Liburan Asyik ke Baturaden Serta Tempat Wisata Purwokerto Lainnya


Tempat Wisata Purwokerto – Purwokerto adalah kota terbesar yang ada di Banyumas dan merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Purwokerto sering disebut sebagai kota wisata atau kota keripik. Disebut sebagai kota wisata tentu saja karena Purwokerto memiliki banyak wisata alam, dan salah satu tempat wisata Purwokerto yang sangat terkenal yaitu Baturaden.

Selain terkenal karena wisata alam Purwokerto yang sangat menakjubkan, wisata budaya atau wisata sejarah juga dapat kita temukan di Purwokerto. Sahabat fispol tidak akan merasa bosan jika sedang liburan di Purwokerto, karena kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam yang ditawarkan oleh ibu kota kabupaten Banyumas ini,

Baca Juga : Liburan di Ambon ? Jangan Lewatkan Tempat Wisata Maluku Ini

Sahabat fispol tidak perlu khawatir untuk akses menuju Purwokerto, karena Purwokerto memiliki stasiun kereta api, namanya Stasiun Purwokerto  yang terhubung ke beberapa kota besar di pulau Jawa. Begitu juga dengan hotel atau penginapan, di Purwokerto juga tersedia berbagai hotel, dan bahkan sahabat fispol bisa booking online, jadi lebih mudah. Untuk mendapatkan diskon atau harga promo, kamu bisa mendapatkan info tiket promo dari tiket.com atau info tiket promo di Traveloka, tentang hotel atau tiket kereta api secara online.

Tempat Wisata Purwokerto

1. Baturaden

Tempat wisata Purwokerto pertama yang paling banyak di kunjungi wisatawan adalah lokasi wisata Baturaden. Lokasi wisata baturaden juga tidak begitu jauh dari pusat kota atau stasiun Purwokerto, hanya butuh sekitar 20 menit saja jika naik motor. Jaraknya kurang lebih 14 km dari pusat kota Purwokerto.

Lokawisata Baturaden juga menyajikan berbagai wahana menarik, dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Tempat wisata Purwokerto yang sangat terkenal ini memiliki taman yang indah dan tempat istrahat, dan tentunya dengan adanya penjual berbagai makanan khas.

Wahana yang bisa kamu nikmati di baturaden antara lain, kolam renang, sepeda air, pemandian air panas, dll. Sementara harga untuk tiket masuk lokawisata baturaden hanya sebesar Rp.14.000. Disekitar lokawisata baturaden juga tersedia berbagai hotel atau villa dengan harga yang bervariasi.

2. Telaga Sunyi

Tidak jauh dari baturaden, kamu bisa menikmati tempat wisata Purwokerto lainnya yakni Telaga Sunyi. Telaga sunyi ini tidak terlalu luas tapi suasana airnya yang tenang, ditambah dengan keadaan alam sekitar telaga yang sangat hening, sehingga dinamakan telaga sunyi.

Wisata Purwokerto yang satu ini bisa membuat pikiran kamu lebih rileks, karena suasana adem dan hening sekitar telaga. Pemandangan alam di telaga sunyi juga sangat menakjubkan dan sangat bagus untuk berfoto ria.

3. Curug Cipendok

Nah, kalau tempat wisata Purwokerto yang satu ini berada di Cilongok, tepatnya di Desa Karang Tengah. Kalau naik motor dari stasiun Purwokerto bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Curug Cipendok ini merupakan wisata air terjun yang sangat indah dengan ketinggian kurang lebih 100 meter.

Meskipun Curug Cipendok ini tidak sepopular tempat wisata Purwokerto lainnya seperti Baturaden, tetapi wisata Banyumas ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Pemandangan alam sekitar air terjun tinggi ini juga masih sangat asri dan bagus buat berfoto.

Baca Juga : Ini Dia 5 Objek Wisata Dieng Yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Masih di kawasan baturaden, tempat wisata Purwokerto lainnya ada pancuran telu dan pancuran pitu. Pancuran telu dan pancuran pitu merupakan wisata pemandian air hangat, hanya saja butuh tenaga sedikit untuk mencapai pancuran ini. Di pancuran telu juga terdapat petilasan mbah tapa angin.

Pancuran telu tidak terlalu jauh dari pintu masuk lokawisata baturaden, tetapi kalau pancuran pitu sedikit naik lagi sekitar 2 km dari pancuran telu. Wisatawan biasanya berendam di air hangat pancuran telu dan pancuran pitu ini, karena konon katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

5. Museum BRI Purwokerto

Tidak hanya wisata alam saja yang bisa kamu nikmati di Purwokerto, wisata sejarah juga ada, yakni museum BRI Purwokerto. Tempat wisata Purwokerto yang satu ini berada di Jl. Sudirman, Purwokerto. Museum BRI Purwokerto ini tidak jauh dari stasiun Purwokerto loh, jadi buat kamu yang suka dengan wisata sejarah, kamu wajib mengunjungi wisata Purwokerto ini.

Di dalam museum ini, sahabat fispol dapat melihat berbagai jenis uang kuno (uang zaman dulu), baik itu uang kertas kuno, maupun uang koin. Selain uang kuno, tempat wisata Purwokerto yang satu ini juga memiliki berbagai alat perbankan zaman dulu.

Foto Wisata Baturaden

Itu dia beberapa tempat wisata Purwokerto yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Purwokerto. Sebenarnya masih ada lagi tempat liburan Purwokerto lainnya yang juga bagus dan menarik, tetapi 5 tempat wisata diatas yang saya rekomendasikan ke sahabat fispol, semoga bermanfaat.


Saran lainnya