digunakan untuk aktivitas lain, selain isi ulang, dengan begitu baterai akan cepat terisi.

Menghemat Baterai 

menguras baterai
Menghemat baterai

Pada saat-saat baterai terancam lowbat, dan anda masih menggunakannya karena alasan tertentu, Untuk nelfon, bisnis dan lain sebagainya, anda bisa menggunakan airplane mode utnuk menghemat baterai anda dalam waktu yang lama. Dengan mengaktifkan mode tersebut maka proses background di sistem smartphone atau tablet akan terhenti.

Menghindari Gangguan

Anda juga dapat memanfaatkan airplane mode ini untuk menghindari gangguan notifikasi-notifikasi seperti pesan SMS masuk, panggilan telepon atau WA atau notifikasi dari aplikasi cahtting lainnya yang membuat anda merasa terganggu, misalnya anda sedang konsentrasi dengan bunyi notifikasi tersebut perhatian anda bisa teralihkan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut anda dapat mengaktifkan airplane mode untuk menghindari gangguan dari beberapa notifikasai tersebut. Dengan aktifnya airplane mode tidak ada notifikasi masuk yang mengganggu anda saat sedang ingin berkonsentrasi.

 

Memperkuat Sinyal

Power Save
Memperkuat sinyal

Selain untuk menghindari gangguan, untuk keselamatan, menghemat baterai. Airplane mode juga berfungsi untuk memperkuat jaringan yang kamu pakai loh, pada saat jaringan yang anda gunakan rasanya error. Kamu bisa mengaktifkan airplane mode, dengan mengaktifkan mode tersebut semua jaringan yang anda gunakan akan terputus secara otomatis. Sehingga saat menonaktifkan kembali mode ini, maka smartphone kamu akan mencari kembali jaringan yang baru.

Mempercepat Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android
Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android

Salah satu dari penyebab android anda lelet adalah karena banyaknya lalu lintas data keluar masuk di android kamu. Pada saat Airplane mode aktif, semua lintas data yang sangat banyak tersebut akan dimatikan, dengan cara yang demikian smartphone anda menjadi cepat kembali.

Itulah dia 5 Fungsi lain Airplane Mode, selain untuk penerbangan.

Semoga bermanfaat.

 


Saran lainnya