Ini Dia 5 Objek Wisata Dieng Yang Wajib Kamu Kunjungi


Indonesia sangat kaya dengan objek wisata, baik itu wisata di perkotaan maupun di pelosok sekalipun. Indonesia menawarkan sejuta tempat indah yang tidak kalah menarik dengan negara-negara luar. Sahabat fispol mungkin sudah terbiasa mencari hiburan dikota, seperti hiburan dunia malam diperkotaan, gak ada salahnya sahabat fispol mencoba mencari tempat wisata di daerah-daerah pelosok untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Pada artikel sebelumnya kami sudah memberikan referensi khusus buat sahabat fispol yakni 3 wisata keren di surabaya, kali ini kita bergeser ke Jawa Tengah karena disana ada objek wisata yang juga sangat keren dan menarik. Objek wisata di Jawa Tengah yang sangat terkenal adalah Dieng, karena Dieng memiliki banyak sekali objek wisata yang wajib kamu kunjungi.

Dieng merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Jawa Tengah, karena Dieng menyimpan berbagai objek wisata alam yang sangat unik dan tentu saja sangat indah. Lokasi Dieng berada di dalam dua kabupaten yaitu kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Keindahan alam yang di tawarkan Dieng ini membuat banyak para wisatawan terpukau dan ingin kembali kesana.

Baca Juga : Keindahan Alam di Puncak Becici

Ada banyak sekali objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Dieng, tapi saya akan memberikan beberapa referensi objek wisata Dieng kepada sahabat fispol agar sahabat fispol tidak bingung menentukan mau ke tempat mana. Ok, langsung saja ya, ini dia 5 referensi dari saya mengenai objek wisata Dieng ;

1. Telaga Warna

Objek wisata Dieng yang sangat indah dan paling di gemari para wisatawan adalah Telaga Warna. Telaga Warna Dieng ini berada pada ketinggian 2000 mdpl dengan menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Lain hal nya dengan telaga-telaga lain yang ada di Indonesia, Telaga Warna Dieng memiliki daya tarik tersendiri.

Daya tarik Telaga Warna Dieng ini yakni memiliki air yang suka berubah warna, terkadang berwarna biru, hijau, merah, dan kadang berwarna putih. Hal ini terjadi karena di dalam telaga ini terkandung sulfur yang sangat tinggi, sehingga jika terkena sinar matahari, air di dalam telaga ini akan berubah warna.

2. Puncak Sikunir

Objek wisata Dieng berikutnya yang sangat digemari para wisatawan adalah Puncak Sikunir. Puncak indah ini letaknya berada di desa Sembungan dan merupakan salah satu objek wisata Dieng yang paling banyak di kunjungi. Di Puncak Sikunir ini, sahabat fispol akan menikmati sunrise atau matahari terbit yang sangat indah dan menakjubkan.

Jika sahabat fispol ingin menikmati sunrise yang indah di puncak ini, sebaiknya datang pada waktu yang tepat yakni pada bulan Juli sampai Agustus. Karena pada bulan tersebut jarang terjadi hujan sehingga langit akan kelihatan lebih cerah.

Baca Juga : Liburan ke Bali? Jangan Lewatkan 4 Tempat ini

3. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon ini letaknya berdekatan dengan Telaga Warna, tetapi tidak seperti Telaga Warna yang memiliki air yang berwarna-warni, Telaga Pengilon memiliki daya tarik tersendiri. Warna air di telaga ini sangat jernih sekali dengan di kelilingi oleh pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Bagi sahabat fispol yang hobi fotografi, telaga ini sangat bagus buat dijadikan sebagai objek foto, Jika kita lihat di sekeliling telaga ini, pemandangannya sangat indah karena dikelilingi oleh beberapa bukit yang masih asri dan berwarna hijau.

4. Candi Arjuna

Objek wisata Dieng selain pemandangan alam yang indah, sahabat fispol juga bisa menikmati indahnya Candi Arjuna yang ada di Dieng. Disana terdapat banyak candi seperti Candi Puntadewa, Candi Semar, Candi Sembadra, sehingga tempat ini dikenal dengan sebutan kompleks Percandian Arjuna. Objek wisata Dieng yang satu ini sangat bagus untuk berfoto, jadi sahabat fispol jangan sampai melewatkan tempat ini jika berlibur ke Dieng.

5. Kawah Sikidang

Kawasan wisata Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif atau gunung berapi yang memiliki beberapa kawah. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang paling banyak di kunjungi karena mengeluarkan gumpalan asap yang terlihat sangat indah.

Luas Kawah Sikidang ini hanya sekitar 200 meter persegi dan memiliki tanah yang cukup datar sehingga sahabat fispol dapat melihat gumpalan asap dengan sangat jelas. Namun sahabat fispol perlu berhati-hati demi keamanan, jangan sampai melewati pagar pembatas yang telah di buat oleh pengelola.

Itu dia 5 referensi dari saya tentang objek wisata Dieng, sahabat fispol tinggal pilih mau kemana atau bahkan mau mengunjungi semuanya,hehehehe. Semoga informasi dari saya bermanfaat, dan selamat menikmati liburan.


Saran lainnya