Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online


Hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat toko online – Toko online adalah salah satu media pemasaran yang tepat di era sekarang ini. Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya dibandingkan di dunia nyata.

Hal ini yang membuat perkembangan teknologi internet maju pesat dan segala yang dibutuhkan sekarang bisa di dapat hanya dengan 1 klik di internet. Hal ini tentunya sayang sekali ya lewatkan mengingat peluang dari internet ini cukup menjanjikan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan di Internet, salah satunya yaitu membuat online shop atau olshop. Bagi anda yang memiliki brand sendiri, membuat toko online bisa menaikan pamor produk.

Dan bagi anda yang tidak memiliki produk, bisa dropship atau reseller produk dan menjualnya di toko online agar terlihat profesional. Namun sebelum membuat olshop berikut hal yang harus diperhatikan sebelum membuat toko online.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online
Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online

Membuat Logo

Sebelum membuat toko online ada baiknya anda mempersiapkan logo perusahaan atau produk terlebih dahulu. Logo adalah bentuk visual dari nama produk atau nama perusahaan anda. Logo ini memiliki banyak fungsi sebagai media promosi, memudahkan pemasaran, memudahkan customer mengingat produk dan lain – lain.

Anda bisa membuat logo sendiri jika memiliki kemampuan, menyewa jasa atau menggunakan platform logo maker online gratis.

Menentukan Nama Toko

Buatlah nama toko yang mudah diingat, bisa nama dari produk anda sendiri atau nama perusahaan. Dan juga sesuaikan dengan logo yang anda buat. Jangan gunakan nama yang ribet, terlalu panjang dan aneh karena membuat orang sulit mengingat.

Pilih Platform Toko Online

Bagi anda yang memiliki budget banyak, memiliki toko online bukanlah hal yang mudah. Anda hanya perlu menyewa jasa membuat olshop dan onlshop sudah jadi dalam hitungan hari dengan desain yang maksimal.

Tapi bagaimana jika tidak memiliki banyak budget ?

Jawabannya anda bisa membuatnya sendiri jika menguasai teknik HTML, CSS dan membaut website. Namun jika kalian tidak memiliki kemampuan tersebut dan tidak memiliki budget besar tidak ada cara lain kecuali menggunaan platform online.

Ada banyak platform online pembuat olshop yang bisa di akses melalui internet dan gratis. Diplatform ini kalian bisa memilih template yang sesuai dengan keinginan, mengatur sistem pembayaran customer dan lain – lain dengan praktis menggunakan tools yang disediakan.

Pilihlah platform yang simple, mudah digunakan, mudah dihubungkan dengan sosial media, didukung dengan sistem SEO, sistem pembayaran yang mudah dan terpercaya.

Pilih Platform Dengan Pelayanan Memuaskan

Jika toko online yang anda buat merupakan hasil sendiri tentunya tidak ada masalah serius jika terjadi kesalahan. Tapi lain halnya jika toko online tersebut dibaut oleh seseorang atau menggunakan platform online.

Jika tersesuatu yang tidak diinginkan anda harus menghubungi pihak pembuat tersebut. Jika anda memintajasa seseorang pastikan pemilik jasa tersebut terpercaya dan mudah dihubungi. Begitu juga jika toko online tersebut dibuat oleh ploatform online, pastikan platform tersebut memiliki layanan bantuan dan layanan.

Tentukan Hosting Dan Domain Olshop

Meskipun anda menggunakan jasa platform online yang menyediakan subdomain gratis untuk olshop. Tapi akan lebih baik jika anda menggunakan hosting dan domain pribadi. Dengan menggunakan domain dan hosting pribadi maka toko tersebut sepenuhnya milik anda.

Dan tidak ada orang yang bisa menghapus atau menghulangkan toko online tersebut. Selama tidak melanggar aturan yang berlaku. Gantilah subdomain dari platform tersebut dengan domain yang bisa anda beli diberbagai penyedia layanan domain.

Nah itu tadi hal yang harus diperhatikan sebelum membuat toko online, buat anda yang memiliki produk atau bisnis tidak ada salahnya membuat toko online sendiri. Selain membuat jangan lupa untuk terus mengupdate produk, mengembangkan produk dan mempromosikan toko online melalui berbagai maedia sosial.

Dimana kita tahu semua orang memiliki media sosial, jadi pemasaran melalui media sosial lebih efektif. Selamat Berbisnis…


Saran lainnya